Sequel, Prequel, Spin Off

747 61 3
                                    

Mari mengenal Sequel, prequel dan spin off!

Sequel merupakan bagian lanjutan dari seri pertama (mau novel atau film). Biasanya,  sequel memiliki judul yang sama lalu diimbuhi embel-embel angka 2, 3, dan seterusnya yang menandakan bahwa cerita/film tersebut merupakan lanjutan. Dari segi cerita, sequel memiliki karakter yang sama, dunia yang sama, bahkan sequel seringkali memiliki konsep yang lebih wah (high concept) dari pada seri pertamanya.

Prequel adalah cerita yang dibuat setelah cerita pertama, namun menceritakan kisah yang terjadi sebelum cerita yang pertama atau backstory sang karakter. Karakter utamanya masih sama. Namun karena prequel adalah cerita yang terjadi sebelum kisah pertama, biasanya beberapa karakter penting digantikan oleh karakter lain.

Dalam beberapa cerita, karakter pembantu secara tidak sengaja menarik perhatian pembaca. Karakter yang menarik ini kemudian ditarik dari cerita tersebut dan dibuatkan cerita sendiri dimana ia menjadi karakter utama.

Spin off biasanya berada di dunia yang sama dengan cerita asal mulanya, hanya saja konflik dan karakter lainnya tidak memiliki benang merah kecuali karakter spin off itu sendiri.

Pemateri: Penaabu

•••

QnA

(Q) Yang spin off kan ada penjelasan 'tidak memiliki benang merah' itu maksudnya apa kak? (Marsyasp)

(A) Jadi terpisah alur dari semestinya.

Semisal, kita tahu cerita Danur ... nah spinoff dari Danur itu ada film/novel Asih. (Penaabu)

*

(Q) Sequel bisa nggak sih ditulis beda penulis? Kaya semisalnya novelis A nulis novel, terus ada penulis lain yang kaya ngelanjutin ceritanya. (fridaeveline)

(A) Bisa, kalau ceritanya masih tokohnya itu-itu saja, seperti contoh pembuat anime Naruto dan Boruto... mereka author berbeda. (Penaabu)

(A) Asal ada perjanjian di kedua pihak, dan tidak ada dusta di antara kita kayaknya boleh deh. Jadi partner work. (Nadykeyr)

(Q) Oh, begitu ya.. tapi tetap kena UU hak cipta nggak sih? (fridaeveline)

(A) Harusnya kena, jika pihak yang mau bikinnya tidak berunding dulu dengan author pembuat cerita itu sebelumnya. (Penaabu)

•••

Jika pembaca sekalian menemukan kesalahan atau ingin menanyakan pertanyaan seputar pembahasan, silakan tinggalkan komentar di bawah, ya. Terima kasih. Semoga bermanfaat.

Catatan MenulisOpowieści tętniące życiem. Odkryj je teraz