Misteri / Mystery

1.8K 95 2
                                    

Cerita dengan genre ini cukup popular. Karena dalam ceritanya sendiri, bagian akhir cerita akan sama pentingnya dengan bagian awal. Karena itu, penulis genre misteri haruslah ahli dalam meracik plot cerita yang menarik. Untuk memahami kisah yang disampaikan penulis pada novel dengan genre ini, pembaca hanya akan menerima potongan-potongan kenyataan pada setiap bagiannya.

Ciri khas dari genre ini ada pada teka-teki besar yang harus dijawab di akhir cerita. Cerita bergenre ini digerakkan oleh petunjuk yang bertebaran sepanjang cerita hingga tamat.

Subgenrenya, yakni:

a. Detektif Amatir
Pernah menonton salah satu seri Upin dan Ipin yang menceritakan petualangan si kembar mencari ayam Tuk Dalang? Nah, dua bocah ini bisa dibilang detektif amatiran.

b. “Siapa pelakunya” yang Klasik
Cerita dari subgenre ini dikisahkan dalam sudut pandang detektif “sungguhan” sebagai orang pertama. Contohnya: Detective Conan.

c. Hukum
Cerita ini mengusung sistem hukum untuk memecahkan sebuah misteri kejahatan. Tidak melulu harus menempatkan cerita ke dalam sebuah situasi di ruangan pengadilan. Buktinya sebuah film Bollywood berjudul Badla berhasil membuat genre ini “hidup” dalam ceritanya, meskipun hanya menggunakan lokasi apartemen pelaku sebagai tempat pengambilan cerita.

Sumber: Kelas Menulis Pra Kita

Pengertian Genre di WattpadWhere stories live. Discover now