Benarkah Binatang Punya Bahasa?

232 31 0
                                    

Kamu pasti pernah menonton serial kartun Scooby Doo, si anjing pintar yang tergabung dalam tim pemecah misteri.

Atau film-film Planet of The Apes, Dalmatians, atau Garfield…

Banyak sekali serial kartun dan film yang menampilkan bahwa binatang bisa bicara dengan bahasa manusia, dan lebih banyak lagi yang menampilkan binatang berbicara satu sama lain seperti halnya manusia

Oops! This image does not follow our content guidelines. To continue publishing, please remove it or upload a different image.

Banyak sekali serial kartun dan film yang menampilkan bahwa binatang bisa bicara dengan bahasa manusia, dan lebih banyak lagi yang menampilkan binatang berbicara satu sama lain seperti halnya manusia.

Ya, pada dasarnya semua binatang berkomunikasi. Kepiting melambaikan capitnya satu sama lain untuk mengabarkan bahwaa di sehat  dan siap untuk kawin.

Sotong menggunakan sel pigmen kulitnya chromatosphora untuk membuat pola di kulitnya yang berfungsi untuk berkamuflase dan memberi tanda bahaya ke musuhnya

Oops! This image does not follow our content guidelines. To continue publishing, please remove it or upload a different image.

Sotong menggunakan sel pigmen kulitnya chromatosphora untuk membuat pola di kulitnya yang berfungsi untuk berkamuflase dan memberi tanda bahaya ke musuhnya.

Lebah madu melakukan tarian kompleks untuk memberi tahu lebah yang lain tempat dan kualitas sumber makanan.

Seluruh binatang memiliki sistem komunikasi, tapi benarkah mereka punya bahasa sendiri?

Apakah binatang juga berbicara dengan bahasa seperti manusia?

Komunikasi dan Bahasa
Mari kita bedakan istilah berikut ini biar lebih jelas. Komunikasi adalah proses menyampaikan informasi, bahasa adalah sebuah sistem gramatikal, ujaran, dan tulisan untuk menyampaikan informasi, dan bicara adalah bentuk ujaran dari sebuah bahasa.

Menurut ahli linguistik Charless F Hockett, ada setidaknya 4 syarat khusus yang menjadikan sistem komunikasi menjadi sebuah bahasa:

1) Keterpenggalan atau discreteness
2) Tata bahasa atau grammar
3) Keproduktifan atau productivity
4) Pergeseran atau displacement

Keterpenggalan atau discreteness artinya bahwa adanya aturan tentang unit tertentu, misalkan seperti bunyi atau kata, yang dapat dikombinasikan untuk mengkomunikasikan hal baru, seperti pecahan mainan lego yang bisa kamu susun untuk membentuk benda tertentu.

Grammar menyediakan sistem aturan yang memberi petunjuk bagaimana untuk mengkombinasikan unit tunggal. Pembuatan adalah kemampuan untuk menggunakan bahasa guna menciptakan pesan-pesan yang tak terhingga banyaknya.

Science EducationWhere stories live. Discover now