Manis, Cantik, Selembut Kapas

49 2 1
                                    

Siapa yang tidak tahu Permen Kapas? Atau sering disebut dengan nama Arum Manis atau Gula Kapas. Bentuknya seperti kapas dengan tektur lembut, manis. Pas dimulut langsung meleleh dan hilang. Hem, jadi ingat waktu kecil sering beli ini. Biasanya banyak dijual di taman hiburan atau pasar malam. Dan acara-acara seperti pesta rakyat.

Permen kapas sangat popular di kalangan masyarakat karena harganya yang terjangkau membuat makanan ini banyak digemari

Oops! This image does not follow our content guidelines. To continue publishing, please remove it or upload a different image.

Permen kapas sangat popular di kalangan masyarakat karena harganya yang terjangkau membuat makanan ini banyak digemari. Biasanya menjadi favorit bagi anak-anak. Namun, orang dewasa pun sering membelinya. Sekarang, berapa harganya ya?

Sejak kapankah permen kapas ada? Melansir dari laman kompasiana.com, gula kapas sudah ada sejak abad ke-15. Gula kapas sudah dikenal di Italia sejak abad tersebut dan menjadi makanan favorit. Saat itu, gula kapas tak selembut sekarang. Namun, pada abad ke-19, dua orang bernama William Morisson dan John C. Wharton diidentifikasikan sebagai penemu gula kapas atau permen kapas.

William J. Morisson adalah seorang dokter gigi dari Nashville. Di mana dia juga seorang pengacara, penulis buku anak-anak, pembuat lemak babi palsu dari biji kapas, pembuat perangkat kimia untuk membersihkan air minum dan pemimpin dalam kegiatan politik. Lalu bersama dengan Jhon C. Wharton yang merupakan pembuat permen lokal dari Tennessee, di tahun 1897 mereka bekerja sama menciptakan sebuah mesin listrik peleleh gula pasir yang menggunakan gaya sentrifugal untuk mendorong penciptaan kapas-kapas gula. Mesin ini kemudian dipatenkan pada tahun 1899 dan menjadi mesin permen kapas pertama di dunia.

Selanjutnya keduanya memperkenalkan permen kapas pertama kali di St. Louis World Fair-Amerika Serikat pada tahun 1904 dengan nama "Fairy Floss" (benang peri) dan sukses besar. Mereka berhasil menjual 68.655 kotak dengan harga yang cukup mahal saat itu, yaitu AS$0,25, atau setengah harga dari tiket masuk ke ajang pameran tersebut. Sejak saat itu permen kapas menjadi popular pada masanya hingga kini dan sering dijajakan di setiap acara carnival, festival, sirkus, dan acara ramai lainnya.

Semakin lama permen kapas semakin popular. Bukan hanya di daratan Amerika saja, tapi menyebar ke benua Eropa dan Asia. Dan memuncak saat para pedagang memeperkanalkannya kepada masyarakat setempat.

Selain William Morisson beserta seorang temannya yang bernama John Warton yang mamatenkan mesin in di tahun 1899. Dan di tahun 1900, Thomas Patton serta Josef Delarose mendapatkan hak paten atas mesin ini.

Pertama kali muncul dulu, warna permen kapas hanya putih dan merah jambu saja. Dua warna yang mendominasi. Namun, seiring perkembangan zaman, warnanya pun beragam. Ada merah, biru, ungu, hijau, kuning, dan banyak lagi.

Mungkin jarang ada yang tahu jika nama awal dari permen ini adalah peri benang

Oops! This image does not follow our content guidelines. To continue publishing, please remove it or upload a different image.

Mungkin jarang ada yang tahu jika nama awal dari permen ini adalah peri benang. Dan berganti nama menjadi permen kapas karena bentuknya yang menyerupai kapas. Atau lebih dikenal sebagai Cotton Candy. Namun, di beberapa negara kerap disebut dnegan nama candy floss dan fairy floss.

