Perspektif vs Horizon Lengkungan Bumi

1.5K 60 6
                                    

Pelajaran disekolah mengajarkan bahwa fenomena horizon di laut katanya membuktikan bahwa bumi itu melengkung dan bukan datar. Kapal yang berada jauh di laut hanya terlihat bagian atasnya saja, karena bagian bawahnya terkena lengkungan bumi. Benarkah begitu?

Mari kita buktikan benar atau tidaknya fenomena horizon bumi ini! Tapi sebelumnya lihat dulu video-video pembuktian dibawah ini !

Percobaan tersebut menggunakan camera Nikon P900 dengan kekuatan 83x optical zoom.

Jika diperhatikan dengan seksama, motor boat dan cone yang kita pikir terkena lengkungan bumi sebenarnya tidak menghilang ketika di zoom

Oops! This image does not follow our content guidelines. To continue publishing, please remove it or upload a different image.

Jika diperhatikan dengan seksama, motor boat dan cone yang kita pikir terkena lengkungan bumi sebenarnya tidak menghilang ketika di zoom. Ini berarti bumi sebenarnya tidak melengkung. Ya kan?!

Jika kita mau berhitung, sebenarnya lengkungan bumi bisa di hitung dengan rumus phytagoras, dengan asumsi jari-jari bumi 6,371 km, lengkungan bumi seharusnya 8 inches/mile, dan dengan data itu kita bisa melakukan percobaan.

Bedford Experimen

Salah satu percobaan yang pernah dilakukan adalah Bedford Experiment, Norkfolk, England. Kanal di tempat itu lurus, tidak terganggu pandangannya dan sangat panjang, yakni sekitar 6 miles atau 9,7km.

Mereka coba membuktikan apakah air kanal tersebut datar atau lengkung. Jika memang benar lengkung dari jarak pandang 9,7km harusnya lengkung 4,8m. Artinya benda yang tingginya kurang dari 4,8m tak akan terlihat dari jarak 9,7km. Maka dilakukanlah percobaan dengan memberangkatkan kapal dikanal itu sejauh 9,7m dan ternyata hasilnya kapal itu masih terlihat utuh menggunakan teropong.

Padahal jika bumi melengkung, mestinya sudut pandang kita akan melenceng di ketinggian 4,8m. Sehingga kapal dan layarnya tidak terlihat.

 Sehingga kapal dan layarnya tidak terlihat

Oops! This image does not follow our content guidelines. To continue publishing, please remove it or upload a different image.
REALITAS FLAT EARTH Where stories live. Discover now