Superego and Inferior Grip

2.1K 108 16
                                    

Superego dan Inferior Grip tidak berhubungan secara langsung. Namun, coba pikirkan bagaimana superego yang baik dapat mendukung setiap tipe MBTI untuk menangani ketakutan atau kelemahan dari fungsi inferior.

Superego bekerja dengan baik untuk menggantikan fungsi inferior. Jadi jika kalian kesusahan dengan girps, Superego adalah satu cara untuk menjadi lebih seimbang sebagai seorang individu sehingga membuatmu kuat mental dalam menghadapi grip.

※※※ Superego Se ※※※
Inferior Fe INTP terpelatuk ketika tidak dapat memenuhi kebutuhan sosial dasarnya. Inferior Te INFP terpelatuk ketika kehilangan kontrol dalam hidup. Sekarang bayangkan mereka dengan superego Se yang baik. INTP dapat mengambil sinyal sosial lebih baik dan dapat hidup dalam momen. Sehingga hal tersebut dapat memenuhi kebutuhan sosialnya karna people skill yang lebih bagus-- dimana dapat membantu dalam ketakutan kehilangan koneksi dalam jangka panjang. Sama dengan INFP, Se akan membuat mereka lebih hidup dalam momen dan sinkron dengan lingkungan. Hal itu akan membantu dalam mengendalikan dunia luar secara general sehingga dapat menenangkan inferior Te.

※※※ Superego Si ※※※
Si dapat membantu ENTJ dalam membangun sistem internal yang lebih kuat tentang apa yang menjadikan siapa dirinya, apa yang dipelajari untuk menghargai masa lampau dan mengapa mereka punya cara pandang semacam itu. Hal ini dapat membantu inferior Fi untuk mengetahui siapa dirimu sebenarnya dan apa yang sesungguhnya kamu anggap penting. Dengan superego Si yang bagus, nilai-nilai ENTJ dapat memiliki pondasi yang solid.
Banyak ENFJ yang idealis dan aktif yang sering terbang ke awan-awan. Si dapat mendukung inferior Ti dalam membangun pondasi stabil untuk dijadikan pegangan. Ini juga dapat menunjukkan ENFJ bahwa mereka harus berpikir sebelum mereka bertindak sesuai Dom Fe dan Aux Ni mereka. Pondasi stabil dicapai melalui pertimbangan apakah yang ingin mereka lakukan itu cukup masuk akal.

※※※ Superego Ne ※※※
Ne dapat menunjukkan ISTP bahwa peluang untuk berinteraksi dengan orang itu ada. Hal itu dapat membantu mereka melihat dibalik apa yang ditawarkan keringnya kehidupan. Mereka akan terbuka dalam melihat peluang yang mana akan sangat membantu inferior Fe. Sehingga dapat memberi kenyamanan bahwa tidak semua itu hitam putih dan dapat melihat peluang untuk berinteraksi. Sebuah gerbang untuk dunia sosial.
Ne dapat membantu ISFP dengan melihat peluang untuk mendapat kendali dalam hidup. Mereka dapat melihat bahwa tidak semua itu sesat. Hal ini juga dapat memberi kenyamanan bahwa ada yang lebih dari sekedar hitam dan putih. Tidak ada kegagalan yang pokok. Gerbang baru akan terbuka.

※※※ Superego Ni ※※※
ESTJ dengan Superego Ni yang berkembang dapat mengunakan abstraksi dan pencarian kebenaran untuk memahami diri lebih baik dan menyadari kebutuhan emosionalnya sendiri. Hal ini dapat membuat ESTJ mempertanyakan tindakannya lebih mendalam ke level filosofis. Mereka dapat menemukan makna personal melalui Ni, sehingga dapat membantu inferior Fi.
Superego Ni yang berkembang pada ESFJ dapat membuat mereka mempertanyakan tindakan mereka secara abstrak dan membuat mereka independen dalam berpikir menyeluruh. Mereka dapat menahan dan berpikir mengapa mereka melakukan hal yang mereka lakukan, terpisah dari keprihatinan sosial harian dari Dom Fe dan Aux Si mereka. Dengan ini inferior Ti dapat terbantu.

※※※ Superego Te ※※※
Te dapat membantu ISFJ dalam melihat tidak semua itu sangat acak dan tidak dapat dikendalikan. Te dapat merasionalkan ketakutan Inferior Ne dan membantu ISFJ mencapai pemikiran pragmatis yang jelas. Keluaran rasional untuk menangani rasa kewalahan dengan posibilitas baru dapat dicapai dengan superego Te yang berkembang.
Te dapat membantu INFJ untuk keluar dari luapan internal dan berinteraksi secara langsung dengan dunia dan menyelesaikan suatu hal. Ketika mereka dapat melihat sisi praktis, mereka dapat mengerti mengapa bertindak itu penting. INFJ adalah sosok yang penuh pertimbangan dan idealis sehingga merasa kesusahan bertindak sesuai dunia luar. Te dapat menunjukkan mereka cara untuk melakukannya.

※※※ Superego Ti ※※※
Ti dapat menunjukkan ESFP bahwa makna itu tidak serta merta dari sisi emosional, karna ESFP sebenarnya adalah sosok yang emosional dan berorientasi pada momen yang berlangsung dan suka bersenang-senang dengan orang lain. Ti dapat membantu mereka untuk mundur dan menganalisa terlebih dahulu apa yang mereka lakukan dan mengapa mereka melakukannya. Hal ini dapat membantu inferior Ni yang mudah terpelatuk ketika dirinya tidak memperhatikan pada sisi kehidupan yang abstrak dan penuh pertimbangan.
Ti hampir sama dengan Si dalam hal menyusun sistem internal. Ti dapat membantu ENFP untuk membangun pondasi logis, yang dapat mendukung pembawaan yang ceria untuk memberi dasar yang rasional dan lebih tenang. Sehingga inferior Si akan sangat terbantu.

※※※ Superego Fe ※※※
Fe dapat membantu ISTJ dalam menunjukkan bahwa orang lain tidak akan meraih mereka, tidak serta merta menyediakan karpet di depan mereka sehingga mereka paham mengapa interaksi dengan orang lain itu penting. Hal ini juga untuk mengatasi ketakutan Ne mereka. Dengan Fe mereka akhirnya dapat terbuka dengan orang lain dan paham bahwa tidak semua orang berusaha memanfaatkan kelemahan ISTJ.
Fe dapat menunjukkan INTJ mengapa sebenarnya bersosialisasi itu penting. Biasanya INTJ hanya berinteraksi dengan orang lain hanya untuk mencapai tujuan. Fe dapat menunjukkan mengapa hidup seperti manusia itu penting. Fe adalah tiket menuju dunia sosial. Cepat atau lambat semua INTJ juga dapat merasa kesepian, karna manusia sejatinya adalah mahkluk sosial.

※※※ Superego Fi ※※※
Fi dapat membantu ESTP dalam memahami jati diri dan apa yang mereka percayai. Banyak ESTP yang menjadi religius atau spiritual ketika memilki Grip Ni karna mereka tidak begitu yakin tentang makna kehiudpan dan siapa mereka sebenarnya. Fi juga dapat membantu ENTP untuk mendapat pondasi yang lebih kuat untuk dipegang. Banyak ENTP kekurangan pondasi untuk dipegang tentang apa yang mereka anggap penting dan sistem internal secara general. Karna Fi tentang mencapai pemahaman apa yang dianggap penting serta keyakinan, sehingga Fi dapat membantu disana.

mbti masterpostWhere stories live. Discover now