28. Beauxbatons Academy of Magic

1.1K 145 29
                                    

Hi, everyone! Happy new year! I decided to update this work earlier because I can't wait 'til Wednesday just to say a happy new year for all of you guys, my lovely ppl! Sounds silly, but well, that's it. Hope 2018 will be better than 2017, though. Aamiin.

Alright, sesuai judul, kali ini loony bakal bahas tentang Beauxbatons Academy of Magic, yay! Seperti di chapter sebelumnya, pembahasan kali ini bersumber dari http://harrypotter.wikia.com/wiki/Beauxbatons_Academy_of_Magic dengan beberapa perubahan dan tambahan yang disesuaikan (seperti tambahan dari artikel-artikel yang Loony pernah baca sebelumnya).

Okay, let's check it out, pals!

Beauxbatons Academy of Magic adalah sekolah sihir Prancis yang terletak di pegunungan Pyrenees (dekat kota Cannes), Perancis Selatan. Sekolah sihir satu ini menerima murid yang sebagian besar berasal dari Prancis, Belgia, Luksemburg, Belanda, Portugal, dan Spanyol. Well, tapi tak diketahui apakah Beauxbatons juga menerima murid dari negara lain selain yang Loony sebutin di atas.

Ah ya, lambang sekolah sihir Beauxbatons yaitu dua tongkat emas yang disilangkan satu sama lain, masing-masing menunjuk ke arah tiga bintang. Dan sebagai informasi tambahan, "Beaux Batons" merupakan bahasa Prancis yang artinya "tongkat-tongkat yang indah" atau dalam bahasa Inggris diartikan sebagai "beautiful batons" (sesuai lambang sekolahnya, ya). Dan kepala sekolahnya (at least di masa Harry Potter) adalah Madame Olympe Maxime, perempuan keturunan setengah raksasa yang pandai, elegan, dan menakjubkan (sampai-sampai Hagrid kepincut, lho xD).

Beauxbatons didirikan oleh tiga penyihir, yaitu Adora Rourie, Boden Sournois, dan Jocelin Cossu. Rouerie sangat mementingkan kecerdasan di atas segalanya (mirip dengan mendiang Rowena Ravenclaw). Ia baik, tapi agak pemalu. Murid-muridnya suka bermain teka-teki dan identik dengan buku-buku tebal (persis seperti murid-murid asrama Ravenclaw di Hogwarts). Nah, yang berikutnya adalah Sournois. Sama seperti mendiang Salazar Slytherin, ia juga lebih mementingkan Darah Murni di atas segalanya serta sangat mengagungkan kebangsawanan. Ia dikisahkan sebagai sosok yang arogan dan berhati gelap. Sedangkan Cossu, pendiri lainnya, ia lebih mementingkan kreatifitas di atas segalanya karena ia sendiri pun selalu berpikir kreatif. Well, hal kreatif yang dimaksud di sini yaitu seperti seni, musik, serta sajak/puisi. Hm, bahkan kayaknya Loony sendiri lebih tertarik jadi muridnya Cossu atau nggak Rourie, deh xD. How about you, guys?:)

Okay, back to topic. Didirikan sekitar tahun 1290-an, Beauxbatons tercatat telah memiliki banyak murid gemilang selama bertahun-tahun. Yang paling menonjol tentu saja adalah Nicolas Flamel, sang alkemis yang terkenal karena penemuan Batu Bertuah-nya (HP1), dan istrinya Perenelle. Jadi, tak seperti di film ya, guys. Beauxbatons itu bukan sekolah sihir khusus perempuan, kok.

Alright, selain pasangan Flamels, mantan murid Beauxbatons yang juga terkenal adalah Vincent Duc de Trefle-Picques. Ia adalah penyihir yang dikisahkan lolos dari teror karena merapal mantra Concealment ke lehernya sehingga ia dapat berpura pura kepalanya telah terputus. Selanjutnya ada Luc Millefeuille, pembuat kue kering yang terkenal karena keburukannya sebagai peracik racun untuk para Muggles. Dan yang terakhir, ada Fleur Delacour, sosok perempuan cantik setengah Veela yang ikut bertarung dalam Turnamen Triwizard bersama Harry Potter di tahun 1994. Beberapa tahun setelahnya, ia pun menikahi Bill Weasley dan dianugerahi medali keberanian dari Kementerian Sihir Prancis dan Inggris.

Seperti yang diketahui, pada rentang tahun 1994-1995, Beauxbatons datang ke Hogwarts bersama Durmstrang. Berbeda dengan Durmstrang yang datang dengan kapal, saat itu murid-murid Beauxbatons justru datang dengan kereta berwarna biru pastel yang ditarik oleh dua belas kuda besar bersayap yang disebut Abraxan. Well, Abraxan jugalah yang membawa para murid dari dunia Muggle ke sekolah. Pintu kereta milik Beauxbatons itu sangat cantik, dihiasi dengan hiasan timbul berwarna emas, dan jika pintu dibuka, tangga emas pun akan keluar. Sama seperti keretanya, Abraxan juga berwarna emas dengan mata merah, dan makanannya adalah single-malt whisky.

Daily Prophet? Nah, It's Daily Loony!Where stories live. Discover now