1. Kocokan

144 4 0
                                    


Hampir seluruh nama karakter ini minjem pakdhe sooman, Mnet, dan agensi masing-masing. Sifat dan sikap masing-masing karakter hanya imajinasi dan persepsi penulis sehingga akan mempermudah untuk membayangkannya sambil membaca (?), jangan diambil hati. Setting tempat, waktu, dan situasi rumah sakit dsb hanya ilustrasi, tidak berniat untuk menceritakan suatu instansi manapun.


Suatu pagi di parkiran salah Rumah Sakit Kota Malang tampak lebih penuh dari biasanya, padahal ini masih pukul 06.30. Terlihat banyak anak muda berpakaian formal lengkap dengan jas almamater salah satu kampus bergengsi di kota tersebut, semakin mendekati pukul 07.00, sebagian besar dari mereka mulai naik ke lantai 2 menuju ruang pertemuan.

Acara pagi itu tampaknya sedikit molor, belum ada tanda-tanda ketua prodi datang ke ruang pertemuan tersebut. Para mahasiswa sibuk mengobrol dan bergurau, suasana ruangan tersebut cukup ramai, maklum mereka baru saja libur cukup lama.

"Heee lama bangeet ga ketemu rek, kangeeen" ujar Bella sambil merangkul pundak kedua temannya, Sejeong dan Chaeyeon.

"Samaa heee. Tapi sumpah hari ini deg-deg an parah akuuu!" sahut Sejeong sambil menepuk-nepuk dada.

"Semoga kita barengan yaa sistuur, minimal 1 kelompok best-team laah walaupun gabisa bestie, tuakuut juga akuu." Chaeyeon juga ga kalah panik, dari tadi dia udah sibuk komat-kamit berdoa.

"Aamiin aamiin! Tapi kalopun ga bareng, jangan ilangan yo rek, takut ga sanggup aku ngadepin hidup perkoas-an." Jawab Bella sambil memegang tangan kedua teman baiknya.

Tak lama setelah itu, tampak mas-mas admin di meja ujung depan menginstruksikan seluruh mahasiswa untuk tenang dan kembali ke kursi masing-masing. Kemudian seorang laki-laki paruh baya berwajah ramah, lengkap dengan jas putihnya, memasuki ruangan dan menempati meja depan yang telah disiapkan admin.

"Assalamualaikum, om swasiastu, selamat pagi anak-anakku sekalian. Saya dokter Lee Soo Man, disini sebagai ketua prodi profesi dokter. Sebelum saya mulai acara hari ini, saya ucapkan selamat untuk kalian semua anak-anakku yang luar biasa, kalian sudah berhasil melewati masa preklinik dan akhirnya selangkah lagi lebih dekat dengan tujuan kalian, yaitu menjadi seorang dokter. Tepuk tangan untuk kalian semuanya." Sambil tersenyum hangat, dr. Lee Soo Man bertepuk tangan dan serempak seluruh mahasiswa mengikutinya.

"Hari ini tentunya seperti yang sudah kalian tahu, akan ada beberapa briefing terkait pelaksanaan pembelajaran klinik di rumah sakit ini dan rumah sakit jejaring yang perlu kalian pahami dengan baik sebelum nantinya menjalani masa klinik atau koas disini. Selain itu, nanti juga akan diadakan kocokan untuk menentukan kelompok yang akan berlaku selama kalian koas disini dan juga lab pertama kalian, untuk jadwal lab lengkap mungkin nanti akan menyusul diumumkan oleh mas Suryo, admin prodi. Tetap semangat buat kalian semua anak-anakku, sekarang lah saatnya kalian menerapkan seluruh pengetahuan kalian yang selama ini hanya sebatas hafalan, ke pasien secara langsung. Terakhir, sebelum saya alihkan ke admin untuk acara selanjutnya, saya berpesan kepada kalian anak-anakku, untuk jangan pernah menyerah seberat apapun itu, hayati dan nikmati segala momennya, karena masa-masa koas ini yang nantinya akan menjadi kenangan spesial tersendiri untuk kalian. Akhir kata, Wassalamualaikum, om swasiastu, selamat pagi semuanya." Dokter senior itu tersenyum dan melambaikan tangannya sambil berjalan keluar meninggalkan ruangan diiringi tepuk tangan dan ucapan terimakasih dari para mahasiswa.

Setelah itu acara dilanjutkan dengan briefing mengenai beberapa hal dasar bagi para calon koas, seperti orientasi ruangan-ruangan di RS, cara menggunakan alat-alat laboratorium sederhana, lab-lab yang harus dilewati, sistem penilaian, dan sebagainya. Akhirnya setelah 3 jam acara berlangsung, sampailah pada puncak acara, yaitu kocokan kelompok, atau istilahnya "bestie".

KoasLyfeTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang