Off Jumpol Mau Nikah

6.5K 322 19
                                    

"Gue mau nikah aja, Peng"

Tay menatap sahabatnya yang sedang bersandar pada lengan kursi itu sepele. Biasa lagi ga waras, pikir Tay.

"Lo tanggepin gue dong!" bentak Off menegakkan kepalanya yang terkulai, tidak terima ucapannya dianggap angin lalu.

Tay menghela napas, menutup berkas kasus yang sedang ia pelajari, "Peng, lo kalo mau nikah cuma gara-gara pelampiasan mending ga usah. Gue tau lo masih sayang banget sama Gun, tapi lo ga bisa gini terus, ga baik berpegang ke masa lalu terlalu lama"

Off kembali merebahkan kepalanya lemah, "Ga tahan gue gini terus, lima tahun cok! Lima tahun! Lo ga ngerasain rasanya kepisah beda benua, beda zona waktu. Paling jauh lo cuma nyobain Jakarta-Jogja, kalopun pacar lo musti trip ke luar negeri lo cuma ditinggal beberapa hari. Gue lima tahun njir! Lima tahun! Gimana ga sarap gue!" Off menendang-nendangkan kakinya tak tentu arah.

"Lo sama Gun sebenernya gimana sih? Pusing juga gue" Tay kini sepenuhnya memberikan perhatiannya pada sahabatnya ini.

"Ga tau! Makanya gue pengen nikah aja!" rengek Off memeluk dirinya sendiri, berlebihan memang.

"Lo ga inget kasus gue sama Alice dulu? Kalo lo cuma nyari pelampiasan buat move on mending gausah, Peng" Ah, Tay jadi teringat masa-masa bodohnya saat kuliah.

Off kembali menegakkan punggungnya, "Move on gimana sih maksud lo? Yang mau gue nikahin itu sepupu lo, setan!" tunjuk Off dramatis pada Tay yang kini membuat gerakan 'O' dengan mulutnya.

"Kalo misalkan, misalkan nih ya. Si Gun udah dapet gantinya gimana?" Tay memang suka mengada-ngada!

"Ga mungkin! Lo ga inget waktu doi terakhir pulang pas baru lulus dua tahun lalu?" Pemikiran Tay Tawan bergerak mundur ke dua tahun yang lalu, saat Gun baru saja lulus dari S2 nya di UCB. Gun yang status hubungannya dengan Off semenjak berangkat ke Amerika itu tidak jelas, menghabiskan satu dari tiga bulan liburannya di Indonesia untuk tinggal bersama Off. TINGGAL BERSAMA. Tidak pulang ke rumah sama sekali.

"Kalopun udah dapet gantinya tinggal gue rebut lagi, susah amat. Lo ga inget bucinnya sepupu lo ama gue?" Ucap Off penuh percaya diri, menepuk dadanya bangga.

Tay mendengus remeh, "Itu dulu ya Off Jumpol. DULU. Waktu otaknya Gun setengah isinya lo doang. Waktu dia masih bego. Semenjak kerja sebelum S2 pikirannya kebuka, hidup ga melulu tentang lo. Makanya Gun yakin buat ninggalin lo S2. Toh kalo lo nya masih brengsek ga bisa jaga hati kan dia tinggal cari yang lain. Yang mau sama Gun juga banyak kali"

Off menekuk bibirnya sedih, "Kok bacotan lo jadi kejem banget ya sekarang?" tubuh jangkung itu kembali tergolek lemas ke sandaran kursi.

Tay hanya menggeleng dan kembali melanjutkan pekerjaannya, memperlajari berkas-berkas kasus yang akan disidangkan besok hari.

"BODO!"

Tay terlonjak kaget. Sialan memang Off, bukannya menyicil pledoi client-nya yang akan dibacakan di pengadilan minggu depan manusia setengah setan ini malah mengganggu Tay di ruangannya.

"Pokoknya gue mau nikah. Gue susulin dah itu Gun ke Amerika, gue mau resign. Kalo gue ga bisa dapet kerja disana mah bodo amat, jadi bapak rumah tangga juga ikhlas gue! Lagian Gun kan gajinya gede! Yang penting gue nikah!" tambahnya dengan penuh minat, kembali menepuk dada bangga.

