SCIENCE FICTION

13.3K 552 36
                                    

Science Fiction (Fiksi Ilmiah), Genre ini berbeda dengan genre fiksi yang biasanya. Jiga fiksi hanya memerlukan penulisnya mempunyai imajinasi lebih dalam mengarang. Maka fiksi ilmiah menuntut pengetahuan lebih dari pengarang tentang ilmu pengetahuan, baik umum maupun khusus. Ini karena cerita yang diangkat akan mengandung pemahaman ilmu pengetahuan seperti fisikan dan hukum-hukum alam semesta lainnya untuk memperkuat daya pikat tulisannya. Contohnya adalah novel Supernova episode Kesatria, Putri, dan Bintang Jatuh karangan Dewi “Dee” Lestari. Ada beberapa sub-genre dari novel fiksi ilmiah, antara lain:

Invasi makhluk luar angkasa, ceritanya akan seputar mahluk asing yang memiliki kecerdasan lebih tinggi dari umat manusia, datang kebumi untuk menginfasi kehidupan dan merebut bumi. Atau dalam beberapa teman, manusia malah dijadikan bahan makanan

Dunia alternatif (dunia paralel), Novel akan berkisah tentang kehidupan di dunia selain selain dunia nyata (bumi), bisa dalam bentuk sebuah pulau yang belum pernah diketahui, dan kadang muncul kadang hilang (karena berada di dimensi lain) atau keseluruhan dunia yang benar-benar berbeda.

Apokaliptik, Ini akan bercerita tentang keadaan setelah kerusakan besar (kiamat). Cerita biasanya terfokus pada bagaimana manusia hidup setelah kiamat atau psikologi mereka menghadapi itu.

Kecerdasan Buatan, Ini biasanya bercerita tentang manusia yang fungsinya tidak dibutuhkan lagi karena sudah terdegradasi oleh komputer buatannya sendiri, yang dalam segalahal, dapat melakukan apa saja.

Kolonisasi, Novel yang bersub-genre ini menceritakan tentang perpindahan koloni dari satu tempat ke tempat yang lain, biasanya karena tragedi besar seperti wabah atau radiasi. Biasanya cerita terfokus pada perjuangan mereka hidup dalam koloni tersebut.

Punk Sibernetika (Cyberpunk), Sub-genre ini sering dianggap menarik, karena berbicara tentang masyarakat kelas rendah dengan segala kerusakan sistem sosialnya yang dihadapkan pada teknologi kelas tinggi.

Bumi Sekarat (Dying Earth), Sesuai namanya, setting waktu adalah ketika bumi mendekati kiamat. Dimana teknologi dan mitologi bercampur aduk untuk mendapatkan sebuah harapan baru untuk hidup.

Distopia (Kebalikan Utopia), Ceritanya tentang masyarakat yang penuh pesimistis dan ketidakpercayaan terhadap segala bentuk kemajuan yang hidup di dalam kekacauan.
Kontak Pertama (first contact), Ceritanya tentang manusia atau orang pertama yang menyentuh kehidupan lain selain di bumi. Masih ingat dengan E.T.?

Kerajaan Galaksi (Galaxy Empire), Sesuai namanya, sub-genre ini tidak menceritakan interaksi antar kerajaan di bumi. Galaxy Empire menceritakan tentang interaksi antara kerajaan yang menduduki suatu galaksi. Star Wars banget dah.

Generation Ship (Pesawat Peradaban), ceritanya adalah tentang bagaimana kita hidup di dalam pesawat luar angkasa yang akan melakukan perjalanan jauh. Konfliknya antara lain pembajakan pesawat, pesawat rusak, persediaan habis, dan hal-hal lain semacam itu.

HRF (Hard Science Fiction), Ini bercerita tentang teknologi jahat ciptaan umat manusia yang akan merebut bumi. Teknologinya diceritakan secara detai dan memiliki kemampuan ekstrim.

Human Development (Pengembangan Manusia), Ceritanya seputar pengembangan kemampuan manusia untuk melebihi rata-rata, atau sederhananya, pembuatan manusia super.

Fiksi Sains Humor, Suasi namanya, cerita ini menggunakan fakta-fakta ilmiah untuk melucu agar pembaca tertawa.

Mind Uploading , Ceritanya terfokus pada bagaimana mengubah pikiran ke dalam bentuk yang lain.

Mutant, Sesuai namanya, sub-genre ini menceritakan tentang manusia yang termutasi sehingga memiliki kemampuan khusus.

Fiksi Sains Mitos, Percy Jackson. Sub genre ini menceritakan kisah mitologi yang digabungkan dengan fiksi ilmiah. Seperti novel Percy Jackson

Fantasi Sains, Ini adalah gabungan genre fantasi dan genre fiksi ilmiah
Soft Science Fiction (Fiksi Sains Ringan), Sains tidak terlalu ditonjolkan dalam sub-genre ini. Hanya sekedar menjadi bagian atau latar dari cerita.

Explorasi Luar Angkasa, Tentu saja ceritanya tentang perjalanan menjelajah luar angkasa.
Terraforming (Pembentukan ulang Bumi), Sub-genre ini menceritakan penataan ulang suatu tempat, semisal bumi, untuk menjadi lebih baik. Contohnya adalah novel The Giver.

Theological (Fiksi Sains Religius), Ini adalah sub-genre yang menggabungkan fiksi ilmiah dengan pemahaman teologi (Agama).

Uplift (Pengembangan Taraf Hidup), Bercerita tentang peningkatan kemampuan mahluk hidup selain manusia untuk dapat menjadi seperti manusia. Dan tiba-tiba sekumpulan monyet menduduki bumi.

Utopia, Sesuai dengan namanya, sub-genre ini menceritakan kehidupan yang sangat ideal.

Virtual Reality, Ini akan berhubugnan dengan teknologi simulai, dimana para tokohnya akan berinteraksi dengan teknologi seolah teknologi itu hidup.

Genre - Genre Dalam WattpadWhere stories live. Discover now