PRAKATA

649 70 1
                                    

Sciamachy's here.

Got that sudden itch to write another "book" and here we are!

Iya, saya tau, udah ada BANYAK writing guide di luar sana (terutama dari Wattpad bahasa Inggris; gila, silahkan cek kalau nggak percaya). Saya juga udah baca beberapa dari mereka, termasuk yang berbahasa Indonesia. Tapi kebanyakan dari mereka menjelaskan hal yang itu-itu pula (EYD, dsb), dan belum lagi sangat sedikit yang ngebahas soal penokohan secara mendetail. Jadi di situlah saya dapet ide buat bikin writing guide ini.

Buku ini bakal merangkum mulai dari masalah-masalah umum dalam character development (mulai dari nama, sifat, you get the gist); sampai ke hal-hal yang detail kayak kelainan mental (sembari saya research di Wikipedia juga, lumayan nambah ilmu). Saya nggak bisa menjamin isinya 100% benar, karena setiap manusia dan setiap buku punya kesalahan masing-masing. Kalau ada fakta yang salah atau saya tiba-tiba jadi terlalu objektif saat ngejelasin suatu topik, puppy please segera hajar saya habis-habisan di kolom komentar. Because you can never get enough criticism in a lifetime.

Selamat membaca (dan menulis), Wattpadders Indonesia!

***

Btw, bagi yang belum tau apa itu character development, ini deskripsi dari saya:

Character development adalah bagaimana cara kalian membentuk sebuah tokoh dari sekadar gambar siluet di atas kertas menjadi manusia yang bertulang, berdaging, dan memiliki prinsip-prinsip serta kepribadian sendiri. Bagaimana cara kalian membedakan antara sifat tokoh A dengan tokoh B dengan tokoh C. Bagaimana cara kalian menciptakan tokoh tersebut agar terlihat realistis, relatable, dan bisa bikin pembaca kalian berpikir "wah ini tokoh gue banget nih" atau "astaganaga pengen gue bejek-bejek nih villain sampe mati". Coba cari di Google deh. 

Dan btw lagi, karena saya penulis Fantasi, jadi sebagian besar materinya mungkin lebih cocok diaplikasikan buat tokoh dari genre senada. Tapi saya bakal berusaha agar seumum mungkin, kok. We'll see how this goes!

Character Development Galore!Where stories live. Discover now