Fungsi Iman

317 1 1
                                    

Apa Itu Iman?

Sahl bin Abdullah At-Tustari ketika ditanya tentang apakah sebenarnya iman itu beliau menjawab demikian "Qaulun wa amalun wa niyyatun wa sunnatun." Artinya Ucapan yg disertai dgn perbuatan diiringi dgn ketulusan niat dan dilandasi dgn Sunnah. Kata beliau selanjutnya "Sebab iman itu apabila hanya ucapan tanpa disertai perbuatan adalaha kufur apabila hanya ucapan dan perbuatan tanpa diiringi ketulusan niat adalah nifaq sedang apabila hanya ucapan perbuatan dan ketulusan niat tanpa dilandasi dgn sunnah adalah bid'ah.


Pengertian iman menurut bahasa adalah mempercayai atau membenarkan. Iman berasal dari kata aamana-yu'minu yang berarti tasdiq mempercayai atau membenarkan.

Dan menurut istilah Iman ialah "Membenarkan dengan hati diucapkan dgn lisan dan dibuktikan dgn amal perbuatan."

Menurut hasan hanafi para teolog muslim dalam membicarakan tentang iman ,ada empat istilah kunci yang biasanya dipakai, yaitu:

1. Marifah bi al-aql atau dengan menggunakan akal

2. Amal ,pernuatan baik dan patuh

3. Iqrar , pengakuan secara lisan

4. Tashdiq ,atau membenarkan dalam hati

1. Iman dalam arti hanya perbuatannya saja yang beriman, tetapi ucapan dan hatinya tidak beriman., dapat dilihat dari QS. An- Nisa, 4: 142:.

"Sesungguhnya orang-orang munafik (beriman palsu) itu hendak menipu mereka.Apabila mereka berdiri mengerjakan sembahyang, mereka berdiri dengam malas, mereka ria (mengambil muka) kepada manusia dan tiada mengingat Allah melainkan sedikit sekali"

2. Iman dalam arti yang kedua adalah tashdiqun bi al-qalb wa amalun bi al-jawatih, artinya keadaan dimana pengakuan dengan lisan itu diiringi dengan pembenaran hati,dan mengerjakan apa yang diimankannya dengan perbuatan anggota badan. Contohiman model ini dapat dilihat dalam QS. Al- Hadid, 57:19:

"Dan orang-orang yang beriman kepada Allah dan Rasul-Nya, mereka itu adalah orang- orang yang Shiddiqien".

3. Iman jika hanya diucapkan oleh mulut saja dan belum dilakukan dengan perbuatan belumlah dikatakan orang yang beriman ,sesuai dengan isi kandungan alqur'an Qs al-baqarah ,2:8-9 yang artinya:


"Dan diantara manusia itu ada yang mengatakan dirinya beriman ''kami beriman lepada Allah dan pada hari akhirat ''sedang yang sebenarnya mereka bukanlah orang-orang yang beriman, tetapi mereka menipu diri mereka sendiri dan mereka tidak sadar"


Berdasarkan informasi ayat-ayat tersebut dapat diketahui bahwa di dalam al-Qur'an kata iman digunakan untuk tiga arti yaitu iman yang hanya sebatas padaucapan, iman sebatas pada perbuatan, dan iman yang mencakup ucapan. Perbuatandan keyakinan dalam hati


Hubungan Iman dan Islam

Iman apabila disebutkan bersama-sama dgn Islam maka menunjukkan kepada hal-hal batiniah; seperti Iman kepada Allah SWT iman kepada Malaikat iman kepada hari akhir dan seterusnya. Dan Islam apabila disebutkan bersama-sama dgn Iman maka menunjukkan kepada hal-hal lahiriah; seperti Syahadat shalat puasa dan seterusnya. Dasarnya Al-Hujurat 14; Hadits Jibril riwayat Al-Bukhari dan Muslim.


Iman dan islam adalah dua sejoli yang tak dapat dipisahkan karena islam memerlukan islam dan iman memerlukan islam ,keduanya ibarat dua sisi logam yang tidak dapat dipisahkan


Namun Iman apabila disebutkan tersendiri tanpa dgn Islam maka mencakup pengertian Islam dan tidak terlepas darinya; krn iman menurut definisinya adalah Keyakinan ucapan dan perbuatan. Demikian pula Islam apabila disebutkan tersendiri tanpa dgn Iman maka mencakup pengertian Iman dan tidak boleh dipisahkan darinya. Karena Islam pada hakekatnya yaitu Berserah diri lahir dan batin kepada Allah SWT dgn mengikuti segala perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya.


Fungsi Iman Dalam Kehidupan Sehari-hari1. Iman dengan disertai dengan amal shaleh dapat menjadi kunci akan dibukakanya kehidupan yang baik,makmur dan sejahtera
2. Iman dapat menimbulkan ketenangan jiwa
3. Iman akan menimbulkan kasih sayang antar sesama
4. Lebih mendekatkan diri kepada sang pencipta
5. Iman akan membebaskan manusia dari kekuasaan orang lain
6. Orang beriman akan mendapatkan pertolongan dari Allah SWT


7. Dengan iman hidup akan terarah
8. Iman membawa manusia pada kedamaian
9. Dengan iman hidup kita lebih sederhana
10. Dengan iman ketika akan menjadi lebih semangat dalam mencapai sesuatu
11. Iman membuat kita menjadi lebih sabar

12. Membawa keberkahan dilangit dan di bumi
13. Memberikan ketengan dalam jiwa
14. Dijanjikan akan mendapatkan syurga


Agama IslamWhere stories live. Discover now