1. Orientasi

2K 218 76
                                    

[Niara]

Oops! This image does not follow our content guidelines. To continue publishing, please remove it or upload a different image.


[Niara]

Pernah merasakan segimana ribet nya ngurusin organisasi?

Sumpah, kalau bukan karena point mungkin gue udah males banget buat ikutan kayak beginian.

Sebenernya gue suka sih ber-organisasi, tapi setelah tau kalau organisasi dikampus jauh lebih berat dibanding SMP-SMA, gue jadi agak menyesal. Pasalnya, hampir setiap bulan itu ada aja program kerja yang harus dilakuin. Dari mulai nya rapat dari siang sampai malem, handle event semacam seminar, dan proker lainnya. Paling ribet itu kalau udah kebagian jadi ketua pelaksana. Contoh nya kayak sekarang, gue kepilih untuk menjadi ketua pelaksana acara Orientasi Mahasiswa Baru.

Ribet banget dua kali.

Kadang gue jadi pengen banget kayak Fiona yang cuma jadi kupu-kupu dikampus, gak jadi kura-kura kayak gue. Tapi disisi lain ada point plus nya juga sih kalau gue ikut organisasi macem BEM gini. Salah satunya gue jadi bisa punya banyak kenalan teman dari berbagai fakultas manapun. Gak cuma fakultas doang, bahkan kampus lain, saat gue mencari delegasi, pasti gue banyak bersosialisasi dengan banyak orang.

Disamping itu, gue juga anak rantauan. Jadi, ada manfaat nya juga ikut organisasi, gue gak akan cuma nyungsep rebahan doang di kostan kayak Fiona. Hari-hari gue akan menjadi lebih bermanfaat dibanding gabut diem di kost mulu.

Acara Orientasi Studi Pengenalan Kampus atau biasa disebut OSPEK ini mengingatkan gue saat tiga tahun kebelakang. Pada tahun 2016, hari dimana gue mengikuti OSPEK, keselnya sama panitia-panitia karena memberikan banyak tugas, beradaptasi yang sangat sulit untuk gue lakukan, dan dimana gue lagi rusuh-rusuh nya nyari tempat kost, dikarenakan gue bukan anak Bandung asli, gue jadi ribet ngurusin tempat tinggal untuk beberapa tahun kedepan. Berbeda dengan Fiona, dia asal Bandung asli, cuma ikut-ikutan ngekost bareng gue hanya karena waktu yang ditempuh dari kampus ke rumah satu jam.

Dasar manja.

Tahun 2019 ini malah gue yang kepilih jadi ketua pelaksana. Padahal dulu gue rasanya pengen nabok-nabokin panitia dan ketuplak yang bisa nya cuma nyuruh-nyuruh. Well, sekarang gue yang berada di posisi itu.

Hukum karma memang berlaku.

Ini hari terakhir OSPEK dilaksanakan. Menurut rundown yang dibuat sama panitia acara, hari ini hanya akan diadakan pengenalan Unit Kegiatan Mahasiswa atau bisa disebut dengan UKM, kalau di SMA gitu sih macem ekskul gitu. Selain itu juga, ada acara sharing time bersama alumni kampus, dan yang terakhir akan diadakan pentas seni dari tiap kelompok Mahasiswa Baru.

Banyak banget stan UKM yang sudah berjajar dilapangan. Sesekali gue monitoring bagaimana mekanisme kerjanya. Banyak mahasiswa yang mendaftar di tiap-tiap stan UKM. Gue salut sih sama antusiasme Mahasiswa Baru sekarang. Mereka rela panas-panasan dilapang cuma buat daftar doang.

"Niara!"

Gue refleks memalingkan wajah kebelakang mencari sumber suara seseorang yang memanggil nama gue.

Kisah JuniarWhere stories live. Discover now