31. 1Day10Pages

161 18 6
                                    

Campaign again!

Sebenarnya kampanye ini datangnya bukan dari aku melainkan dari salah satu grup whatsapp yang aku ikuti. Kampanye yang menurut aku bagus banget buat ningkatin minat baca masyarakat Indonesia yang masih terbilang rendah.

Sayang banget menurutku kalo kampanye semacam ini cuma diterapkan di lingkup grup yang isinya cuma ribuan orang. Sedangkan banyak banget orang-orang di luar sana yang pastinya butuh peringatan serupa.

#1Day10Pages emang mirip sama #1Day1Part (kebalik nggak tuh?). Bedanya, kalo #1Day1Part nulis, sedangkan kalo #1Day10Pages baca. Yup! Kayak yang aku bilang di awal. Jadi, kampanye ini mengingatkan kita untuk membiasakan diri membaca minimal 10 halaman buku perhari.

Kalau ditinjau dari kebutuhan penulis, 10 halaman perhari tuh sedikit banget. Hahaha. Masa ah nggak bisa. Kebangetan tho!

Wong aku pernah baca, kalo mau jadi penulis mahir, biasakan baca minimal 200 halaman perhari dan nulis minimal 40 halaman. Hahaha. Kebanyakan? Aku juga belum sanggup sih. Tapi mulai dari sekarang, kita harus belajar untuk membiasakan diri. Bisa karena terbiasa, kan?

Ingat, membaca adalah sekolah bagi penulis. Maka dari itu, jangan pernah malas buat baca apa aja buat nambah wawasan kamu. Rajin pangkal pandai juga berlaku dalam teori membaca ini.

Kalo perlu, bikin challenges buat diri kamu sendiri. Misalnya, kamu buat target baca minimal 5 buku perbulan!

Atau, satu buku perhari.

Bayangin dalam sebulan aja kamu bisa habisin berapa buku coba? Setahun udah berapa? Pengetahuan kamu nambah, skill nulis kamu makin mumpuni, pikiran kamu makin terbuka. Banyak banget segudang manfaatnya!

Itu sebuah pencapaian lho! Meskipun cuma dalam hal baca. Karena jujur, kalo aku ngerasa malu ngaku jadi penulis tapi belum baca karya-karya fenomenal yang pernah ada.

Semakin banyak baca, kita jadi ngerasa semakin butuh belajar, semakin merasa belum pintar, dan selalu haus akan ilmu.

Dari para pemikir besar kita belajar untuk selalu konsisten pada tujuan. Karena hal-hal kecil yang konsisten dilakukan itulah akhirnya kita akan mendapat sesuatu yang besar.

So, kampanye ini buat diri kamu sendiri. Biasakan membaca minimal 10 halaman perhari. Apalagi sekarang udah banyak platform sejenis wattpad yang bakal memenuhi keinginan membaca kamu. Tinggal pilih, baca, jadi silent reader pun nggak masalah, toh kita niat baca untuk belajar.

Tapi ingat, tetap pilih-pilih bacaan yang bermutu ya! Apalagi buat kamu yang kepingin belajar nulis agar jadi lebih baik. Aku saranin, baca buku yang sudah cetak karena pasti terjamin dari segi gaya bahasa dan EBI. Jika kamu hanya baca tulisan-tulisan di wattpad tanpa paham soal tata bahasa, nanti bisa jadi kemampuan kamu nggak bertambah bahkan lebih parah justru ngebenerin yang salah.

Keep reading! Pintar-pintar pilih bacaan ya. Karena apa yang kamu baca bisa mempengaruhi pola pikirmu.

Regards,

Chitradyaries

Love Yourself Before Love WritingWhere stories live. Discover now