CARA MEMBUAT AWALAN CERITA

148 22 2
                                    

Tentu saja pertanyaan seperti itu sering sekali terlintas dalam benak saat ingin memulai menulis. "Bagaimana sih cara membuat awalan cerita yang baik dan menarik?" Agar pembaca betah singgah di ceritamu, menunggu saat-saat kamu update part baru. Ada perasaan senang saat ada dua tiga orang yang setia menunggu ceritamu, membuat kita menjadi semangat karena dukungan dari mereka. Apalagi, tulisanmu ditunggu sampai berpuluh-puluh? Ratusan? Ribuan? Bahkan jutaan pembaca nanti.

Ada beberapa tips mengawali cerita dengan baik dan menarik tentunya. Oke, simak ya.

Siapkan outline sebelum kamu menulis. Outline ini digunakan untuk membantu penulis agar tidak terkena block writers. Kalau udah punya outline, pastilah kamu akan merasa sangat terbantu jika sewaktu-waktu kamu lupa ingin menulis apa pada bab tersebut.

Buatlah Deskripsi semenarik mungkin. Tidak papa singkat yang terpenting bisa menarik dan pembaca pun akan tertarik nantinya. Sebuah inti yang menyimbolkan isi cerita kamu.

Bagian pertama atau prolog berbeda dari yang lain. Berikan sedikit kesan teka-teki, menggantung atau sesuatu yang belum terungkap di bagian pertama. Buat para pembaca penasaran dan ingin melanjutkan ke bab selanjutnya. Prolog itu penting gak? Menurut aku sendiri sih penting ya. Kembali lagi ke masing-masing. Boleh dipakai boleh enggak.

Jangan mengunakan awalan yang pasaran. Tolonglah, jangan buat awalan yang banyak banget orang pake, contoh: Siswa telat bangun dan datang terlambat ke sekolah saat MOS atau-- murid baru yang langsung menjadi bahan bullying. Sumpah itu banyak banget, sebagian pembaca pasti ngerasa bosen dan langsung ninggalin cerita kamu tanpa memedulikan isi dari cerita kamu itu sebagus apa. Entah itu memiliki pesan moral atau bernilai, mereka tidak tahu karena mereka tidak membacanya sampai selesai.

Berbaiki tulisanmu secara berulang-ulang. Revisi maksudnya hehe. Sebelum orang lain membaca tulisanmu lebih baik kamu terlebih dahulu membacanya. Apakah sudah enak untuk dibaca atau masih berbelit-belit? Typo-typo, PUEBI dan KBBI. Minimal, perbaiki Typo karena typo sekecil apa pun akan menganggu tulisanmu.

Jangan ragu untuk memulai! Tetap semangat!

Sekian

Materi Seputar TeenfictNơi câu chuyện tồn tại. Hãy khám phá bây giờ