13

64 14 2
                                    

Semester genap 2017/2018.

Pada semester ini Joy sudah tidak lagi berurusan dengan Dhiya atau Je secara personal.

Thanks to akademik, agri kelas C dan kelas D tidak pernah sempet bisa papasan di kampus. Jadi Joy samsek gapernah ketemu Dhiya lagi sejak pasca. Namun Joy masih ketemu Je di BEM karena semester ini Joy diterima jadi salah satu staf kementerian luar negeri di BEM Faperta.

Je kebetulan juga jadi staf kemenlu juga. Alasan Je tahun ini mendaftar jadi staf lagi bukannya BPH (badan pengurus harian) karena dia udah kongkalikong sama Fauzan, "Kalau gua jadi menteri luar negeri, lo bantuin gua ya, Je." begitu kata Fauzan waktu liburan natal.


Beberapa tahun terakhir, semester genap selalu erat kaitannya dengan bulan puasa. Sebagai anak kos newbie, angkatan 2017 bakal ngerasain puasa pertamanya di perantauan.

"Ih gila ga kerasa udah jam 5 anjay. Tar lagi adzan nih." kata Jimmy.

Lisa menoyor lengan Jimmy. "Pale lu bentar lagi. Masih 30 menitan ya!"

"Udeh napa. Lu berdua ribut mulu, awas tiba-tiba jadian." ucap Vino jengkel.

"NGGAK AKAN!" teriak Lisa dan Jimmy serentak.

"Ude ude udeee. Ayo ke depan, katanya mo nyari takjil." Yera menengahi.

Setelah genjatan senjata antara Vino dengan Lisa dan Jimmy, mereka berjalan dari Faperta ke trotoar depan gerbang kampus utama. Di sana banyak banget yang jual takjil. Dari kue-kue, gorengan, aci-acian, sampe minuman berbagai jenis. Biasanya yang jualan juga anak-anak kampus, tapi ada juga beberapa warga sekitar.


5 hari puasa ini sih, anak kelasan C suka berburu bukaan bareng. Bahasa kerennya mah takjil hunter. Dari masjid kampus sampe masjid yang kearah kabupaten. Asal makan gratis mah, sejauh apa juga tetep diserbu. Nah abis buka puasa, biasanya mereka juga tetep stay di masjid sampe taraweh.

Mereka lagi ngaso di tangga masjid kampus abis taraweh sambil makanin cilok.

"Eh lo pada kalau sahur makannya gimana?" tiba-tiba Freya nanya.

"Gua biasanya beli dari malemnya sih, biar pas sahur tinggal makan. Yaa kalo bangun lebih pagi bisa dipanasin di mejikjer." jawab Jovan sambil nusuk ciloknya.

"Gua catering sih. Mana kadang cateringan gua suka dicolong orang lagi," gerutu Lisa.


Vino ketawa kenceng banget sampe di sssttin pengurus masjid.

"Kok bisa dicolong dahh, Lis? Terus lo makan apaann?" Joy bertanya.

"Au dah. Kan cateringnya digantungin gitu di pager kosan. Ada ae oknum yang ngambil. Yaa, gua sempet nanya si di grup kosan tapi kaga ade yang ngaku. Posthink ajalah gua, siapa tau yang ngambil emang membutuhkan." Lisa menghela nafas, "Kalo dicolong, gua biasanya makan nasi pake abon sih." lanjutnya.

Joy menepuk punggung Lisa. Kasian juga makan nasi pake abon doang.

"Kalau Joy sama Yera biasanya beli makan bareng ya?" Jimmy sok nebak-nebak.

"Kaga sih, kalau sahur biasanya makan bareng Ibu kos. Gratis lagi. Baik banget ya ibu kos gua." kata Yera, dari nada bicaranya kedengeran bangga.

Anak-anak langsung menatap Yera dan Joy. Mereka terlihat sangat iri.


Weekend pun tiba. Joy memutuskan bangun sahur lebih pagi dengan niat membantu Tante Irene nyiapin makanan. Joy agak terkejut mendapati Raka, Niel, dan Haikal yang lagi di dapur.

eunoia. (au)Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang