19. Cercahan Tolak Yang Tak Dirungukan

46 13 0
                                    

Sungguh kejutan yang mengejutkan setiap DNA gue sampe sanggup bolak-balik matahari saking paniknya.

Kenapa?

Karena secara tiba-tiba aja gue dijadiin anggota lomba yang sama sekali belum gue denger desas-desis-desus-nya.

Sekarang, di hadapan piring kotor yang ketumpuk dengan jumlah 100 gue ternganga. Pasalnya sebelum digunain buat properti lomba, piring-piring itu udah dicelupin ke bumbu juga sambel berminyak yang mubazir banget jadinya karena bakal berakhir di pipa air juga.
Coba bayangin, gimana perasaan tiap-tiap kacang itu, tiap-tiap cabenya, tiap-tiap minyaknya, tiap-tiap rempah yang kalo gue sebutin satu-satu malah nanti ngerubah topik nyuci piring jadi masak-masak. Apa mereka nggak nangis jadinya?

Dengan sok-sokan melankolis, gue nggak kedip sampe mata gue pedes dan berair, tujuannya buat.

"Loh Sit, ngapa lo?" Tanya Mayang yang ngeliat mata merah gue.

"Gue abis lomba tatap-tatapan sama para piring ini. Dan gue kalah, jadi gue harus ninggalin perlombaan ini sesuai perjanjian."

Bakat kecepatan gue kayaknya udah ilang kesaktiannya gegara sebelum sempet ngibrit ngehindarin ini lomba jahanam, tangan Mayang keburu narik rambut gue, "Sakit, anjrit!"

"Mau kemana lo ha?"

"Ck, udah dibilang kalo gue sama tumpukan piring ini lomba adu tatap, dan gue kalah, jadi gue harus ngundurin diri dari nih lomba," Ulang gue.

Mayang muterin bola matanya, "Mana ada. Lagian kalo piringnya yang kalah, dia yang harus mundur dari lombanya gitu? Terus yang lo cuci apa? debu?"

"Iya," Tanggep gue yang males nyeloteh panjang lebar lagi.

"Hilih, udah. Kita semua percaya sama lo, jadi jaga amanah ini dengan baik dan benar, oke?"

Gue ngedehem doang sebagai respon dari Mayang.

Ringkasan dari kejadian di atas adalah tentang sangkutan gue sama Mayang yang dijadiin perwakilan peserta lomba cuci piring antar benua. Gila? Ya, pasti.
Dan lagi gue tambah kecewa sama calon mertua gue aka Yth. Bapak Sigit Wonogiri yang ngejadiin hukuman nyuci piring itu sebagai pengorek bakat siswa/i-nya dan secara nggak langsung ngejadiin itu pelatihan yang dinilainya cukup efektif.

Dari survei mas Paparazi---mas yang ngefotoin gue dkk kalo bertugas---yang akhirnya terkuak di permukaan. Dia bersaksi kalo gue dan Mayanglah yang skill cuci piringnya paling jjang.

Dan di sinilah tingkat ke-insyikuran-an gue diuji.

Gue juga Mayang bakalan nanggung empat nyawa sekaligus, karena katanya, kalo tim gue menang, masa hukuman karena pembolosan masal yang beranak masalah masing-masing itu bakal dibebasin biarpun masih tersisa tiga minggu lebih.
Lah, ini kalo iya menang.

Kalo kalah? Ya bersiap aja gue harus tetep bercengkrama sama piring dan gelas ibu kantin yang kini mulai akrab bagai teman karib.

Gue bisa ngeliat langsung dengan mata kepala gue kalo manusia-manusia lainnya itu adalah profesional urusan percuci piringan. Dengan pembimbing lomba yang mukanya sering gue liat di iklan Mamapurut, kekhawatiran gue semakin menjadi.

"Tenang aja, mau menang atau kalah. Inget prinsip kita," Kata Mayang yang sebelumnya bikin gue kaget gegara doi tiba-tiba megang tangan gue.

"Apa?" Tanya gue.

"Walaupun kami berbeda raga, cuci piring tetaplah di hati."

"Prinsip macam apa itu anjir," Tutur gue sedih.

Tapi Mayang malah ketawa, "Macam diriku yang mencintaimu."

Dengan muka acakadut, gue nyoba buat profesional, "Dasar kucing garong."

"Yeh, baper. Nggak tau 'kan sangkut pautnya apa?"

Masih berusaha seprofesional mungkin biar nggak nampak baper di luar tapi udah ambyar di jiwa, kesongongan muka gue meningkat, "Oh ya, emang apa?"

"Sama-sama sampahnya!!"

"Sialan."

Umpatan gue adalah penutup obrolan berikut.
Selanjutnya, si pembimbing lomba udah naik ke podium dan mulai ngasih sambutan-sambutan serta tetek bengeknya.

"Di sebelah kiri saya, Tim Biru dari A-ME-RI-KA!!"

"WOOO!!!"

Sorakan pendukung tim biru yang paling kiri menggelegar layaknya penonton di stadion bola ataupun para anak perawan yang ngeliat idolanya naik panggung buat performa di konser.

Begitu seterusnya nyampe ke tim gue yang paling kanan. Dari sini gue bisa denger kalo anak kelas gue, Zaenal, juga Bang Ogi-lah yang teriakannya paling keras---gue nggak ngerti kenapa sampe abang penjaga warnet yang katanya demen sama gue itu sampe tau adanya ini perlombaan sementara gue aja baru tau beberapa menit yang lalu dari Mayang juga Pak Sigit.

Sementara Mayang yang kayaknya emang udah nyalain kompor di sekujur badannya, alias, semangatnya udah berapi-api bak pejuang kemerdekaan. Gue malah makin lesu ketika nggak sengaja mata gue bersitatap sama salah satu siswi perwakilan benua Australia yang nunjukin skill-nya yang kayaknya emang nggak main-main. Padahal doi cuma pemanasan doang dengan spinning busa cucinya yang seterusnya di timpa tiga piring dengan posisi horizontal.

Hm, percaya aja, mungkin dia salah server dari salah satu lomba ajang bakat.

Tapi tetep aja deh, gue ciut banget ngeliat lawan-lawan gue yang lainnya. Lagian selain bisa dibebasin dari hukuman nyuci piring yang sisa waktunya tinggal tiga minggu itu, sekolah gue bakal dapet pasokan piring juga sabun cucinya setiap tahun tanpa dipungut biaya, alias gratis.
Juga peserta lomba---Gue dan Mayang, kalo menang---bakal dihadiahi 5 box sabun cuci piring yang ngespondorin lomba ini.

Gilak, gue jadi ngebayangin gimana raut terharu nyokap gue kalo berhasil bawa pulang tuh hadiah. Niscaya pengeluaran bulanan yang sekian persen buat beli sabun cuci piring itu bisa balik kanan bubar jalan.

"ARE YOU READY???!!!"

"YASSS!!"

Hampir semua orang nyeruin kata iya, tapi nggak tau aja mereka kalo gue teriak 'nggak' lebih keras dari mereka. Di atas 20KHz, cuma paus yang mengerti bagaimana enggannya gue menghadapi hidup sekarang.




















































See you when i see you❤

-noffeeaa

Sepinggan Tubir Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang