Manhaj, Madzhab dan Aqidah

39 5 0
                                    

🌹Perbedaan Manhaj,Madzhab dan Aqidah 🌹

Tentunya ada perbedaan pengertian antara manhaj dan mazhab, dan kita sebagai orang awam harus mengetahui perbedaan tersebut, karena hal ini juga berpengaruh tentang aqidah yang kita pegang.

Pengertian mazhab dibagi menjadi dua:

Arti menurut bahasa merupakan bentuk isim makan dari kata”dzahaba’”, artinya jalan atau tempat yang dilalui.
Arti menurut istilah ulama ahli fiqih mazhab adalah mengikuti sesuatu yang dipercayai
Lebih lengkapnya pengertian mazhab menurut fiqih adalah hasil ijtihad seorang imam (mujtahid) tentang hukum sesuatu masalah yang belum di tegaskan oleh nash.

Dengan begitu, suatu masalah yang bisa menggunakan metode ijtihad ini adalah yang termasuk kategori “dzonni” atau prasangka, bukan hal yang qoth’I atau pasti.

Oleh karena itu tidak benar apabila ada istilah hukum shalat 5 waktu adalah wajib menurut mazhab Syafi’I, karena hukum shalat wajib termasuk kategori qoth’I yang tidak bisa dibantah wajibnya oleh mazhab manapun.

Berbeda apabila suatu masalah yang dihadapi tentang hal-hal yang asalnya masih samar seperti hukum menyentuh kulit wanita yang bukan muhrim.

Karena perbedaan pandangan itulah, maka terjadi perbedaan pendapat antara ke empat imam mazhab.

Dan dari hasil pendapat itu kemudian disebut dengan ijtihad Imam Syafi’I yang pasti berbeda dengan ijtihad Imam Hanafi dan Imam lainnya yang menentukan batal atau tidak wudhu ketika menyentuh wanita muhrim.

Nah, bagi seorang yang mampu berijtihad dalam menghadapi suatu masalah, maka dia boleh berijtihad dan melaksanakan hasil ijtihad yang ia lakukan, tetapi untuk mencapai kedudukan tersebut haruslah mendalami ilmu agama secara utuh.

Sedangkan bagi mereka yang tidak mampu melakukan ijtihad atau orang awam, maka ia harus mengikuti hasil ijtihad dari salah seorang mujtahid yang ia yakini.

Hal ini sejalan dengan Alquran surat An Nahl ayat 42-43, yang artinya ”Bertanyalah kepada ahli dzikir/ulama jika kamu tidak mengerti”

Menurut penjelasan dari Abu Hasan Alkaya, bermazhab ini hukumnya wajib dibagi:

Orang awam
Ulama/ahli fiqih yang belum mencapai derajat mujtahid
Mengapa bermazhab itu wajib?

Karena Jika dipebolehkan untuk tidak bermazhab atau bermazhab tetapi mengambil mazhab sana-sini (talfiq), maka pasti kaum muslim di dunia akan mengambil aturan yang mudah saja.

Hal ini yang kemudian akan membawa akibat lepasnya tuntunan taklif.

Kaidah atau cara kita dalam bertauhid, berakidah, dan beramal dalam memahami dan menjalankan kehidupan beragama Islam, itulah yang dimaksud dengan Manhaj.

Ada 4 mazhab di Dunia yang wajib kita ketahui. baca selengkapnya disini Mazhab dalam islam.

Pertanyaannya, Apa Perbedaan Manhaj Dan Mazhab? Apakah Sama?

Jawabannya: tidak.

Mazhab adalah suatu aliran dan jalan pemikiran yang lebih difokuskan pada pemahaman dan pernyataan tokoh mazhab tertentu.

Ada 4 mazhab besar dalam Islam hingga saat ini, yaitu mazhab Maliki, mazhab Hanafi, mazhab Hambali dan mazhab Syafi’i.

Imam mazhab 4 diatas, semuanya memiliki Manhaj yang sama. Mereka tidak membuat mazhab ,mereka masing-masing berusaha menafsirkan Qur’an dan Sunah sesuai dengan pemahaman yang benar.

Mereka berusaha mengambil contoh dari Rasul dan para sahabat. Mereka tidak pernah sedikitpun mengatakan bahwa kitab-kitab mereka, atau perkataan mereka sebagai Mazhab .

Ajari Aku IstiqomahWhere stories live. Discover now