tiga belas

535 63 2
                                    

Gue meninggalkan aula sambil berlari kecil. Tadi, gue dan Dirga disuruh buat ngumpul dulu, ngomongin sesuatu sama Kak Erlangga tentang peran yang kami dapat. Oiya, latihan tadi tuh cuman membaca naskah bareng semua anak padus dan drama yang ikut. Elaine udah pulang pas latihannya dibubarin dan tersisa gue sama Dirga doang tadi.

Dirga katanya ada yang diambil di kelasnya. Jadinya kita pisah jalan deh.

Kaki gue menapak di depan ruang sekretariat waktu gue mau nelpon Bang Onu. Lumayan lama gue nunggu Bang Onu ngejawab telpon gue.

"Assalamualaikum, Shan. Kenapa lo nelpon gue?"

"Wa'alaikumsalam. Abang udah dibilangin sama Bang Han belum?"

"Hah? Han gak ada bilang apa-apa ke gue. Ada apa, Shan?"

Abang kandung sialan :)
Katanya dia yang bakal bilang ke Bang Onu, nyatanya? :)

"Ah..., belum Bang Han bilang ya. Itu, abang bisa gak jemput aku di sekolah?"

"Ya ampun, udah mau jam 5 dan lo masih di sekolah?! Lo pingsan lagi gara-gara anak padus itu ya?!"

"Ihh gak gitu abang! Aku baru selesai latihan drama buat cm nanti. Bang Onu bisa gak jemput aku?"

"Hehe, sorry, Shan. Maaf juga nih abang gak bisa jemput kamu soalnya abang lagi nemanin Ci Sarah yang lagi nyari kost-an. Abang udah dibooking dia buat nemanin sampe malem."

"Loh kan kampusnya Cici di kota ini juga. Kok Cici nyari kost sih, bang?"

"Iye, dia tuh keras kepala banget. Katanya pengen mandiri sekaligus menghemat waktu. Soalnya dari rumah gue ke kampusnya Cici tuh bisa makan waktu 40 menit. Udah dari awal kuliah kepengen ngekostnya, cuman Papa abang gak bolehin. Terus gegara dia udah setahun juga kuliah sambil gak berhenti mohon-mohon ke Papa, akhirnya dibolehin deh."

Buset. Berarti gak sia-sia perjuangan Ci Sarah selama ini buat bisa ngekost sendiri. Gue mah boro-boro ngekost, ditinggalin sendirian aja di rumah gak berani gue.

Oiya, kalau kalian penasaran kenapa gue, Bang Onu, dan Bang Han manggil Ci Sarah dengan panggilan Cici, itu karena keluarga Papa-nya Bang Onu tuh keturunan Cina gitu. Makanya Bang Onu sama Ci Sarah tuh sipit-sipit gitu dan juga bisa bahasa mandarin. Semua saudara dari Papa Bang Onu juga fasih banget bahasa mandarin. Sesekali gue diomelin Bang Onu atau sepupu jauh gue yang notabene keluarga dari Papa Bang Onu pake bahasa mandarin dan berhasil bikin gue cuman bisa cengo doang.

"Shan? Lo minta jemput Han atau Bintang aja ya. Atau kalau mereka gak bisa minta jemput Seth aja. Maafin abang ya, Shan."

"Iya deh, bang. Gapapa kok. Salam buat Cici ya, bang."

"Oke. Hati-hati, Shana."

Gue menutup telepon setelah mengucapkan salam.

Huff.... Gue harus minta jemput ke siapa ya? Bang Han pasti masih tanding. Dia aja biasanya pulang jam 7, katanya sholat jamaah terus nongki dulu. Bintang? Dia pasti les soalnya udah deket sama ulangan akhir semester. Apalagi Seth, dia bakal dimarahin emaknya kalau gak belajar dan malah keluar rumah.

Gue natap kosong ke depan. Gak kerasa, gue udah tiba di gerbang. Gak ada yang lalu lalang lagi dan parkiran juga udah kosong, tinggal beberapa motor yang bisa dihitung pakai jari. Pak satpam juga udah gak kelihatan lagi batang hidungnya.

Ada sih paman pentol yang emang udah kebiasaan dari dulu selalu jualan di dekat gerbang sampai sore dan bener-bener gak ada orang lagi di sekolah. Dia baik, sering ngebonusin pentol kalau beli banyakan. Tapi sering dihindarin murid cewek juga soalnya dia suka ngegodain atau ngegombalin gitu. Gue juga ogah sih ngajak ngobrol dia, nanti malah gue digombalin mulu.

