Thriller

4.9K 208 3
                                    

Genre ini didominasi dengan tokoh-tokohnya yang hidupnya lekat dengan ancaman bahaya.

Subgenre thriller:

a. Aksi
Aliran ini biasanya menceritakan aksi sang tokoh melawan sesuatu, menghadapi sesuatu atau menjawab sebuah tantangan. Untuk membangun ketegangan, film aksi cenderung menampilkan deretan adegan dengan tempo yang cepat.

b. Bencana Alam
Cerita dalam subgenre ini dilatarbelakangi dengan bencana alam seperti gempa bumi, angin topan, atau letusan gunung berapi.

c. Spionase
Atau biasa kita kenal dengan pemata-mataan adalah genre yang identik dengan cerita mata-mata yang klise, contohnya: Charlie’s Angels, Salt, atau James Bond yang mendunia.

d. Psikologis
Seperti halnya horor, genre thriller juga punya subgenre psikologi. Perbedaannya tentu ada pada pemicu konflik psikologinya. Kalau horor psikologis melibatkan makhluk astral, sedangkan cerita pada thriller psikologis digerakkan oleh para tokoh yang memiliki masalah mental atau emosi, seperti kepribadian ganda, psikopat, dan sosiopat.

e. Supernatural
Tokoh-tokoh pada subgenre ini memiliki kekuatan atau alat-alat berbau supernatural seperti sebuah buku catatan bersampul hitam yang mampu membunuh seseorang hanya dengan menuliskan nama orang tersebut ke dalamnya. Benar, aku sedang membicarakan sebuah premis dalam karya manga yang diangkat menjadi anime dan film berjudul Death Note.

Sumber: Kelas Menulis Pra Kita

Pengertian Genre di WattpadWhere stories live. Discover now