Tips Mingguan: Kuadran Hero

511 36 0
                                    

TIPS MINGGUAN
Kuadran Hero

Sebagai awalan, sebelum membahas keempat kuadran, akan disebutkan terlebih dahulu kriteria hero dan protagonist.

Hero adalah;
1. Seseorang yang sudut pandangnya kita lihat di cerita.
2. Pendorong sebuah cerita untuk berjalan.
3. Seseorang yang merupakan pengecualian 

Yang membedakan antara hero dan protagonist adalah point ketiga, protagonist bisa saja termasuk pada point ketiga, bisa juga tidak termasuk, sedangkan hero pastilah termasuk dari point ketiga.

Berikut adalah diagram empat kuadran hero;

Dari bawah ke atas merupakan tingkatan dari tak bermoral hingga kebajikan

Oops! This image does not follow our content guidelines. To continue publishing, please remove it or upload a different image.

Dari bawah ke atas merupakan tingkatan dari tak bermoral hingga kebajikan. Dari kiri ke kanan merupakan tingkatan dari terlemah hingga terkuat.

1. Kuadran kanan atas.

Kuadran yang sering digambarkan dan sering digunakan berulang kali sebagai sosok yang sangat kuat dan memiliki nilai keadilan yang tinggi. Kebanyakan cerita yang mengambil karakter di kuadran ini memiliki satu persamaan yang jelas. “Mereka melakukan kebaikan karena mereka baik dan mereka bisa mengalahkan para penjahat karena penjahat itu jahat.”

2. Kuadran kiri atas.

Pada kuadran ini, walaupun sang tokoh utama atau hero memiliki kemampuan super, keberadaannya tidaklah cukup untuk mempengaruhi dunia dalam cerita tersebut. Namun inilah yang memberikan koneksi fundamental karena seperti kita, mereka tidak bisa menyelesaikan masalah hanya karena ingin. Ada banyak orang yang jauh lebih hebat dari mereka dan ada pula aspek lain yang tidak bisa mereka control sepenuhnya dan membuat mereka hanya memiliki pilihan terbatas layaknya kita di dunia nyata yang tidak mampu mengubah politik dunia atau arus perekonomian dunia seorang diri.

3. Kuadran kanan bawah.

Kuadran ini adalah rute kedua yang sering digunakan oleh pengarang untuk membuat cerita sekaligus merupakan rute yang sering disalah pahami, yaitu memberikan kelemahan.

Sebagai contoh;

Contoh salah = kryptonite pada superman bukanlah sebuah kelemahan melainkan “plot device” agar bisa membatasi kehebatan superman itu sendiri, dengan kata lain, selama tidak ada kryptonite, superman tidak terkalahkan.

Contoh salah = kryptonite pada superman bukanlah sebuah kelemahan melainkan “plot device” agar bisa membatasi kehebatan superman itu sendiri, dengan kata lain, selama tidak ada kryptonite, superman tidak terkalahkan

Oops! This image does not follow our content guidelines. To continue publishing, please remove it or upload a different image.

Contoh benar = karakter Dr.Manhatan dari komik watchman. Ia awalnya seorang dokter yang terjebak dalam kecelakaan percobaan molecular dan membuatnya sangat kuat tak terkalahkan. Berbeda dengan superman, kelemahan Dr.Manhatan adalah bagaimana dirinya berhubungan dengan dunia seiring bertambah kuatnya ia. Dia punya mata yang bisa melihat atom bergetar, ia merasakan masa lalu, masa kini, dan masa depan. 

Dan semakin kekuatannya bertambah, ia semakin lama semakin tidak manusiawi. Ia kehilangan kemampuan dasar manusia untuk terhubung dengan nuansa yang sama dengan manusia lain maupun hasrat dari orang-orang pada umumnya hingga pada titik ia melihat manusia tidak lebih sebagai bakteri yang tidak perlu dilindungi.

Memberikan nuansa yang sedih dan kesepian. Ini tidak semudah berkata ia jahat karena kuat, ia hanya menganggap konsep keadilan dari sudut pandang yang sangat berbeda. Pandangan itu pun menunjukkan bahwa keadilan dan kejahatan itu bersifat subjektif tergantung pada siapa kau bertanya.

4. Kuadran keempat.

Kuadran ini adalah kuadran yang sangat jarang digunakan karena bukan hanya moral yang kurang, tapi juga kekuatannya pun juga sama.

https://www.youtube.com/watch?v=xfcgzYjXwtg

Kunjungi akun Instagram kami di @fantasy_thewwg untuk mendapat info dan tips lainnya secara cepat dan singkat seputar fantasi dan Jurusan Fantasi The WWG.

Jurusan Fantasi The WWGWhere stories live. Discover now