Pertama-tama, aku mengucapkan terima kasih dan selamat datang kepada pembaca baru maupun pembaca lama sejak Haunted pertama kali ditulis tahun 2017. Aku ingat draft pertama Haunted yang tidak selesai, sempat menghilang selama setahun dan kembali di tahun 2018 dengan membawa Haunted versi baru yang lebih segar.
Haunted telah berkembang banyak sejak itu hingga akhirnya mendapatkan penghargaan Wattys 2020. Kukira aku sudah tidak bisa lebih beruntung lagi sampai—dengan bangga kuumumkan—Haunted kemudian terpilih dalam program Wattpad Originals.
Jika kalian belum familier, Wattpad Originals adalah sebuah program di mana penulis Wattpad dapat menerima bentuk apresiasi dari hasil karya mereka dalam bentuk materi. Artinya, sebagian besar bab cerita yang terpilih itu akan tergembok, dan kita bisa membukanya dengan kunci ajaib bernama Wattpad Coins. Tentu saja, beberapa bab awal cerita tetap akan bisa dijangkau dengan gratis supaya kalian bisa mendapat gambaran.
Sekarang pertanyaannya adalah bagaimana cara mendapatkan Wattpad Coins?
Pertama-tama, coba pilih salah satu bab yang digembok. Tampilan layar ponsel kalian akan muncul kalimat semacam, 'Show your support for ..., and continue reading this story'. Lalu di pojok kiri atas ada logo emas kecil Wattpad, klik simbol '+ (plus)'. Kalian akan dihadapkan pada pilihan paket koin yang bisa dibeli dengan cara: memakai pulsa; kartu debit/kredit; membayar di Alfamart/Indomaret; dengan GoPay; dan Google Play Credit.
Karena aku mempelajari keuangan, aku akan coba menghitungkan untuk kalian.
Sembilan koin dihargai dengan Rp5.000,00. Satu bab dihargai 3 koin. Mari kita permudah: harga tiga bab berbayar adalah Rp5.000,00. Ternyata ceritanya seru banget, dan tentu saja kalian ingin membeli langsung keseluruhan cerita. Paket 66 koin lebih murah, dan kalian sudah mendapat 22 bab dengan seharga Rp21.000,00. Haunted memiliki 18 bab yang berbayar, sehingga total pengeluaran kalian untuk membeli cerita ini sampai tamat, dihitung dari persentase, adalah Rp17.182,00. Tapi jika kalian memakai premium, maka nilainya akan jauh di bawah itu lagi.
Tentu saja, mungkin bagi sebagian besar orang, itu bukan nilai yang kecil. Aku mengerti jika banyak yang masih belum berpenghasilan dan uang jajannya pas-pasan. Tidak apa-apa, aku akan berusaha menghasilkan karya lain yang lebih banyak supaya dapat dinikmati dengan gratis.
Aku sangat, sangat, menghargai apresiasi kalian. Bagiku, Wattpad Originals bukan sekedar sarana untuk mendapatkan uang. Ini adalah bentuk penghargaan yang berarti dan jalan untuk membawa Haunted ke jenjang yang lebih serius (bukan pernikahan).
Paragraf terakhir kututup dengan terima kasih juga (sungguh, 'terima kasih' adalah tema favoritku sekarang). Terima kasih atas pengertiannya. Terima kasih telah memilih cerita ini sebagai bacaan kalian. Terima kasih atas kesan, pesan, dan komentarnya.
Best Regards,
Natalia
KAMU SEDANG MEMBACA
HAUNTED (tamat)
ParanormalDaisy tidak percaya hantu, hingga salah satu dari mereka mengusik Daisy di kamar barunya. Dibantu paman tirinya-Rylan-yang merupakan seorang indigo, Daisy kira permasalahannya sudah selesai. Tetapi, rahasia milik Rylan justru membuat semuanya bertam...
Wattpad Original
Ada 10 bab gratis lagi