Akhirnya gue jongkok pas di depan pagar sambil mendem kepala di antara kaki dan tangan gue yang meluk kaki gue. Gue bingung banget pulang sama siapa atau pakai apa. Ojek online? Tapi gue gak punya aplikasinya. Gak ada transportasi umum juga disini. Gue sebenernya bisa sih naik motor dari smp. Cuman gue gak dibolehin bawa ke sekolah soalnya masih di bawah umur.

Samar-samar, gue denger suara knalpot motor dari parkiran dan berhenti di depan gue. Gue gak menengadah, paling itu guru atau murid yang gue gak kenal.

Lama kelamaan, tu motor gak jalan juga. Polusi dari knalpot motor itu masuk dan nusuk hidung gue. Gue yang kesal langsung nengok ke arah si pengendara motor dengan raut muka yang udah gak bisa dideskripsikan lagi. Capek, kesel, dan udah mau nangis aja rasanya.

"Loh, Reishana? Gue kira siapa. Kenapa lo belum pulang?"

Gue yang awalnya mau marah ngubah ekspresi gue jadi datar. Gila, si Dirga ini yang daritadi membuang-buang bensin motornya.

Gue pukul aja betisnya. "Gila ya lo! Udara dari knalpot lo tuh masuk ke hidung gue tau!"

"Duh sakit! Tapi lo bener juga, gue belum matiin motor gue hehe," kekeh Dirga. Mukanya pengen gue toyor aja sumpah. "Pertanyaan gue belum lo jawab. Ngapain disini?"

"Gue---"

"Jangan-jangan lo pulang bareng paman pentol ya?! Astaga gue gak nyangka ada skandal sebesar ini yang dilakuin adek kelas gue!"

"Ih apaan lo main potong-potong aja! Mana mungkin ya tuan putri pulangnya sama penjual pentol," decak gue. Tambah sebel gue tuh gegara si Dirga main potong-potong aja. "Gue gak bisa pulang soalnya gak ada yang jemput. Lo ada aplikasi ojek online gak? Gue minjam dong."

Dirga senyum miring yang gak gue ngerti. "Gue gak punya aplikasinya," jawabnya datar sambil ngasih jeda beberapa detik. "Mending tuan putri pulangnya bareng pangeran. Gue anterin sampai tujuan dengan selamat deh."

Gue ngasih tatapan aneh. Takutnya, dia malah macam-macam ke gue. Tapi gue mikir juga, kejadian di uks waktu itu ngebuktiin kalo dia adalah orang baik dan gak ngapa-ngapain gue sama sekali.
Pinggiran bibir bawah gue gigitin. Gue bingung banget harus gimana.

Dirga yang melihat datar gue main tarik tangan gue aja. "Udah yuk ikut gue aja. Gak bakal gue apa-apain kok. Gue janji nih," katanya sambil ngancungin jari kelingkingnya.

"Janji ya?" ucap gue ragu sembari ngebalas acungan kelingkingnya.

Dia ngangguk yakin dan nepuk jok motor belakangnya, nyuruh gue buat segera duduk.

Gue duduk dan yakinin diri gue. Dirga baik dan semoga dia bisa dipercaya.

Eh, gue inget satu hal.

"Lo bawa helm lebih gak?"

Dirga nepok jidatnya. "Astaga, gue kan cuman bawa helm buat gue. Bentar dulu deh."

Dia nyari-nyari sesuatu di dalam tasnya. Gue yang penasaran ikut nengok.

"Nih," ucapnya sembari masangin gue topi paskibranya dia. Gue yang kaget karena sikap dia plus jarak muka kita yang deket banget langsung membuat gue membeku di tempat.

"Maaf ya, lo pake ini aja dulu. Nanti gue usaha buat nyari jalan yang gak ada polisinya."

Gue yang masih kaget cuman bisa ngangguk dan segera mundurin kepala gue. Duh malu banget. Mana gue keinget terus lagi.

"Btw, rumah lo dimana?" tanya Dirga sambil lihat gue lewat spion. "Kalo jauh lo traktir gue es kelapa di kantin ya. Eh gak deh, traktir gue soto pak le aja. Sabi tuh hehe."

Plak!

"Kepala gue sakit woi! Gila lo, putri pemarah!"

TBC

halooo, sorry ya dua hari kemarin aku gak update karena fullday ditambah tugas sekolah yang makin menggunung.

oiya, mulai sekarang kayaknya aku bakal up dua hari sekali! makasih atas pengertiannya dan sampai jumpa di next chapter!

Dirga ; [LDK] ✔️Nơi câu chuyện tồn tại. Hãy khám phá bây giờ