(TJ) Kajian Islam Syameela 10

0 0 0
                                    


(KIS) Kajian Islam Syameela
=======================
     
🌐♻🌐♻🌐♻🌐♻🌐

*~Khawatir hati mati ~*

❓2036. Jatim #3
Saya mau tanya saya sudah berusaha menjaga shalat lima waktu dan amalan amalan lainnya, tetapi belum juga bs menikmati nikmatnya ibadah yg semestinya. Justru perasaan was was dan fikiran buruk selalu muncul ketika sholat, sudah berusaha melawan dan tetapi hati tetep nyesek sperti ada ganjalan :( bagaimana cara mengatasinya saya takut hati saya benar benar mati tak bs lagi meniikmati nikmatnya ibadah kepadaNYA . Jazzakallahu khair

💧 Jawaban :

2036. Wa'alaikum salam warohmatulloh wabarokatuh

Memperkaya dzikir kepada Allah Ta’ala, membaca al-Qur’an, berdoa kepada-Nya dengan menyebut nama-nama-Nya yang maha Indah, dan mengamalkan ketaatan kepada-Nya adalah bagian amalan-amalan yang harus ditempuh demi menggapai ketenangan hati.

Allah Ta’ala berfirman :

الَّذِينَ آمَنُوا وَتَطْمَئِنُّ قُلُوبُهُمْ بِذِكْرِ اللَّهِ أَلا بِذِكْرِ اللَّهِ تَطْمَئِنُّ الْقُلُوبُ

_“Orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan berzikir (mengingat) Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenteram”_ (QS.Ar-Ra’du : 28).

Maknanya dengan berzikir kepada Allah Ta’ala segala kegalauan dan kegundahan dalam hati akan hilang dan berganti dengan kegembiraan dan kesenangan. (Taisiirul Kariimir Rahmaan : 417).

Pun demikian ketahuilah bahwa dengan semakin kuat dzikir seorang hamba dan ketaatannya pada Alloh , maka *semakin kuat pula godaan syaithon* terhadapnya. Maka *menjaga keikhlasan dalam beribadah Dan selalu berikhtiyar maksimal Untuk selalu istiqomah adalah harus benar-benar dikuatkan*, Demikianlah pesan Imam Ibnu Qoyyim Al Jauziyyah dalam Tulisan nasehat penuh hikmahnya.

Wallahu a'lam.
==========================

*~Menyusui lebih dari 2 tahun ~*

❓2037. Sulawesi #02
Asslamu alaikum wr.wb
Saya mau bertanya
Apakah msh boleh menyapih anak yg usiax lebih dari 2 tahun, sedangkan produksi asi ibunya masih sangat banyak. Bagaimana hukumnya?
Anak ini jg asi ekslusif tanpa campuran sufor selama 2 tahun 2 bln ini..
Syukron

💧 Jawaban :

2037. Wa'alaikum salam warohmatulloh wabarokatuh

Menyapih anak lebih dari 2 th adalah *mubah* sebagaimana hal itu dilakukan kurang dari 2 th dengan catatan tak membahayakan baik bagi bayi maupun ibunya.

Dalam QS.Al-Baqarah : 233 Al Imam Al-Qurthubi mengatakan dalam tafsirnya :

“Kalimat ‘bagi yang ingin menyempurnakan penyusuan‘ dalil bahwa menyusui selama dua tahun tidak wajib. Boleh menyapih sebelum dua tahun. Batasan dua tahun ini tujuannya adalah untuk memutus perselisihan antara suami istri dalam menentukan masa menyusui, sehingga jika bapaknya menginginkan agar anaknya disapih sebelum dua tahun, sementara ibu tidak rela, maka bapak tidak boleh memaksakan. Dengan demikian, *lebih atau kurang dari dua tahun hanya boleh dilakukan selama tak membahayakan anak atau ibu dan sesuai kesepakatan kedua orang tua*. (Al-Jami’ li Ahkam Al-Quran : 3/162).

Wallahu a'lam.
=========================

*~Mahar berupa sebuah surat di dalam Al-Quran ~*

❓2038.Sumatra4
Assalamu'alaikum afwan  sebelumnya saya mau tanya.
Zaman skarang kan bnyak akhwat yg menikah dgn maharnya sebuah surat di dlm Al-Quran misalnya surah arrahman tanpa memakai mahar yg lain seperti uang.
Apakah hal itu di perbolehkan?
Jazakumullah atas jawabannya

rekap kajian dr grup syameelaWhere stories live. Discover now