1

1.3K 132 6
                                    

Udah seharian ini gue bener-bener gak keluar dari kamar. Beberapa kali kedengeran suara berisik dari bawah. Dan gue gak ngeluarin suara sedikit pun selain suara percakapan drakor yang ada di laptop gue. Jangan khawatir gue kelaparan, gue belum kehabisan camilan dari semalem. Episode demi episode dari drama Feel Good To Die gue kelarin. Kamar gue juga udah bisa dibilang berantakan karena keasikan goleran dari kemarin sore.

Hingga jam udah nunjukin pukul 12 malem. Botol minum gue udah kosong. Gue udah gak ngedenger suara apapun di luar kamar, bahkan di lantai bawah sekali pun. Kira-kira udah tidur belom ya manusianya?

Gue nyoba buka pintu dikit, ngintip, siapa tahu masih ada orang. Gue bernapas lega waktu tau lampu utama udah mati. Jadi pasti manusianya udah molor. Alhasil gue jalan jinjit turun ke dapur ditemani senter HP gue.

Saat mata gue mendapati galon, dengan senyum penuh syukur gue jalan ke sana buat ngisi botol minum gue. Lagi asik-asik nungguin penuh, tiba-tiba aja ada suara di belakang gue.

"Jadi dugaan gue bener?"

Sumpah ya. Kalau aja gue gak inget lagi ngisi air, udah kejengkang sangking kagetnya. Muka gue panik banget. Udah kaya keciduk sama Satpol PP pas lagi mangkal.

Di depan mata gue udah ada sosok cowok dengan rambut pendek dan poni di atas alis. Mungkin kalau gue kenal udah gw katain kalo poninya lucu.

"Lo mau nyuri kan?"

Mata gue auto melotot. Cantik bin bohay begini mau nyuri katanya?

Cepet-cepet gue matiin saluran galonnya dan nutup botol gue. "Eh? Maaf ya, saya ponakannya yang punya kosan," jawab gue agak sewot. Dengan wajah songong, gw jalan lagi ke arah tangga. "Oh iya, jangan bilang siapa-siapa kalau saya tinggal di atas. Saya gak mau diganggu."

Enak aja main ngatain nyuri. Emang Tante gak bilang apa sama manusia di sini? Bikin mood turun mendadak aja. Akhirnya gue balik lagi makanin jajan sambil lanjut ngedrakor.

*

Sinar matahari udah nerobos masuk ke kamar gue. Cepet amat udah ganti pagi. Gue pengen banget jalan ke luar kalo udah pagi gini. Apa lagi perumahannya lumayan sepi. Palingan yang lewat mobil-mobil doang. Hari minggu gini kalau jalan ke taman komplek kan nyenengin. Sayangnya gue cuma bisa bertahan di kamar.

Seperti yang sudah gue duga, hari minggu penghuni kosan pada gak keluar karena kuliah lagi libur. Gue menatap keranjang jajan gue udah tinggal dikit. Yah, mana cukup buat sampe malem? Dengan berat hati gue nonton drakor lagi tanpa nyamilin jajan.

Di tengah nonton, ada suara ribut-ribut di depan kamar. Pengen banget gue teriakin biar diem. Tapi gue sadar, gue cuma uler kecil yang numpang di tanaman orang. Walaupun gue ponakannya tante, tapi yang tinggal duluan di sini kan mereka.

Dengan kesabaran yang ekstra, gue fokus lanjutin drama. Sampai pada akhirnya mata gue menangkap sosok yang lagi merem dengan muka kusut ngebuka pintu kamar gue. Dia ngeluh gitu tapi gak jelas ngomong apa. Rambut item ikalnya dia berantakan banget sampai nutupin muka. Entah apa yang ada di otak dia, tiba-tiba dia tidur di sebelah gue tanpa ngomong apapun. Lah, ngigo apa ya?

Gue gak bisa gerak sama sekali. Kaget anjir. Gak sadar apa di sini ada manusia selain dia? Gue biarin dia selama dia tetep tengkurep dan gak gerak. Sengaja gue kecilin volume drama gue, biar dia gak bangun. Tapi apa kalian pikir enak tiba-tiba didatengin cowok gak jelas dan ngebiarin dia tidur di samping gue? Enggak anjir. Suara ngoroknya keras banget. Bikin tangan gue gatel buat nyumpal mulut dia pake bantal.