Tay menarik napas dan menghembuskannya pelan, "TERSERAH LO! MAU NIKAH! MAU ENGGA BUKAN URUSAN GUE! KELUAR GA LO SETAN!"

.


2 weeks later..

Brak!

Tay muncul dari balik pintu yang terhempas itu, "LO SERIUS RESIGN?!"

Off Jumpol yang dibuat kaget oleh sahabat setan yang juga rekan satu kantornya ini mengangguk santai, kemudian melanjutkan pekerjaannya.

Tay melangkah dramatis, menumpukan kedua tangannya pada meja Off, "Gue kira lo becanda?!"

Off mengangkat kepala, menatap sahabatnya itu dengan dahi berkerut, bingung, "Gue ga pernah bilang bercanda? Lo pikir gue bela-belain minggu kemaren pulang sehari ke Jogja ngapain?"

"Lo ngapain emang?!" Tay masih menatap horor sahabatnya ini, ia masih terkejut.

"Ya ngomong ke orang tua gue sama orang tuanya Gun lah!" jawabnya enteng.

"Terus pada setuju?!" Tay Tawan masih bertanya dengan kedua bola mata dibulatkan.

"Yaiyalah! Orang habis Gun setuju gue langsung telfon orang tuanya"

Tay meraih tengkuknya, perlahan-lahan mundur dan menghempaskan tubuh di kursi yang berada di belakangnya, "Itu si Gun setuju cerita kapan lagi? Lo misuh-misuh di ruangan gue baru dua minggu yang lalu ya!"

Off kali ini meletakkan bolpinnya, "Sekalian nih gue curhat. Habis lo ngusir gue, kan gue galau banget tu sampe ga ada semangat buat balik ke ruangan. Terus gue mampir lah ke pantry, bikin kopi" 

Tay mengepalkan tangannya, ingin sekali memotong cerita berbelit-belit Off, tapi ia masih penasaran dan menahan diri.

"Pas lagi nungguin kopinya gue telfon Gun kan, anjir udah ga mikir mahal lagi itu gue nelfon. Eits, gue bukan pacar lo yang kekayaannya ga abis tujuh turunan ya, gue cuma rakyat jelata" Potong Off saat memergoki Tay memutar mata bosan.

"Iye, iye cepetan deh lo!"

"Gue telfon-telfon berkali ga diangkat-angkat tuh, sedih banget gue. Terus malemnya gue ga bisa tidur, ga ngerti karena emang lagi galau apa gara-gara minum kopi sore-sore. Pokoknya tengah malem Gun nelfon balik, seneng banget gue. Terus gue ceritain dah gue pengen resign aja, pengen nikah terus ikut Gun ke Amrik. Terus Gun bilang yaudah ayok" tutup Off tersenyum senang.

"Udah dari dua minggu yang lalu dong?! Lo kok ga cerita?!" Tay kembali menghantam meja kerja Off dengan telapak tangannya.

"Kayaknya gue lupa deh, hehehe. Soalnya abis itu gue langsung sibuk misah-misahin client yang bisa gue beresin sama yang ga bakal kekejar, terus ngoper sana-sini. Lo juga kebagian ntar tenang aja"

Tay Tawan pusing. Ia mengejapkan matanya mencari fokus. Kelempengan Off Jumpol menghantam kewarasan Tay Tawan.

"Aduh kok gue yang kliyengan ya dengernya. Si boncel kampret juga ga pake ngomong lagi anjir. Terus lo mau masuk sampe kapan?" lanjut Tay setelah selesai dengan monolognya.

"Gue pengennya bulan depan udah beres, tapi kayaknya ga bisa deh. Gue baru ngomong buat ga nerima client lagi baru tiga hari yang lalu, lupa gue. Paling cepet banget tiga atau empat bulan lagi lah"

Tay Tawan termenung, kepalanya berputar-putar semakin ia mendengarkan sahabat gilanya ini.



22 Juli 2020.

ps : Ini plot tiba-tiba muncul pas lagi bikin ayam kecap. Sayang dilewatkan gue post aja, lagi buntu juga soalnya sama main storynya huhu TT

pss: Telfon Off yang ga diangkat emang karena Offnya aja yang bego, nelfon jam 4 sore WIB. Di California kan masih jam 2 subuh.

HOME - TayNew (Side Story)Where stories live. Discover now