War Guns #1

358 25 32
                                    

"Pak, garpit dua"

"Ngga sebungkus aja sekalian, A?"

"Hehe... Tanggal tua euy matak ngeteng juga"

Urang kembali ke luar setelah menenteng dua batang garpit. Dua buah meja dan empat bangku panjang untuk dua orang disusun berpasangan di luar. Semuanya penuh terisi, bahkan ada yang terpaksa duduk di atas motor dan sebagian berdiri karena tidak kebagian bangku. Beruntung, ada bangku yang udah urang cupcap tempat duduknya dengan ransel kesayangan urang --yang belum pernah diganti sejak semester awal--

"Nuns sekarang rame ya...", celetuk seorang anak yang duduk di atas jok motor. Si Atuy.

"Enya, Tuy. Semenjak ada aturan bebas rokok di lingkungan kampus, anak-anak yang asalnya ngudud di kantin jd parada nyari tongkrongan baru", jelas anak lainnya, si Tyo, alias kuncen sini.

"Anak-anak baru kalo bukan jurusan kita mah harus ditatar dulu, dari dulu kan ini udah jadi tongkrongan arurang, iya ga, Tank?"

Oh iya, kenalin. Nama urang Dimas Jayamanggala Sukarta. Anjis gaya. Dari jaman masih SD juga udah dibilang namanya gaya pisan, gagah gitu. Sukarta teh gabungan nama ibu-bapa urang, Susi-Kardi Bercinta jadi we Sukarta. Waktu kecil mah dipanggilnya Dimas, namun semua berubah ketika SMA. Teuing dari mana asal-muasalnya urang jadi dipanggil Tatank. Urang terkenal pisan, sampe guru-guru juga taunya Tatank, bukan Dimas. Jadi aja, sampe sekarang dipanggilnya Tatank. Mau marah juga da udah nyaman.

 Mau marah juga da udah nyaman

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

Tatank

"Dilema sih...", jawab urang pasca mengepulkan asap pertama. "Da dari awal ge ngga ada aturan ieu tongkrongan nu saha, cuma kebetulan dari angkatan atas udah pada disini, terus weh nu angkatan bawah parada ikut"

"Tapi anak jurusan lain mah kalo kita udah bubaran juga ada aja di sini mah", jelas Tyo. Tuh kan, emang si eta teh kuncen.

"Tapi sejatinya aing sedih sih kalo tongkrongan ini jatuh ke tangan orang lain. Ini teh udah kaya rumah. Aing udah empat taun berarti di sini, udah ngalamin orang-orang yang datang dan pergi, sekarang aing udah sendirian", jelas urang.

"Lainna angkatan maneh masih ada si Hans ya Tank?", kali ini yang bertanya anak berpakaian batik --habis praktikum-- yang duduk di sebelah urang, si Ten.

"Aing geus tara ningali jelema eta sih, geus teuing kamana..."

Hans, rekan seangkatan urang. Dulu suka nongkrong di Nuns juga, tapi ngga tau sekarang kemana, ilang. Di kelas juga ga pernah liat namanya, sugan ngulang kelas gitu da engga, alhasil jadilah urang tinggal sendiri, yang anak sininya mah. Anggap aja gitu.

Tahun ini menginjak tahun ke-5 urang menjadi mahasiswa. Sedikit menyesal ketika terpaksa harus lulus ngga tepat waktu. Dulu mah mikirnya "oh ya udah gapapa lah nilai jelek bisa ngulang ntar". Gitu terus ntar ntar, ai nggeus kieu mah, sedih oge lur. Ngulang kelas juga mager kalo ngga ada temen, mau skripsian doang takut ngga produktif dan ujung-ujungnya ngga kelar, mau diem di kampus udah ngga ada temen, gawean juga belum punya.

Beruntung urang punya barudak Nuns yang selalu menemani hari-hari tua urang di kampus. Oleh karena itu, di hati kecil urang mah urang mengharapkan regenerasi dan asa ngga ridho gitu kalo Nuns tempat kami berhahahihi ini pindah ke tangan orang lain. Padahal kita disini sewa tempat ge nteu, dasar oportunis.

"Oi Tank!", seseorang datang dari kejauhan menuju ke arah Nuns dan menyapa urang.

"Ai maneh, didieu keneh?", tembak si Atuy kepada orang itu.

"Hehe. Ya kitu weh", orang itu tertawa sambil menunjukkan deretan giginya yang rapi. "Nambut korek mang"

Namanya Sumino, angkatan..... ngga usah disebut lah ya angkatan berapanya, nanti dia sedih. Bukan penghuni tetap sih, tapi suka ada aja di sini dari dulu juga, sekedar buat udud dan ninjuh cikopi.

"Geus euweuh batur ayeuna mah aing ripuh", ujarnya. "Kudu lulus taun ieu aing. Maneh gimana, Tank?"

"Urang ge Insya Allah ayeuna. Bareng sih, No, asal lancar. Aminkeun weh"

"Daks, aing kelas dulu ya", si Tyo pamit, mau kelas.

"Kelas apa maneh, Yo?", ini ngga tau siapa yang nanya.

"MRV* nih", jawabnya.

"Eh maneh MRV? Kelas B bukan?", tanya si Sumino tiba-tiba.

"Iya, No. Maneh juga?"

"Iya. Bareng lah. Kela kagok ieu sabatang"

Tank, maneh lebih mending dari Sumino.

***

A/N

*MRV = Matriks Ruang & Vektor. Mata kuliah yang idealnya masuk silabus semester 3. Seri ketiga dari mata kuliah kalkulus the series.

WAR GUNS; Operations ResearchTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang