(TJ) Kajian Islam Syameela 13

0 0 0
                                    


(KIS) Kajian Islam Syameela
=======================
     
🌈❄🌈❄🌈❄🌈❄🌈

*~Ingin segera menyempurnakan agama (menikah) ~*

❓2055.  Jateng 4
Assalamualaikum ustad, afwan mau tanya. Umur saya 28th ingin segera menyempurnakan agama (menikah) ingin proses ta'aruf, tapi blm ada calon,  sdh minta dicarikan sm ortu selalu jwbnya sabar bila sudah waktunya jodoh akan datang sendirinya. Seringnya dengerin kajian tentang pernikahan, ingin segera menyempurnakan sunnah Rosul (menikah). Bagaimana solusinya agar mendapatkan jodoh yang baik agamanya, sedangkan setiap hari aktivitas saya di rumah(usaha) Mohon jawabannya,  Jazakumulloh

✴ Jawaban :

2055. Wa'alaikum salam warohmatulloh wabarokatuh

Menyegerakan pernikahan adalah bagian dari sunnah bagi yang sudah mampu. Menikah itu memang berjodoh,  namun tuk mendapatkannya juga *harus diringi kaya akan ikhtiyar dan kuat dalam do'a.* Maka Tempuhlah Keduanya semaksimal mungkin niscaya Alloh kan mudahkan segalanya.

Diantara *bentuk ikhtiyar yang dapat ditempuh adalah* dengan melibatkan orang ketiga dalam meraih jodoh yang telah Alloh taqdirkan.Mengkomunikasikan hal tersebut dengan murobby atau murobbiyah misalnya. Pun demikian percayakanlah semua itu padanya dan tutuplah segala potensi dan celah untuk berkomunikasi pribadi dengan orang yang akan diproses pada anda. Semua itu Karena berharap barokah, Jangan biarkan potensi barokah itu berkurang bahkan hilang karena sebab proses perjodohan yang salah.

Wallahu a'lam.
==========================

*~Menghadapi suami ~*

❓2056. Bekasi# 2
Assalamualaikum
Mau nanya masalah rumah tangga  :

1.Bagaimana menghadapi seorang suami yg kalo bicara selalu nadanya temperamen/suara meninggi
Padahal istrinya hanya bertanya hal2 biasa.
Bolehkah sang istri ikutan kesal dan jadi marah2 juga sama suaminya?

2. Apakah benar semua pekerjaan rumah tangga (memasak, mencuci, membersihkan rumah) adalah kewajiban istri?

Bolehkan istri meminta suami membantu pekerjaan rumah tangga, karena tidak punya asisten rumah tangga jadi istri maunya pekerjaan dibagi tugas.
Bolehkah istri menuntut suami inisiatif utk membantu pekerjaan rumah tangga.....dan jika suami tidak inisiatif..istrinya jd ngomel2?
Berdosakan sikap istri yg suka ngomel terhadap suaminya?
Apakah sikap ngomel itu termasuk durhaka terhadap suami?

3. Bila hal2 itu termasuk dosa, bagaimana caranya bertaubat?

4. Bagaimana jika penghasilan suami kurang, tapi masih banyak hutang cicilan yg harus dilunasi, sementara suami tidak mau mencari nafkah tambahan diluar pekerjaan pokoknya ?
Apakah istri boleh meminta/mendesak suami utk mencari nafkah tambahan?

5. Apakah istri boleh menyuruh suaminya solat pada waktu awal...
Dan jika suaminya ga bergerak juga utk segera solat....apakah istri boleh mengingatkan dengan nada mendesak sehingga terkesan cerewet?

✴ Jawaban :

2056. Wa'alaikum salam warohmatulloh wabarokatuh

1 🍬. Seorang istri hendaknya *bersabar* atas beberapa nota kekurangan suami pun demikian sebaliknya. Sabar dalam menghadapai tempramennya suami dalam berbicara misalnya. Benteng sabar adalah salah satu wujud ikhtiyar yang harus dikuatkan untuk menghadapi hal tersebut dan jangan biarkan emosi sang istri tersebut diatur oleh tempramen suaminya. Pun demikian *jadikanlah hal itu sebagai peluang amal sholih dan kuatkanlah dengan do'a.*

2 🍬. Para ulama' berbeda pendapat dalam hal ini. Sebagiannya menyatakan bahwa hal tersebut adalah *tergantung 'Urf ( kebiasaan setempat)  yang berlaku.*

rekap kajian dr grup syameelaDonde viven las historias. Descúbrelo ahora