Sumpah ya, ini gue udah gondok banget. Lebih dari satu jam gue bertahan sama suara ngorok dia. Pas lagi enak-enak liat pertengkaran antar tokoh di drama, tiba-tiba aja kaki gue ada yang pegang. Iya. Tangannya dia udah jalan-jalan sampe pegang kaki gue. Tau gak habis itu dia ngomong apa?

"Dhis, kok kaki lu kecil sih? Mulus lagi!"

Emosi gue udah ada di ubun-ubun. Dengan sekuat tenaga gue dorong tubuh dia sampai kesungkur di lantai. Bodo amat sama keberadaan gue. Bodo amat yang laen tau gue tinggal di sini. Yang penting gue selamat dari tangan haram cowok kampret ini.

Setelah dia ngerasa kesakitan, tiba-tiba aja dia liat gue dan teriak kenceng banget. Ya gue ikut teriak lah, siapa yang gak kaget tiba-tiba dia teriak kenceng banget. Seketika itu juga warga kosan berbondong-bondong dateng ke kamar gue. Mereka ngeliat kita dengan penuh tanda tanya. Mata mereka menyeleksi siapa yang dilecehin siapa?

"Lo siapa?!" tanya manusia yang masih tengkurep di lantai.

"Elo yang siapa?!"

"Ya elo yang siapa?! Gue penghuni kos di sini."

"Gue juga yang tinggal di kamar ini?"

"Hih! Kunti ya lo?! Kamar ini kan kosong."

"Enak aja cantik begini dikatain kunti!"

"Trus apaan? Kolong wewe?"

"Gue ponakannya yang punya kos."

Seketika dia diem. Lima orang yang liatin di pintu juga diem. Udah kaya sulapan aja, tiba-tiba gue sekarang lagi duduk di ruang tamu. Di sidang sama keenam manusia penghuni kosan. Dua dari enam orang di depan gue natap gue kayak lagi nodong jawaban UTS.

"Kok diem? Tadi adu bacot aja lancar ngomongnya," celetuk cowok rambut ikal.

Gue menarik napas dalam-dalam. Kemudian mengembuskan sambil berkata dalam hati, "Sabarin aja dulu."

"Gue Fionita Larasati. Panggil aja Fio. Mahasiswa DKV angkatan ke 47. Gue ponakan ibu kos. Gue akan tinggal di sini selama sebulan lamanya, sampai liburan gue abis. Sebenernya gue di sini udah 2 hari, maaf gak ngasih tau kalian. Sengaja sih, karena sebenernya gue gak niat juga buat ganggu kalian."

Beberapa dari mereka angguk-angguk doang. "Lo kenapa gak tinggal sama ibu kos?" tanya cowok yang pakai baju sleeveless.

"Anaknya banyak, kamarnya abis."

"Oh yaudah, betah-betahin ya. Kalau minta bantuan jangan sungkan sama kita. Kalau barang lo ilang, panggil aja si Dito-" nunjuk cowok yang semalem ketemu gue di dapur "-dia detektif di kos ini," jelas cowok dengan wajah yang keliatan paling dewasa.

"Hai, gue Dito," ucap cowok yang punya poni lucu. "Kalo yang ngomong banyak tadi si Yudhis. Yang gak sengaja masuk kamar lo itu Jilio. Yang ngalungin headset itu si Candra. Yang pake kaos sleeveless namanya Bagas. Yang masih nemplok ke sofa itu si Jovian."

Ada sedikit ngerasa bersalah juga sih. Gue kenal mereka secara gak baik-baik. Padahal mereka gak semenjengkelkan yang gue pikir. Kecuali si Jilio tadi sih. Mulutnya tajem banget.

"Sekali lagi, gue minta maaf ya. First impression gue jadi jelek di mata kalian karena cara kenalan yang salah kaya gini."

"Lo emang jelek kali."

Yaudah lah, kalian pasti tau yang ngejawabin gue siapa.

[]

SUMMER HOLIDAYWhere stories live. Discover now