#76 - [R] : sebuah pengalaman

598 81 69
                                    

[#songoftheday]

“bersedihlah secukupnya."
—secukupnya, Hindia

🎶🎶🎶

halo!

sampai minggu ini, kegiatan apa aja yang udah kalian lakuin selama WFH? menikmati atau malah bosen?😂

kali ini aku berbagi sebuah pengalaman yang menurutku sangat berharga. pengalaman yang harus kubayar cukup mahal. pelajaran bagi kita semua, desainer grafis atau kalian semua yang suka ngedesain. aku nggak ingin kejadian ini menimpa kalian juga, so i will share it to y'all, supaya kalian bisa lebih berhati-hati.

pengalaman ini aku dapat akhir taun lalu. aku lupa tepatnya bulan apa, tapi waktu itu aku lagi penilaian akhir semester. ya kira-kira november desember lah.

malam hari, waktu aku lagi belajar materi penilaian untuk besok, ada sebuah pesan masuk ke whatsappku. liat dari foto profilnya aku udah langsung firasat nggak enak. secepat itu jg aku bisa ngira kalo bakal ada apa-apa. nggak tau juga kenapa bisa gitu.

ada yang bisa nebak bakal ada apa?

lanjut deh.

ternyata yang ngirim pesan ke aku itu salah satu pembuat font di Indonesia. dah lah ya, kalian pasti sudah bisa nebak wkwk. intinya, si pembuat font itu nyampaiin kalo aku melakukan pelanggaran hak cipta font buatannya yang aku pakai di salah satu cover novel buatanku karena aku nggak punya lisensi fontnya.

iya, ini kesalahanku. jadi aku nggak mengelak dan mau bertanggung jawab.

setelah itu, dijelasin denda yang harus aku bayar. sebenarnya harga font yang aku pakai itu cuma sekian ratus ribu rupiah, tapi berhubung ini pelanggaran, aku kena denda dengan harga 10x lipat dari harga aslinya. btw, harga aslinya dalam satuan dolar, jadi dendanya juga harus aku konversi dulu ke rupiah.

pikiranku auto runyam ngebayangin berapa juta yang harus aku bayar. mana itu lagi belajar, hehe kacau deh :') bye ujian.

bagiku, denda sekian juta itu nggak sedikit. apalagi selama ini aku dapat uang dari bikin cover juga nggak seberapa. nggak sebanding sama denda itu maksudnya hehe.

akhirnya aku bilang kalau malam itu juga aku bakal bayar dendanya tapi setengah dulu, karena jujur tabunganku kurang kalo bayar semua.

tapi beruntungnya, karena itu aku diberi keringanan untuk bayar setengah dari jumlah denda awal tadi setelah sempet ditanya ini itu. iya, pembuat fontnya baik banget, memaklumi aku yang masih pelajar, enggak paham sama urusan hak cipta semacam itu sebelumnya. aku bersyukur banget :')

trus, besoknya baru bisa aku bayar karena itu udah malem kan, aku nggak bisa keluar rumah untuk ke atm.

setelah bayar dendanya, aku dapat file font berlisensi. dengan itu, aku bebas pakai fontnya untuk keperluan komersial, tapi cuma terbatas untuk beberapa hal. aku lupa yang nggak boleh apa :'v

jadi setauku lisensi ada macem-macem. ada yang untuk cetak, youtube, atau full gitu dan harganya pun beda-beda. kurang paham juga sebenarnya, tapi setelah kejadian itu aku berusaha selalu teliti untuk cek hak cipta dari apa aja yang aku pakai di desain, kecuali apl ya. mon maap banget masi pake bajakan :') dd belum mampu langganan.

mungkin kalo kalian pernah baca berita di linetoday, instagram, atau twitter, ada berita yang desainer kena denda 12jt karena font. nah, karena berita itu juga aku jadi tergerak untuk share pengalaman pribadiku ini.

intinya, aku mau kasih pesan, terutama buat kalian yang sering jual cover, tolong perhatiin lisensi font yang kalian pakai. kalian disebut tidak melanggar hak cipta jika font yang kalian pakai itu 'commercial use' atau '100% free', selain dua itu kalian wajib beli fontnya untuk bisa digunakan secara komersial.

ya mungkin kalian sekarang ini masih ngerasa santai, "ah aku aman-aman aja tuh pake apa aja." hei, sebenarnya ini juga tergantung apakah covermu yang pakai font orang itu ketauan pembuatnya atau tidak. tapi, lebih baik menghindari masalah yang bisa jadi datang di kemudian hari kan, daripada nekat pakai font 'free for personal use' untuk kepentingan komersial.

yah, segitu aja aku ceritanya, deh. bab setelah ini aku masih bakal bahas mengenai font, yaitu tips memilih font yang boleh kalian bebas pakai, website penyedia font yang 100% free, dan cara membuat font sendiri. asik banget kan yg terakhir!

tunggu aja, ya.

kalau ada yang ingin ditanyakan silakan berkomentar.

semoga bermanfaat🌻

re, 30 Maret 2020

***

btw, free cover shopku udah buka loh, udah pada tau atau malah udah ikutan pesen?😂

Graphic Corner 2Where stories live. Discover now