Part 1

26.1K 1.5K 362
                                    

Embun berlari-lari kencang mendatangi Rumah Sakit Haji Abdoel Majdid Batoe setelah mobil Departemen Sosial Republik Indonesia yang membawanya berhenti di tempat parkir rumah sakit. Ayah angkatnya dikabarkan tertabrak mobil. Sang Tumenggung, begitu biasa ayah angkatnya di panggil, memang sudah tua dan sakit-sakitan. Makanya Embun selalu khawatir kalau akan terjadi apa-apa dengan bepaknya di tengah jalan, apabila bepaknya harus berjalan berkilo-kilo meter dari Bukit Dua belas menuju desa setempat untuk menjual sedikit hasil panen.

Embun dan semua komunitas satu sukunya biasa disebut dengan panggilan Suku Anak Dalam atau SAD. Mereka semua tinggal di kawasan Bukit 12 dan taman bukit 30 di Kabupaten Bungo, Tebo, Sarolangun dan Batanghari. Mereka adalah suku bangsa minoritas yang hidup di Provinsi Jambi dan Sumatera Selatan. Diperkirakan populasi suku mereka semua berjumlah sekitar dua ratus ribu orang.

"Selamat pagi. Ada yang bisa saya bantu?" Arjuna Wigunatra, Dokter internsip Instalasi Gawat Darurat menyapa ramah seorang gadis cantik berpenampilan etnik dan eksotis yang terlihat sedang berdiri kebingungan di depan ruang IGD.

"Pa—pagi Dokter. Saya ingin menjenguk bepak saya. Tadi kata salah seorang kerabat, bepak saya ada di IGD karena menjadi korban kecelakaan la—lalu lintas."

Embun berbicara dengan tergagap-gagap karena suaranya sudah bercampur dengan tangis yang sudah terkumpul di ujung tenggorokannya.

"Korban tabrakan lalu lintas? Apakah orang yang anda maksud adalah kepala suku primitif Suku Anak Dalam? Pak Tumenggung?"

Arjuna kaget saat gadis cantik ini mengatakan bahwa dia adalah anak dari kepala suku yang baru saja ia tolong tadi. Bagaimana mungkin gadis yang berpenampilan normal ini mempunyai seorang ayah yang wajah nya bagaikan langit dan bumi dengan gadis ini?

Kepala suku yang sedang sekarat itu berpenampilan begitu primitif dengan pakaian kusut dan banyak robeknya. Wajahnya seram dan tegang walau sedang dalam keadaan sekarat sekalipun. Kulitnya kasar, hitam dan gersang. Ia juga tidak menggunakan alas kaki dan berlumur lumpur.  Bergelang dan berkalung layaknya dukun dengan rambut yang kering rapuh serta kuku jari jemari yang panjang dan hitam. Sama sekali tidak cocok dengan kulit putih bening bersih gadis ini.

"I—iya itu be-- a—ayah saya. Tolong antarkan saya padanya. Na—nama saya Embun Pagi Nauljam." Saking cemasnya, untuk mengucapkan beberapa patah kata saja Embun kesulitan.

"Saya dokter Arjuna Wigunatra. Ayo saya antarkan anda kesana." Tanpa berpikir dua kali Embun langsung saja mengikuti langkah-langkah panjang sang dokter.

"Bepakkkk!!! Bepak kenapa ini?" Embun berteriak histeris saat melihat keadaan bepaknya yang sangat menyedihkan dengan berbagai macam selang dan alat bantu pernafasan. Bepaknya yang biasa kuat dan gagah tampak begitu lemah saat ini.

Di samping bepaknya tampak dua orang laki-laki kota yang berwajah sangat mirip namun berbeda generasi. Sepertinya mereka ini adalah ayah dan anak. Tetapi untuk apa mereka berdua ada disini? Lagi pula sejak kapan bepaknya mengenal orang-orang kota yang biasanya sombong seperti mereka-mereka ini?

"Em—embun. Ayo beri sa—salam pada suami dan ayah mertua mu?" Dengan nafas tersengal-sengal perintah bepaknya tetap tidak terbantahkan.

"Apa?!!! Su—suami? Kapan Embun menikah, Bepak?!" Embun kebingungan.

"Baru saja, N—nak. Beberapa menit yang lalu bepak telah menikahkan ka—kalian. Masalah do—dokumen dan surat nikah, besok akan diurus oleh P—pak kepala de—desa. Dengar Embun, se—setelah bepak pergi, Embun akan tinggal dengan suamimu ini. Ber—bakti lah pada suami mu. B-- bepak merasa waktu bepak sudah dekat untuk menyusul indukmu di sana. Se—lamat tinggal, putri—ku."

DUA SISI (Baca Part Lengkap Di Karyakarsa Innovel, KBMapp, GoodNovel)Where stories live. Discover now