SEJARAH PERADABAN ISLAM PADA MASA KHULAFAURRASYIDIN

1.9K 8 1
                                    

SEJARAH PERADABAN ISLAM PADA MASA KHULAFAURRASYIDINLatar Belakang

Pada umumnya setiap penulisan ulang mengenai Sejarah Peradaban Islam pada masa-masa Khulafaur Rasyidin ataupun sejarah-sejarah lain adalah terbuka dan milik semua orang. Asalkan bisa memahami dan bisa mengaplikasikannya secara sistematis dan inofatif. Tema besar penulisan makalah ini akan lebih banyak menelusuri mengenai akar-akar Sejarah Peradaban Islam pada masa Khulafaur Rasyidin. Karena nilai-nilai positif Sejarah Peradaban Khulafaur Rasyidin tidak lagi dijadikan teladan oleh orang-orang Islam. Fenomena yang sangat menyedihkan, mayoritas orang-orang Islam saat ini lebih banyak mengadobsi budaya/peradaban orang-orang non muslim. semua itu merupakan cerminan bagi potret perkembangan di masing-masing kawasan Dunia Islam yang terus menerus menunjukkan dinamikanya.

Rumusan Masalah

Dari latar belakang diatas, maka dapat dirumuskan beberapa hal sebagai berikut :

Apa itu Khulafaur Rasyidin?Islam dimasa khalifah Abu Bakar Ash-ShiddiqIslam dimasa khalifah Umar bin KhattabIslam dimasa khalifah Usman bin AffanIslam dimasa khalifah Ali bin Abi ThaalibTujuan

Tujuan penulisan makalah ini adalah untuk mengetahui kondisi Islam dan ummat muslim dimasa khulafaur rasyidin serta menambah wawasan kita tentang kepemimpinan para khulafaur rasyidin.

Khulafaur Rasyidin

Secara bahasa, Khulafaur Rasyidin berasal dari kata Khulafa dan Ar-Rasyidin. Kata Khulafa' merupakan jamak dari kata Khalifah yang berarti pengganti. Sedangkan Ar-Rasyidin artinya mendapat petunjuk. Arti bebasnya adalah orang yang ditunjuk sebagai pengganti, pemimpin atau pemimpin yang selalu mendapat petunjuk dari Allah SWT. Para Khulafaur Rasyidin merupakan sahabat Nabi Muhammad SAW, yaitu :

Abu Bakar Ash-Shiddiq.Umar bin Khattab.Usman bin Affan.Ali bin Abi Thalib.

Wafatnya Nabi Muhammad SAW sebagai pemimpin agama maupun Negara menyisakan persoalan pelik. Nabi tidak meninggalkan wasiat kepada seorangpun sebagai penerusnya. Akibatnya, para sahabat mempermasalahkan dan saling berusaha untuk mengajukan calon pilihan dari kelompoknya. Dan diperolehlah 3 calon penerus nabi dari kelompok yang berbeda, yaitu :

Ali bin Abi Thaalib dari kelompok Ahul Bait.Saad bin Ubadah dari kelompok Anshar.Abu Bakar Ash-Shiddiq dari kelompok Muhajirin.

Namun perselisihan ini mengakibatkan tertundanya pemakaman Rasulullah SAW. Dan akhirnya Abu Bakar Ash-Shiddiq lah yang terpilih dan di baiat sebagai penerus Nabi Muhammad SAW. Dan Abu Bakar di baiat sebagai Khalifah atau penerus Nabi di balai pertemuan bani Saidah.

Khalifah Abu Bakar Ash-Shiddiq

Abu Bakar Ash Shiddiq lahir pada tahun 568 M atau 55 tahun sebelum hijrah. Dia merupakan khalifah pertama dari Al-Khulafa'ur Rasyidin, sahabat Nabi Muhammad SAW yang terdekat dan termasuk di antara orang-orang yang pertama masuk Islam (as-sabiqun al-awwalun). Nama lengkapnya adalah Abdullah bin Abi Kuhafah at-Tamini.

Pada masa kecilnya Abu Bakar bernama Abdul Ka'bah. Nama ini diberikan kepadanya sebagai realisasi nazar ibunya sewaktu mengandungnya. Kemudian nama itu ditukar oleh Nabi Muhammad SAW menjadi Abdullah bin Kuhafah at-Tamimi. Gelar Abu Bakar diberikan Rasulullah SAW karena ia seorang yang paling cepat masuk Islam, sedang gelar as-Siddiq yang berarti 'amat membenarkan' adalah gelar yang diberikan kepadanya karena ia amat segera memberiarkan Rasulullah SAW dalam berbagai macam peristiwa, terutama peristiwa Isra Mikraj.

Kekhalifahan Abu Bakar Ash-Shiddiq

Khalifah Abu Bakar adalah khalifah yang sangat berjasa diawal masa khulafaur rasyidin, meski banyak sekali cobaan dan hambatan yang datang. Masa Abu Bakar di mulai dengan munculnya permasalahan tentang siapa pemimpin yang akan memimpin umat Islam pasca wafatnya Rasulullah SAW. Kemudian masa ini dihadapkan dengan banyaknya masyarakat yang murtad serta enggan membayar zakat kembali. Hingga bermunculan orang-orang yang mengaku sebagai Nabi setelah Nabi Muhammad SAW. Berkat ketegasan khalifah Abu Bakar serta keteguhan hati para sahabat, permasalahan yang muncul bisa ditangani dan distabilkan kembali.

Agama IslamWhere stories live. Discover now