THRILLER

6.8K 358 2
                                    

Thriller, cerita thriller selalu menceritakan tentang masalah hidup atau mati. Seringkali cerita dalam novel berkaitan dengan kejahatan atau tindakan supranatural, namun akar cerita tetap pada bagaimana tokoh utama dapat bertahan hidup. Ada beberapa sub-genre novel Thriller antara lain:

Conspiracy-Thriller, dimana konfliknya terjadi ketika tokoh protagonist memiliki masalah dengan kelompok yang berkuasa. Ceritanya akan seputar usaha-usaha pelenyapan tokoh protagonist tersebut oleh kelompok yang berkuasa dan bagaimana dia bisa bertahan hidup.

Crime, berkisah tentang sebuah kejahatan, atau bagaimana memecahkan kejahatan tersebut.
Disaster, Biasanya bercerita tentang tokoh utama yang berusaha bertahan hidup ditengah-tengah bencana. Baik bencana alam, moral, maupun yang lainnya.

Spionase/Spy-Thrillers, Ini biasanya bercerita tentang konflik antara dua intelejen yang berbeda. Walaupun kadang-kadang yang menjadi antagonis adalah kelompok teroris.
Legal-Thrillers, Konflik utamanya adalah masalah hokum. Dan pengacara akan menjadi tokoh utamanya.

Medical-Thrillers, Tema cerita akan melibatkan kesehatan. Seperti penyebaran virus atau semacamya. Maka tokoh utamanyapun adalah orang yang bisa mencegah hal ini terjadi.
Military, Ceritanya seputar pasukan militer khusus yang akan melumpuhkan musuh.

Police Procedural, Sama seperti cerita detektif, hanya saja disusun sedemikian rupa sehingga prosedur yang dilakuan tokoh utama mirip dengan prosedur yang dilakukan oleh polisi di dunia nyata untuk memecahkan kasus tersebut.

Political Intrigue, Ceritanya biasanya seputar bahaya yang menyerang sebuah komunitas politik, dan tokoh utamalah yang bertugas mencegah itu.

Psychological, Fokus utama sub-genre ini adalah gejolak pejiwaan tokoh utamanya.
Supernatural/Paranormal, ceritanya berkisah tentang praktek-praktek supernatural dimana semua tokohnya, baik itu protagonist maupun antagonis, pasti punya kekuatan supernatural.

Technological/Techno-Thrillers, Sub-genre ini sering tumpang tindih pengertiannya dengan genre fiksi ilmiah, ceritanya dimana sebuah teknologi super canggih ingin menguasai dunia, atau teknologi yang dapat menciptakan manusia super yang ternyata malah berprilaku merusak (jahat).

Genre - Genre Dalam WattpadWhere stories live. Discover now