(TJ) Kajian Islam Syameela 16

0 0 0
                                    

(KIS) Kajian Islam Syameela
=======================    
🥒🍄🥒🍄🥒🍄🥒🍄🥒

*~Pilih berobat ke dokter kandungan laki2 atau wanita tapi non muslim ~*

❓2094. Other#02

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
Pengasuh Syameela (semoga Allah berkahi). Saya ingin bertanya ttg berobat ke dokter kandungan. Bila di suatu daerah hanya ada dua dokter spog/dr kandungan, yg satu laki2, dan yg satu lagi wanita tp non muslim, manakah yg lbh baik kita datangi? Syukron atas jawabannya.

🌼 Jawaban :

2094. Wa'alaikum salam wa rohmatulloh wabarokatuh

Dalam hal ini maka *berobat pada non Muslim sesama jenis maka lebih dianjurkan dari pada berobat pada dokter Muslim laki-laki* melihat kuatnya dalil-dalil yang melarang masalah tersebut, keumuman larangan ikhtilath misalnya, dengan catatan dokter Kafir tersebut dapat dijamin keamanan dan kejujurannya.

Syeh Ibnu Muflih dalam kitab "Al Adab Asy-Syar'iyyah" menjelaskan bahwa jika ada orang yahudi atau nasroni yang pandai dalam bidang pengobatan dan bisa dipercara oleh masyarakat, diperbolehkan mengeluarkan biaya untuk berobat pada orang tersebut begitu juga diperbolehkan mempercayai apa yang dikatakannya tentang hal-hal yang berkaitan dengan pengobatan jika memang tidak diragukan kebenarannya. *Namun, tidak diperkenankan berobat pada non muslim selama masih ada orang islam yang mampu melakukan pengobatan tersebut.*

Syaikh Ibnu Hajar Al Haitami saat ditanya tentang hukumnya berobat kepada orang kafir, beliau menjawab : " Diperbolehkan bagi seorang muslim untuk berobat kepada orang kafir, meskipun itu kafir harbi (orang kafir yang memerangi orang islam), seperti diperbolehkannya bersedekah kepada orang kafir, namun kebolehan berobat kepada non muslim tersebut jika memang tak ada orang islam yang  mampu menggantikan posisinya, bisa dipercaya dan tidak dikhawatirkan akan mendatangkan bahaya.

Dari keterangan diatas bisa disimpulkan bahwa *berobat pada non muslim itu diperbolehkan dengan syarat tidak adanya orang islam yang mampu menggantikan posisinya*, yang bisa melakukan pengobatan seperti dokter non muslim tersebut.

Wallahu a'lam.
=======================

*~Sangat takut dan tidak mau mendengar Ayat2 Alqur'an ~*

❓2095. Sulawesi #02
Assalamualaikum
Mau Bertanya.... ada Salah satu saudari saya Yang apa Bila mendengar Ayat2 Alqur'an atau murottal dia sangat takut dan dia tdk mau mendengarnya ?

🌼 Jawaban :

2095. Wa'alaikum salam wa rohmatulloh wabarokatuh

Dalam hal ini mungkin saja *ada potensi gangguan jin dalam jiwanya*. Maka bilamana benar adanya sebaiknya segera ambil tindakan tuk *segera meruqyahnya* atau disarannya padanya tuk meruqyah dirinya sendiri bila memungkinkan.

Wallahu a'lam.
=======================

*~Bersin saat sholat ~*

❓2096. Sulawsesi #02
Assalamualaikum
Ust..kalo bersin saat sholat, apakah wajib mengucap alhamdulillah juga?

🌼 Jawaban :

2096. Wa'alaikum salam wa rohmatulloh wabarokatuh

*Syaikh ‘Abdul ‘Aziz bin ‘Abdillah bin Baz* rahimahullah dalam Majmu’ Fatawa wa Maqoolaat Mutanawwi’ah menjelaskan :

"Disyari’atkan baginya untuk mengucapkan “Alhamdulillah” karena telah terdapat dalam hadits yang shahih bahwasanya Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mendengar seseorang mengucapkan “Alhamdulillah” setelah ia bersin dalam shalat. *Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pun tidak mengingkari perbuatannya*. Bahkan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata, “Sungguh aku melihat seperti ini dan seperti ini, yaitu seluruh malaikat berada di belakangnya dan mencatat amalannya.” *Karena ucapan Alhamdulillah adalah bagian dari dzikir dan sama sekali tidak mencacati shalat*."

rekap kajian dr grup syameelaWhere stories live. Discover now