(178) Manhaj Salaf (1)

178 4 0
                                    

'''➖➖🌸🌿MANHAJ🌿🌸➖➖'''

Salaffiyah (MANHAJ SALAF) Itu Bukan Sekedar Seperti Jubah (Pakaian)

• قال العلامة مقبل بن هادي الوادعي -رحمه الله تعالى-:

《 السلفية ليست جبة، يلبسها إذا أراد، وإذا أراد خلعها؛ بل هي التزام بكتاب الله، وسنة رسول الله -صلى الله عليه وعلى آله وسلم- على فهم السلف الصالح 》.

📚 |[ تحفة المجيب (ص 171) ]|

As-Syaikh Al-'Allamah Muqbil bin Hadi Al-Wadi'i rohimahulloh pernah menyatakan :

"As-Salafiyyah (Manhaj Salaf) itu bukanlah (seperti) jubah (baju), yang dipakai bila menghendakinya, ataupun dilepas bila dia menginginkannya.

Tetapi Manhaj Salaf itu adalah : "Berpegang teguh dgn Kitabulloh (Al-Qur'an) dan Sunnah Rosululloh shollallohu alaihi wa sallam, di atas pemahaman generasi Salafus Sholih (yakni sesuai dgn pemahaman dan pengamalan mereka)." (Tuhfatul Mujib, hal. 171)

Catatan :

Ya, benarlah yang beliau sampaikan.

Seseorang yg mengaku berjalan di atas Manhaj Salaf, dia akan terus berusaha memahami dan mengamalkan agamanya, sesuai dgn apa yg dipahami dan diamalkan para ulama Salafus Sholih.

Baik dalam aqidahnya, ibadahnya, akhlak dan adabnya, muamalahnya, dan sebagainya.

Utk itu semua, perlu kejujuran niat, kesungguhan yg besar dlm beramal di atas bimbingan Al-Qur'an dan As-Sunnah, istiqomah di atas keduanya, kapanpun, di manapun dan bagaimanapun keadaannya.

Maka dengan keadaan seperti itulah seharusnya kita menghiasi hidup kita, meskipun terkadang resikonya kita akan dianggap asing dan aneh, berbeda dgn umumnya banyak orang, dalam kehidupan secara umumnya.

Dengan ini pula, berarti untuk berjalan di atas Manhaj Salaf, butuh kesabaran dan istiqomah.

Jika tadak, tentu akan dipakai atau tidak, seperti orang memakai jubah atau baju. Kalau lagi pingin ya dipakai, kalau lg malas ya dilepas.

Nggak....nggak seperti itu ber-Manhaj Salaf. Karena Manhaj Salaf ya beragama Islam itu sendiri, yakni menjadikan Al-Qur'an dan Sunnah Nabi shollallohu alaihi wa sallam sebagai pegangan hidupnya dan prinsip hidupnya.

Sehingga, kapan saja, di mana saja dan bagaimanapun keadaannya, kita wajib untuk terus berjalan di atas agama ini, di atas bimbingan Kitabulloh dan Sunnah Rosululloh.

Wallohu a'lamu bis showab.

Semoga kita diberi kemampuan dan istiqomah, untuk juga menempuh jalan yg pernah ditempuh para ulama Salafus Sholih, yaitu Kitabullah dan Sunnah Rosululloh shollallohu alaihi wa sallam, sampai akhir hayat kita. Aamiin. Wallohu Waliyyut Taufiq.

#Wanitashalihah #manhajsalaf #salafi

@Manhaj_salaf1

〰〰〰

↪Reposted by Sahabat Fillah

Kumpulan Cerita Islami II Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang