제 2 과 - 발음법칙 #1 (Bareum beobchik)

149 3 0
                                    

Halo! Akhirnya aku balik lagi untuk update Hanguk GO! Ada yang sudah gak sabar sama materi selanjutnya? Hehehe Nah, seperti yang kita tahu, di chapter sebelumnya aku sempat ngebahas tentang cara penggunaan Hangeul (한글) dan cara bacanya dengan sederhana. Tapi sebetulnya kalian tahu gak sih kalau pengucapan Hangeul itu ada aturannya, loh!

Buat kamu yang beragama Islam, mungkin pernah mendengar tentang ilmu tajwid? Nah, pengucapan Hangeul pun ada aturan 'tajwid'-nya loh! Nah kali ini, di chapter ini aku akan bahas khusus tentang aturan pengucapan atau yang disebut dengan Bareum beobchik (발음법칙).

Aturan pengucapan Hangeul akan dibagi menjadi beberapa bagian berdasarkan dengan huruf konsonan akhirnya. Misalnya, pada kata Sa-rang (사랑) yang berarti cinta. -Ng- pada kata RaNG adalah konsonan akhir dari suku katanya. Selain itu San (산) yang berarti gunung. –N- pada kata SaN adalah konsonan akhir dari suku kata San (산). Nah lalu apa aturannya?

Untuk beberapa jenis konsonan tertentu yang diletakkan pada akhir suku kata ternyata tidak dibaca seperti seharusnya. Misalnya, kata Sarang tapi ternyata –NG- pada konsonannya tidak dibaca sebagai bentuk –NG-. Nah biar lebih paham, langsung aja kita ke bahas jenis aturan yang pertama di chapter ini!

1. Pengucapan konsonan akhir yang berubah:

a. Semua jenis kata yang berakhiran konsonanㄲ dan ㅋ , pengucapannya akan berubah menjadi huruf K. Contohnya (1) 밖 (Depan) = Pengucapannya Bak bukan Bakk. (2) 부엌 (Dapur) = Bueok bukan Bueokh.

b. Semua jenis kata yang berakhiran konsonan ㄷ (D), ㅅ (S), ㅈ (J), ㅎ (H), ㅆ (SS), ㅊ (CH), ㅌ (TH), pengucapannya akan berubah menjadi huruf T. Contohnya (1) 닫다 (Menutup) = Datda bukan Dadda, (2) 벗다 (melepaskan) = Dibaca Beotda, bukan beosda. (3) 맞다 (Benar) = Dibaca Matda, bukan Majda. (4) 낳다 (Melahirkan) = Dibaca Natda, bukan Nahda. (5) 잤다 (Tertidur, bentuk lampau) = Dibaca Jatda, bukan Jassda. (5) 빛 (Cahaya) = Dibaca Bit, bukan Bich *oops. (6) 밑 (Bawah) = Dibaca Mit, bukan Mith.

*Selain huruf-huruf di atas, pengucapan konsonan sebagai akhiran tetap menyesuaikan bunyi aslinya.

Hanguk GO! - Let's learn fun KoreanWo Geschichten leben. Entdecke jetzt