Indonesia

9.8K 260 15
                                    

Terus terang aku kepingin sekali bertemu dengan nabi Muhammad dan ingin mengajaknya untuk hidup di abad XX ini dan memberikan jawaban jawabannya. Aku sudah kurang percaya pada orang-orang yang di sebut pewaris-pewarisnya.¹³

Aku tidak mengerti keadaan di INDONESIA ini. Ada orang yang sudah sepuluh tahun jadi tukang becak.  Tidak meningkat-ningkat. Seorang tukang cukur bercerita bahawa dia sudah 20 tahun bekerja sebagai tukang cukur. Penghasilannya hampir tetap saja.  Bagaimana ini? ...mengapa ada orang Indonesia yang sampai puluhan tahun menjadi pekerja-pekerja kasar yang itu-itu juga.  Pengetahuan mereka juga tidak meningkat. Apa bedanya mencukur 3 tahun dengan mencukur 20 tahun? Apa bedanya menggenjot becak setahun dengan sepuluh tahun? Ide untuk maju walaupun dengan pelan-pelan masih sangat kurang di Indonesia ini.  Baru-baru ini saya melihat gambar orang tua di majalah. Dia telah 35 tahun menjadi tukang potong dodol pada sebuah perusahaan dodol,  potong-potong ...potong terus, tiap detik, jam, hari, berbulan-bulan, bertahun-tahun, ...sampai 35 tahun. Masya Allah!.

...Alangkah mencekam kebekuan pikirannya. Dia menyerah terhadap keadaannya.

Bagiku dalam bekerja itu harus terjamin dan diperjuangkan dua hal:
1.penghasilan harus meningkat;
2. Pengalaman dan pengetahuan harus bertambah.

Minggu-minggu ini adalah hari-hari yang berat untuk saya, karena saya akan memutuskan  bahwa saya akan bertahan dengan prinsip-prinsip saya. Lebih baik diasingkan dari pada menyerah terhadap kemunafikan.

Soe Hok Gie, Catatan Seorang Demonstran. 30 juli 1968. Hal: 16-19

Soe Hok Gie (MasihAda)Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang