Yang Sekarang tuh Belum Ada Apa-apanya

36 5 4
                                    

Bukannya mau nakut-nakutin, tapi tau gak, masalah yang sedang Kamu hadepin ini belum ada apa-apanya ... Masalah memang dateng gak diduga-duga setiap detiknya kita bisa aja dapet masalah, mau itu kecil ataupun besar, pasti sama-sama ngeselin.

Kalau saat ini Kamu sedang dalam situasi yang benar-benar kacau dan terasa lelah untuk menyelesaikan semuanya, cobalah Kamu maafkan diri Kamu sendiri dulu. Ketika kita mendapatkan sebuah masalah, sering banget kita berpikir bahwa semua masalah yang menimpa kita adalah karena kesalahan pada diri kita, mulai sekarang, cobalah untuk maafin diri Kamu sendiri, setiap orang pasti pernah salah kok, wajar jika Kamu merasa sangat bersalah. Kamu harus berani meyakinkan diri Kamu sendiri, bahwa kesalahan yang Kamu perbuat ini pasti ada pembenarannya, apa yang Kamu lakuin saat itu adalah yang terbaik menurutmu.

Kamu gak sepenuhnya salah, cuma orang-orang itu saja yang menyalahkanmu hingga membuat dirimu merasa bersalah, padahal yang Kamu lakuin ada benarnya kok, cuma bukan buat mereka aja. Kalau kamtu tidak sengaja jatuh dan orang-orang menertawakanmu maka jangan hiraukan mereka, kamu kan "tidak sengaja" biarkan saja mereka  menertawakanmu, biarkan mereka tertawa sampai nantinya Kamu yang mengatur tertawa mereka. Mulailah berani untuk memaafkan diri sendiri.

Setidaknya jika Kamu sudah bisa memaafkan diri Kamu sendiri, hal selanjutnya yang Kamu lakukan adalah, mencari semangat dalam diri Kamu, jangan langsung mencari jalan keluar masalah Kamu, carilah dulu kemauan diri Kamu untuk mencari jalan keluarnya ... Jika Kamu mencari jalan keluar dengan hati yang terpaksa dan masih diselimuti rasa bersalah maka Kamu sebenarnya cuma muter-muter di jalan itu doang, gak keluar dari masalah Kamu. Kumpulkan niat sebanyak-banyaknya cari hal-hal yang bisa menaikkan mood Kamu untuk berpikir dan bertindak. Mungkin dengan rileks, dengerin musik, berolahraga, yoga, berenang atau melakukan hal positif lainnya untuk menjernihkan pikiran dan menarik diri Kamu untuk bersikap dewasa dalam mengambil tindakan dan keputusan yang akan Kamu ambil nantinya.

Jalan keluar sebuah masalah adalah diri Kamu sendiri, hanya Kamu yang bisa memecahkan masalah itu. Berusahalah semampu Kamu ... Ketika sedang dalam situasi seperti ini, tidak ada pilihan lain selain menjadi lebih kuat.

Ketika Kamu sudah berhasil melakukan semua hal itu, maka dengan kata lain Kamu akan siap menerima masalah yang lebih besar lagi, bukan maksud mendoakan, tapi asal Kamu tau, akan ada masanya Kamu akan mendapatkan masalah yang kebih besar lagi, tanpa Kamu duga-duga dan tanpa Kamu kira-kira, kapan waktunya, entahlah. Satu-satunya cara agar masalah besar itu tidak terjadi adalah, Kamu yang harus berani mulai berubah dari sekarang. Mulailah menjadi orang yang lebih waspada dan berhati-hati dalam menentukan sesuatu.
Berhati-hatilah dan bersiaplah.

"Gak selamanya Kamu bakal berada di bawah, akan ada saatnya Kamu berada di bawah banget."

You've reached the end of published parts.

⏰ Last updated: Jun 05, 2020 ⏰

Add this story to your Library to get notified about new parts!

Untuk Kamu Yang Udah Capek Dengan Semua IniWhere stories live. Discover now