53. Setting Up

81 11 0
                                    


Kieran memasang sebuah buku yang tingginya setengah dari manusia dan seberat satu ton pada meja baca buku khusus bertujuan membacanya. 

Dari waktu ke waktu, Kieran membaca,membalik halaman dari buku dan mencatat yang dianggapnya penting. 

Di sekitarnya ada ratusan buku. 

Berbagai sampul terlihat dan dibiarkan menumpuk di dilantai, tetapi tidak satupun buku-buku itu rusak. Kieran menangani buku-buku itu dengan hati-hati. 

Dia bukanlah orang yang hanya bisa  merusak buku. Selain itu, dia telah membuat kesepakatan dengan pustakawan. Dia bisa mengakses semua buku di perpustakaan bawah tanah selama dia memastikan tidak merusaknya. 

Jika tidak, terlepas dari surat yang dia dapatkan dari stasiun Polisi, dia masih akan diusir dari perpustakaan dan harus membayar ganti rugi atas segala kerusakan yang ditimbulkannya.

Selama seminggu terakhir, Kieran berperilaku baik. Dia mungkin tidak mengembalikan buku-buku itu ke rak aslinya, tetapi dia lelah membaca, matanya tampak sangat merah kontras dengan wajahnya yang pucat. Tidak ada yang bisa menyalahkannya. 

Mengingat dia belum cukup istirahat dalam seminggu, bagaimana mungkin ada orang yang menyalahkan dia karena tidak mengembalikan buku-buku berat itu ke tempat asalnya? 

Kieran membalik ke halaman terakhir buku itu, dan menyelesaikannya. 

Dia dengan hati-hati meletakkan buku di depannya dan meletakkan buku terakhir yang belum dia baca di atas meja. Sebelum dia melanjutkan, Kieran sedikit menggosok pelipisnya untuk mengurangi kelelahannya.

Buku-buku itu berat akan tetapi tidak memiliki banyak konten. Alasan mengapa buku dibuat seperti ini adalah karena selama revolusi, penurunan keterampilan kerajinan buku telah membuat orang memilih untuk melestarikan buku seperti ini. Mereka harus menggunakan bahan-bahan yang dibuat khusus dan setiap halaman setebal beberapa milimeter, membuat keseluruhan buku sekitar 50 hingga 60 halaman menjadi sangat tebal dan berat. 

Dan itu hanya satu buku. Ketika seratus buku-buku itu ditambahkan, ada sekitar 5.000 hingga 6.000 halaman. Gagasan untuk membaca semua buku itu tidak masuk akal. 

Terutama ketika mereka berada di topik yang berbeda, seperti sejarah, agama, ilmu kemanusiaan, geologi, dan banyak legenda dan mitos. 

Itu gado-gado raksasa.

Bahkan Kieran, yang hidup dalam generasi informasi yang berlebihan, berpikir itu adalah sakit kepala jika harus melalui semua pengetahuan yang tidak terorganisir ini. 

Tetap saja, dia perlu membaca semua dari buku-buku itu. Dia perlu membuat mata-mata yang mengejar harta itu percaya bahwa dia telah menemukan lokasi harta tersebut. 

Reputasinya saja tidak cukup. Dia membutuhkan tindakan, dan membaca buku-buku tua adalah salah satunya. Mencatat sesuatu yang didapat dari buku bisa dianggap sebagai bonus. 

Adapun apakah mata-mata itu memperhatikan tindakan Kieran? 

Kieran percaya itu. 

Bagaimana mata-mata itu mendapatkan informasi tentang harta karun Gereja Dawn? 

Itu dari buku. Atau semacam kodeks pusaka, atau bahkan mungkin beberapa fanatik yang mengatakannya demikian.

Tidak peduli dari mana mata-mata itu mendapatkan informasi, untuk memverifikasi keaslian sumbernya, dia perlu mengumpulkan lebih banyak informasi.

Tempat apa yang lebih baik dari perpustakaan yang menyimpan semua buku yang pernah dicetak? 

Sama seperti Kieran, mata-mata itu akan berhati-hati untuk tidak terlihat oleh orang lain. 

THE DEVIL'S CAGETempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang