Berdzikirlah dengan JARI TANGAN KANANMU

3.5K 232 11
                                    

Berdzikir jari

Kalau saya lihat, masih banyak muslim yang berdzikir dengan biji tasbih atau mereka kadang berdzikir dengan kedua tangan-nya. Apa benar yang diajarkan Rasulullah Sholallahu Alaihi Wassalam tentang dzikir ini begitu ? Atau mungkin malah memang tidak ada petunjuk dari hadits atau Al-Qur'an ?

Tidak, Islam agama yang lengkap, saking lengkapnya dalam urusan mau masuk kamar mandi pun ada aturan dan petunjuknya. Saat di dalam kamar mandi pun ada pula aturan yang menjelaskan adab di dalam kamar mandi, bahkan saat mengeluarkan kotoran pun dijelaskan pula aturan-nya. Sungguh lengkap sekali bukan 🙂

Berdzikir dengan tangan kanan, bagaimana ?

Sebelum ngebahas bagaimana, kita mesti tahu dulu apa memang ada aturan dari hadits atau Al-Quran yang menjelaskan hal tersebut.

Rasulullah shallallaahu 'alaihi wa sallam bersabda,

"Hitunglah (dzikir) itu dengan ruas-ruas jari karena sesungguhnya (ruas-ruas jari) itu akan ditanya dan akan dijadikan dapat berbicara (pada hari Kiamat)." (HR. Abu Dawud, no. 1345) [Tuhfatul Ahwadzi Syarh Sunan at-Tirmidzi]

Nah, sudah ada hadits yang menyebutkan tuh untuk berdzikir dengan ruas-ruas jari. Sebentar..hadits ini tidak menyebutkan dengan ruas-ruas jari apa ? tangan atau kaki ? *lebih kritis membaca text hadits*.

Dalam hadits yang lain disebutkan.

"Saya melihat Rasulullah bertasbih (berdzikir) dengan (jari-jari) tangan kanannya."

(HR. Abu Dawud, II/81, at-Tirmidzi, V/521, Shahiihul Jami', IV/271, no. 4865).

Hadits ini lebih jelas kalau yang dimaksud dengan ruas-ruas jari adalah ruas jari tangan.

Mungkin teman ada yg berpikiran.

"yak iyalah pake jari tangan, masa pake jari kaki, gak logis banget ?"

Eeee..saya malah pernah dengar kalau agama itu bukan pake logis atau apa. Sami'na wa Atho'na, kami mendengar dan kami taat. Kalau pake logis, coba jelaskan kepada saya kenapa saat kita berwudhu lalu kita buang air kecil. Pertanyaan-nya kenapa kita harus berwudhu kembali ?? padahal kita kan buang air, yang kotor itu kan kemaluan kita, kita bersihkan saja kemaluan kita dan tidak mengulangi wudhu ??

Inilah agama, kadang pikiran atau logika tidak bisa ikut campur. Jangan seperti golongan JIL yang pikiran dan logika jadi nomor satu dalam beragama.

Balik lagi ke topik, lalu bagaimana berdzikir dengan tangan itu ? Saya dapatkan gambar yang menjelaskan cara berdzikir 33 kali.

Dari gambar diatas, semoga lebih jelas yah bagaimana berdzikir dengan tangan. Lihat mulmed...

BERITA ISLAM KEKINIANWhere stories live. Discover now