Novel Non-Fiksi (2)

1.6K 69 0
                                    

Berdasarkan Target Pasarnya

Mengetahui masyarakat mana yang akan menjadi pasar dari karya yang kita tulis adalah penting. Selain membantu dalam pemasaran, ini juga mempermudah penyebaran esensi karya kita jika tipat sasaran pasarnya. Berikut ini adalah genre novel berdasarkan target pasarnya :

🔼 Teenlit
sesuai dengan namanya, genre novel ini dikhususkan untuk kalangan remaja. Teen berarti remaja, dan lit berasal dari kata literature yang berarti tulisas kesusastraan. Cerita yang ditawarkan biasanya dengan plot dan gaya bahasa yang sederhana, agar mudah dimengerti pembaca. Dan biasanya teenlit dibaca hanya untuk mengisi waktu luang dan memberikan kesenanangan pribadi (pembaca tidak dituntut untuk berfikir tentang makna yang lebih luas). Biasanya mengangkat cerita Roman, atau sejenisnya.

🔼 Chicklit
Genre novel ini dibuat khusus untuk wanita. Cerita yang diangkat biasanya seputar permasalaan yang dihadapi oleh seorang wanita pada umumnya. Sebenarnya siapapun bisa-bisa saja membaca novel ini, tapi biasanya cerita dari genre novel ini lebih rumi dari Teenlit, bahkan terkadang novel Chicklit mengandung unsur dewasa yang oleh remaja awal mungkin belum dapat diterima.


🔼 Songlit
Sederhananya, genre novel ini mengubah sebuah lagu menjadi novel. Lirik lagu tersebut menjadi judulnya, dan isi lagu tersebut menjadi keseluruhan jalan cerita novelnya.

🔼 Novel Dewasa
Novel Dewasa, tentu saja pasarannya adalah orang dewasa (tua). Karena isinyapun banyak mengandung kisah percintaan yang penuh sensualitas, dan sebagainya. Contohnya adalah novel Saman dan larung karya Ayu Utami.

Sumber : Si-Pedia

Serba-Serbi KepenulisanWhere stories live. Discover now