Novel Fiksi

7.7K 278 7
                                    

Novel Fiksi

Novel fiksi sesuai dengan namanya menceritakan kisah-kisah rekaan yang sangat imajinatif, bahkan setting tempat dalam cerita biasanya tidak mungkin ada dikehidupan nyata. Harry Potter dan Twilight adalah contoh dari novel fiksi. Ada beberapa sub-genre novel fiksi, antara lain:

🔹Sejarah Alternatif, Dimana kisah yang diceritakan merupakan bagian dari sejarah nyata namu disisipi dengan imajinasi pengarang.

🔹Fantasi Komik (Comic Fantasi), Tiruan dari kisah fiksi yang dikemas dengan cerita fantasi.

🔹Fantasi Kontenporer, Novel yang bercerita tentang masa kini namun dibumbui dengan fantasi pengarang. Contoh nyatanya adalah novel Harry Potter yang Om sebut tadi.

🔹Fantasi Kegelapan (Dark Fantasy), Ini akan sedikit memilii bumbu horror, biasanya menceritakan zaman dimana para kesatria masih eksis. Mungkin contohnya adalah novel The Hobbit dan The Lord of The Ring.

🔹Fantasi Erotis, Sama saja dengan novel fiksi yang lain, dengan lebih banyak bumbu erotis pastinya.

🔹Fantasi Dongeng, Cerita ini dikemas sebagai dongeng di masyarakat dengan setting tempat yang sangat lain dari dunia nyata. contohnya adalah novel Narnia.

🔹Fantasy Of Manner, Jenis ini biasanya memparodikan tokoh disebuah cerita yang lain, kemudian ditambahkan hingga tidak seperti tokoh dicerita awalnya.

🔹Fantasi Kepahlawanan (Epik), Jenis ini akan bercerita tentang perang besar antara kebaikan dan keburukan. Contohnya adalah cerita di novel kelasik Mahabarata.

🔹High Fantasy, Kisah yang diangkat berupa pertentangan antara baik dan buruk. Bedanya dengan fantasi kepahlawanan, penekanan di High Fantasy adalah masalah moral.

🔹 Juvenile Fantasy (Fantasi Anak-anak), Jenis Ini bercerita tentang fiksi fantasi untuk anak-anak.

🔹Low Fantasy, Seperti namanya, Low Fantasy adalah sub-genre fiksi yang memiliki sangat sedikit karangan fiksi di dalamnya.

🔹Magical Realism, Menceritakan seolah-olah di dunia ini ada kekuatan magis yang belum diketahui.

🔹Fantasi Mistis, Jenis cerita ini sesuai namanya akan berisi hal-hal mistis. Biasanya cerita berlatar mitologi atau kepercayaan di masyarakat.

🔹Fantasi Roman, Jenis ini bercerita tentang kisah cinta di dunia yang berbeda. Alam yang berbeda. Sejenis Upside Down begitu.

🔹Sword and Sorcery (Pedang dan Penyihir), Sesuai namanya, sub-genre ini menceritakan tentang zaman pertengahan dimana para penyihir dan kesatria masih eksis.

🔹Urban Fantasy (Fantasi Perkotaan), Inti dari sub-genre ini adalah ceritanya terjadi di lingkungan perkotaan, terserah ceritanya bagaimana yang penting settingnya di perkotaan.




Sumber : Si-Pedia

Contoh Novel Fiksi

Oops! This image does not follow our content guidelines. To continue publishing, please remove it or upload a different image.

Contoh Novel Fiksi



Sumber : google.

Serba-Serbi KepenulisanWhere stories live. Discover now