KARMA

2 0 0
                                    

Cerita ini dimulai dari zaman tahun 2000an..
Di sekolah swasta yang prestigenya sangat tinggi...
Ada sekelompok anak yang sangat berkuasa, tipikal suka membully anak lain . Disitu kalau punya uang, tapi ga punya Look, kelar. Tidak heran, sekolah itu seperti neraka.

Pada saat itu, banyak sekali anak-anak yang tidak bisa bergerak bebas. Mereka terkungkung dengan cela, caci, dan pengendalian kelompok tersebut.
sebut saja namanya A.. Dia yang paling cantik saat itu, pintar dan ambisius. Setiap anak laki-laki pasti segan sama dia.

Setiap ada anak Cupu.. renyah sekali mulutnya untuk mencela, bukan mengumpat dan menertawakan. Tapi akan langsung disampaikan.

Dia enggan berbagi dengan yang lain... meskipun sekedar temang sebangku. selama itu bukan teman se gengnya, ah banyak sekali cerita pilu tentang perilakunya.

Nanti, kalo dirimu punya anak, bersyukurlah dimana dia sekolah. Jangan liat sebuah sekolah dari prestigenya, kalo isinya orang-orang yang tidak pernah dididik sama orang tuanya.

memang bukan salah anak-anak itu. terutama membekali anak-anak itu dari Ilmu agama, karakter dan mental yang sehat. jadi, apapun sekitarnya , hatinya akan hidup..

jangan anggap remeh, ketika dia pulang dengan muka sedih... suatu saat dia akan jadi orang besar.
jangan anggap remeh perkara pembullyan...
mereka akan mendapat karmanya..

*********

belasan tahun berlalu...
zaman sosmed bisa kepo sana sini.. dan followers bukanlah teman yang layak melihat kehidupan pribadi kita. sepertinya begitu.

Beneran ngga sengaja follow lagi ketemuan sama temen lama. terus liat temen-temen udah punya anak, udah bahagia kali ya..

tunggu. aku liat ada sesuatu yang beda sama muka anak ini.
apa yang membuat dia seperti itu?
aku ngerti itu sesuatu yang natural.. tapi, akankah saat dia besar nanti akan jadi pertanyaan orang-orang?

ternyata... ini temen smp, yang dulu paling eksis.
kita chat, dan ketemuan di sebuah mall senayan, daerah CBD. kita ngobrol.. dan akhirnya dia cerita , semua temen-temen segengnya dulu menjauh dari dia. aku heran.. kenapa bisa gitu.
akhirnya dia cerita.. dia dianggap ngebosss alis bosy.
Suara itu semakin kencang ngga, dia bohong, jauhi dia, dia hanya memanfaatkanmu. dia belum berubah.

ah bisikan setan kali ya. qarin sama setan kalo bisik-bisik apa bedanya sik?

*****
selang waktu beberapa bulan..
aku pernah mimpi... dia ada di satu bangunan. kenapa mirip kartu the tower?? , kalian tau kan the tower... artinya kehanncuran..
dia memilih untuk hancur.. di bawah sudah kebakaran...
bodohnya, pake disampein segala sama dia.
Jadilah di Blokir, ga save nomor, putus silaturahmi.
ada kata-kata yang menyakitkan sih, kebiasaannya dari dulu... selalu membuka aib-aib lain... meskipun cuma sindiran. Tega banget hhu.

hufttt lain kali kalo tau orang gimana ga usah dibilangin. mau pake niat baik... percuma, orang ga bisa liat ada yang ga sejalan, akan dianggap musuh. Jadi setiap orang yang gelap, akan kick orang-orang baik, dan yang jahat akan dianggap baik.

sudahlah.. dia memilih jalan hidupnya sendiri.

pada akhirnya ada orang yang tidak pantas kita tolong.. perhatikan itu. tidak semua yang kita temui bisa kita peringatkan, ada yang tertutup sama dirinya sendiri.

Apakah Karma akan dimulai saat anaknya mulai tumbuh besar. saat kejadian belasan tahun lalu akan terulang lagi.. feeling ini kuat, tapi ga akan berguna.. kecuali buat pembekal diri, hati-hati melangkah..

mungkin tuhan masih menyelamatkan anak-anak kita, dengan mematangkan diri sendiri.
tidak seindah yang di instagram kan? :)

yang bisa kita lakukan adalah menjaga diri.

Tuhan ga akan pernah lupa perbuatan sekecil apapun belasan tahun lalu...
Jadi, jangan remehkan sedekah kecilmu♥️

***

The-Gold-ribbonTahanan ng mga kuwento. Tumuklas ngayon