Ne vs Ni

6.9K 405 79
                                    

Fungsi Perceiving Abtrak memproses informasi dengan imajinasi.

====

💡Extraverted Intuition- mencari ide dan konsep baru
✔ kreatif, rasa ingin tahu, melihat gambaran yang besar. mampu melihat sesuatu dari perspektif yang berbeda. brainstormer yang andal.
❌ kurang konsisten, mudah teralihkan, tidak praktis

🔮Introverted Intuition- memahami koneksi dan pola
✔ berwawasan, intuitif, strategis. mendapat firasat pada situasi tertentu. perencana yang andal. ingin mengetahui segalanya.
❌ standar terlalu tinggi, lambat dalam membuat keputusan, perfeksionis

====

Extraverted Intuition (Ne) itu ketika kamu melihat beberapa peluang masa depan. Yakni ketika kamu melakukan brainstorming. Fokus pada berbagai konsep yang berdampingan dalam lingkup yang sama. Itulah ketika kamu melihat koneksi dan pola antara orang dan peristiwa.

Introverted Intuition (Ni) itu ketika kamu mendapat penglihatan yang entah darimana datangnya. Ketika "aha" moment itu terjadi. Fokus pada satu konsep yang ada dalam berbagai lingkup.

====

Ne membuat makna alternatif. Ni menemukan makna tersembunyi

====

Ne itu layaknya akar pohon yang tumbuh menjalar menjadi ratusan daun (ide). Dia mengambil ide eksternal dan tumbuh menjadi ribuan dedaunan dan benih ide baru.

Ni itu seperti cabang-cabang pohon yang mengakar. Dia mengambil semua ide dan mengarahkan mereka pada satu kebenaran yang menghubungkan mereka semua.

====

Ne » hal-hal yang gak penting sekalipun kepalanya meledak jadi sebuah galaksi
Ni » semacam lubang hitam yang menyerap bintang-bintang

====

mbti masterpostTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang