제 1 과 - 한글 (Hangeul)

278 7 4
                                    

Pasti banyak di antara kalian yang suka dengan Korea, entah itu kpopnya, kdramanya, kulturnya, teknologinya atau pun bahasanya.

Belajar bahasa korea itu susah-susah gampang, karena bahasa korea memang aksaranya berbeda. Tapi, kalau kamu sudah bisa menulis dan membaca hangeulnya, ke depannya akan jadi lebih mudah.

Jadi, siap belajar Hangeul?

Beda dengan bahasa Indonesia yang huruf abjadnya cuma 26, Hangeul (sebutan abjad/aksara Korea) memiliki lebih dari 30.

Mari cari tahu tentang huruf vokalnya dulu.

Seperti yang kita tahu, huruf vokal dalam bahasa Indonesia terdiri dari A, I, U, E, O. Tapi dalam hangeul, huruf vokalnya terdiri dari A ㅏ, I ㅣ, U ㅜ, E ㅔ, AE ㅐ, O ㅗ, EO ㅓ, EU ㅡ, YA ㅑ, YO ㅛ, YU ㅠ, YAE ㅒ, YE ㅖ, WA ㅘ, WAE ㅙ, WO ㅝ, WE ㅞ, EUI ㅢ, WE/OE ㅚ, WI ㅟ. Banyak ya?

Lalu gimana dengan konsonannya?
Konsonan hangeul terdiri dari G ㄱ, N ㄴ, D ㄷ, R/Lㄹ, M ㅁ, B ㅂ, S ㅅ, NG ㅇ, J ㅈ, H ㅎ, KH ㅋ, TH ㅌ, PH ㅍ, CH ㅊ, KK ㄲ, DD/TT ㄸ, BB/P ㅃ, SS ㅆ, C ㅉ.

Nah gimana cara pakainya nih?
Harus kalian ketahui bahwa huruf vokal dalam bahasa korea itu gak bisa berdiri sendiri. Jadi harus selalu digabung dengan konsonan. Kalau pun vokalnya sendiri (misalnya seperti suara = su-a-ra) harus ditambahkan dengan ㅇ. Jadi, bukan su-ㅏ-ra, tapi su-아-ra.

Tapi, jika huruf vokal bertemu dengan konsonan, huruf konsonan akan menggantikan si ㅇ-nya. Misalnya, bentuk hangeul Mama bukan ㅁ아ㅁ아 tapi 마마, karena ㅇ-nya (vokal) bertemu dengan ㅁ (konsonan).

Contoh lain:
Sapu = ㅅ 아 ㅃ 우 → 사뿌
Makan = ㅁ 아 ㄲ 아 ㄴ → 마깐
Suami = ㅅ 우 아 ㅁ 이 → 수아미

Nah sekarang untuk latihan, coba kamu tulis bentuk hangul dari
1. Meja
2. Buku
3. Nasi
4. Indonesia
5. Kalajengking

Kalau ada pertanyaa, langsung tanya aja di kolom komentar ya! Kalau aku bisa jawab, pasti akan aku bales :)

Hanguk GO! - Let's learn fun KoreanΌπου ζουν οι ιστορίες. Ανακάλυψε τώρα