Ada hari khusus yang diperingati untuk permen kapas ini. Yaitu pada setiap tanggal 7 Desember warga Amerika Serikat memperingatinya sebgai Hari Permen Kapas Nasional. Mereka merayakannnya dengan pertunjukan sirkus, pameran, dan tentu saja ada banyak penjual permen kapas.

Bahann yang digunakan untuk membuat permen kapas ini hanyalah gula dan pewarna makanan. Walaupun terbuat dari gula, tapi permen kapas ini tidak mengandung glukosa yang tinggi. Bila dibandingkan dengan minuman bersoda yang memiliki kadar gula yang jauh lebih tinggi. Permen kapas ini bisa dimakan begitu saja atau dicampur es krim, kue, serta makanan manis lainnya.

Namun bukan berarti bisa terus-menerus mengkonsumsinya. Karena tidak baik bagi gigi. Bisa sakit gigi. Dan bagi mereka yang sedang diet pun, harus diperhatikan kadar gulanya.

Jika dulu biasanya permen kapas hanya berbentuk lonjong atau bulat telur dengan variasi warna merah muda, tapi sekarang sudah bisa dijumpai permen kapas dengan bentuk beragam dan aneka warna pula

Oops! This image does not follow our content guidelines. To continue publishing, please remove it or upload a different image.

Jika dulu biasanya permen kapas hanya berbentuk lonjong atau bulat telur dengan variasi warna merah muda, tapi sekarang sudah bisa dijumpai permen kapas dengan bentuk beragam dan aneka warna pula.

Lalu, bagaimana cara membuat permen kapas?

Adapun cara serderhana yang bisa dilakukan untuk membuat permen kapas adalah dengan menyiapakan alat dan bahannya. Alat yang kita butuhkan yaitu mesin permen kapas, stik yang terbuat dari bambu atau dari gulungan kertas manila pun bisa, dan plastic untuk pembungkus.

Setelah alatnya tersedia, siapkan pula bahannya. Yaitu: gula pasir, pewarna makanan, dan perasa sesuai selera.

Cara membuat permen kapas:

1. Panaskan loyang dalam mesin. Lalu, setelah panas masukkan gula pasir sekitar 1-2 sendok beserta sedikit pewaran dan perasa.

2. Nyalakan mesin pemutar. Tunggu sekitar 2-3 menit.

3. Jika gula telah berubah menjadi serat-serat benang seperti kapas segera kumpulkan. Gulung menggunkanan stik yang sudah disediakan hingga habis. Bentuk pula sesuai dengan keinginan.

4. Kemudian masukan ke dalam plastik dan ikat.

Di era modern saat ini, bentuk permen kapas sangat beragam. Banyak dijumpai penjual

Permen kapas yang membuat permen ini dengan aneka bentuk menarik. Seperti bentuk bunga yang cantik atau bentuk hati yang berwarna merah. Terlihat menggiurkan. Dan pastinya ingin membelinya juga. Masih ingatkah, kapan terakhir kali kamu membeli permen kapas?

Sumber:

Gambar dari Pinterest.

https://www.kompasiana.com/wakuliner/5c0f8fc543322f7ca83ec3c3/yuk-kita-mengenal-jenis-jenis-gulali-dan-asal-usulnya

https://m.fimela.com/lifestyle-relationship/read/4075815/mengenal-sejarah-gula-kapas-atau-cotton-candy

https://www.kerjausaha.com/2013/03/usaha-kembang-gula-cotton-candy-untuk.html

https://www.feedme.id/santai/46015/fakta-permen-kapas-permen-favorit-semua-kalangan

https://sites.google.com/site/thesweetestcottoncandy/

https://bobo.grid.id/amp/08915594/5-fakta-menarik-permen-kapas-si-lembut-merah-muda-yang-manis-dan-enak?page=all

INNEFABLE - To Being AuthorWhere stories live. Discover now