16. Oshiroibaba, Legenda Sosok Tua dari Jepang

1.9K 120 0
                                    

"Oshiroibaba, Legenda Sosok Tua dari Jepang"

_______________________________________

Oshiroibaba yaitu sesosok youkai yang menyerupai nenek tua dan menawarkan bubuk putih untuk wajah siapa pun yang mau menerimanya.

Ohsiroibaba dapat diartikan sebagai wanita tua yang membawa bubuk putih untuk wajah. Bubuk putih yang dimaksud adalah semacam bedak dari tepung beras yang biasanya dipakai oleh geisha atau maiko.


Sama seperti yokai yang mencari korban di jalan lainnya, penampilan yokai ini terbilang sederhana dan biasa untuk dikenali. Ia memiliki wujud seorang wanita tua bungkuk yang berjalan dengan tongkat bambu. Banyak yang menceritakan bahwa ia memakai kimono yang sudah lusuh, topi yang dibuat dari anyaman yang melindunginya dari badai salju. Wajahnya memakai bedak putih dan tangannya membawa sebotol kecil sake.


Kisah Oshiroibaba muncul di dalam “Toriyama Sekien’s Honjyaku Hakki Sui”. Toriyama mengatakan  bahwa ada legenda yang mengatakan bahwa sang dewi kosmetik, Shifun Senjo, mempunyai pelayan yang kemungkinan adalah Oshiroibaba. Dia datang pada saat bulan purnama di bulan ke dua belas.

Legenda lain mengenai yokai ini datang dari Noto Peninsula di perfektur Ishikawa. Legenda dari Noto menceritakan bahwa Oshiroibaba adalah sesosok yokai yang memiliki wujud wanita tua yang keluar pada saat terjadi badai salju dengan botol sake hangat di tangannya.

Sekilas, yokai yang satu ini memang terdengar tidak berbahaya. Akan tetapi cara kerjanya yang cukup licik ternyata mampu untuk menuai korban. Cara yang dipilih untuk membunuh korbannya memang terbilang aneh, tetapi bukan berarti tidak berbahaya.

Jika kamu bertemu dengannya, maka ia akan menanyakan apakah kamu mau mencoba produk bedak bubuk putih yang ia bawa atau tidak. Jika kamu menjawab “Iya”, maka kamu akan mendapatkan “sampel” produk tersebut. Akan tetapi, jika kamu memakainya maka wajah mu akan hancur dan meleleh. Inilah cara yang digunakan sang “White Powder Hag” untuk mendapatkan korbannya. Jika kamu ingin menghindarinya maka kamu cukup untuk menolak tawaran tersebut. Tidak seperti kebanyakan hantu-hantu Jepang lainnya, diceritakan tidak ada pertaruhan hidup & mati jika kamu menolak tawarannya, sehingga pilihan ini tentunya lebih aman untuk diambil.

_______________________________________
Oshiroibaba, Legenda Sosok Tua dari Jepang its done
Wkwk gimana? Kek nya kurang serem ya 😂
Sabar yaah tunggu update cerita yg lebih serem dari author
Jangan lupa vote and komen ye

CreepyPasta  & Urban LegendDonde viven las historias. Descúbrelo ahora