Hijrahlah

28 5 0
                                    

Bismillahirrahmanirrahim, Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh...
Alhamdulillah ana akan mengisi kajian malam ini  dengan tema "hijrahlah untuk lebih baik, bukan untuk merasa paling baik"

Rasulullah SAW menjelaskan makna hijrah sebagaimana disebut dalam Hadits Riwayat Al-Bukhori, "Orang-orang yang berhijrah adalah mereka yang meninggalkan segala sesuatu yang dilarang oleh Allah SWT."

Dilansir dalam buku berjudul 'Bekal Berhijrah Menuju Allah' oleh Ibnul Qayyim al-Jauziyah, berhijrah di jalan Allah berarti juga menyerahkan jiwa sepenuhnya pada setiap masalah keimanan, bisikan hati atau hukum terhadap berbagai kasus kepada sumber petunjuk dan pusat cahaya yang tercermin dalam setiap kata yang keluar dari mulut Rasulullah SAW. Sebagai yang disampaikan dalam Al-Qur'an:

"Dan, tiadalah yang diucapkan itu (Al-Qur'an) menurut kemauan hawa nafsunya. Ucapannya itu tiada lain hanyalah wahyu yang diwahyukan (kepadanya)." (an-Najm: 3-4).

Dosen Institut Perguruan Tinggi Ilmu Quran (PTIQ) Jakarta, Dr Nur Rofiah, Bil. Uzm. menjelaskan hijrah adalah berpindah dari keadaan yang semula buruk menjadi keadaan yang baik, dari kondisi yang sudah baik menjadi kondisi yang lebih baik.

Jadi hijrah adalah proses terus-menerus untuk memperbaiki diri, memperbaiki cara berpikir, dan memperbaiki cara berucap serta bersikap. Ini berlaku bagi siapa saja.

Berhijrahlah semata-mata karena Allah ta'ala, bukan untuk terlihat sempurna dimata manusia. Tidak akan ada habisnya bila kita melakukan sesuatu karena manusia. Karena orang yg menyukai kita tak membutuhkan itu dan orang yg membenci kita tetap akan berpikiran negative dengan apapun yg kita lakukan.

Berhijrah untuk merasa menjadi yg paling baik adalah salah satu sifat sombong, seperti sebagai mana sabda Rasulullah, Rasulullah SAW bersabda, "Tidak akan masuk surga seorang yang dalam hatinya ada kesombongan (takabur) meskipun sebesar biji sawi."

Gak panjang kalam, ana lebih baik menjawab pertanyaan nantinya agar lebih dimengerti🥰❤️

Sekian kajian dari ana, ambil baiknya buang buruknya...
Semoga apa yang ana sampaikan bermanfaat untuk kita semua❤

*Ustadzah Sahla Amalia Alhamid*
@DiaryOf_Muslimah

Ajari Aku IstiqomahWhere stories live. Discover now