제 3 과 - 발음법칙 #2 (Bareum beobchik)

70 1 0
                                    


Halo! Apa kabar nih? Gimana dengan materi sebelumnya? Udah pada ngerti belum? Hehehe Nah kali ini aku akan melanjutkan materi tentang Aturan pengucapan selanjutnya, yaitu Aturan pengucapan jenis kedua dan ketiga, yaitu: Konsonan 'ㅇ' , dan Konsonan ㅂ, ㅍ, ㅁ, ㄴ

2. Pengucapan Konsonan ㅇ

Pernah liat kata 널믿어 (Neol mideo) di drama-drama korea? Atau mungkin 걸어가자! (Georeo gaja!) Nah kali ini aku mau bahas tentang huruf ㅇ yang ada dalam kata 믿어 dan 걸어.

Perlu diingat, ㅇ pada topik kali ini bukan ㅇ sebagai akhiran NG. Gimana caranya tahu kalau ㅇ gak dipakai sebagai –NG? Gampang banget! Huruf ㅇ hanya dibaca sebagai -NG kalau diletakkan sebagai akhiran seperti pada kata 사랑 (Sa-rang=cinta), 마당 (Madang=halaman), 상상 (sangsang=imajinasi/bayangan) dan akhiran-akhiran ㅇ lainnya.

Nah di topik kali ini huruf ㅇ yang dibahas bukan sebagai akhiran tapi hanya sebagai vokal biasa seperti 아 이 우 에 오 애 어 dan seterusnya. Nah apa hubungannya ya sama aturan pengucapan kali ini?

Jadi, konsonan akhir yang diikuti sama huruf ㅇ itu pengucapan konsonan akhirnya akan PINDAH menggantikan posisi ㅇ. Contohnya, (1) 믿어 (Percaya) = Secara penulisan/penggalan dibaca 'Mid-eo' tapi sebetulnya dibaca Mi-deo. (2) 걸어 (Berjalan) = Dibaca Geo-reo, bukan Geol-eo. (3) 사람이 = Dibaca Sa-Ra-Mi, bukan Sa-Ram-i.

3. Konsonan ㅂ,ㅍ,ㅁ,ㄴ

Aturan pengucapan ketiga ini kita sebut aja aturan pengucapan BaPakMaNa+Nih biar lebih simpel! Nah, kenapa sih dengan BaPak MaNa+Nih? Jadi, jika ada konsonan Bapak(ㅂ dan ㅍ) yang dilanjutkan/ketemu dengan huruf Mana (ㅁ atau ㄴ) maka pengucapan konsonan BaPak (ㅂ/ㅍ) akan berubah jadi ㄴ . Pasti bingung? Hehehe biar gampang yuk pake contohnya!

Apa kamu pernah dengar pertanyaan 'Bap meogeosseo? / 밥먹었어?' (Udah makan?) di drama-drama korea? Nah pengucapan 밥 (Bap) pada kalimat tanya itu ternyata berubah loh! Karena setelahnya huruf ㅂ bertemu huruf ㅁ dari kata 먹었어 / Meogeosseo. Sehingga pengucapannya bukan lagi 'Bap meogeosseo' tetapi 'Bam meogeosseo'.

Contoh lainnya! (2) 집무실 (Ruang kerja/ruang kantor) = dibaca Jim-mu-sil, bukan Jib-mu-sil.


Gimana, sampe sini udah paham dengan pengucapan hangeul? Sekarang coba baca hangul-hangul ini! 기억, 벌래, 놀아요, 공식,일합니다.

Hanguk GO! - Let's learn fun KoreanOn viuen les histories. Descobreix ara