Left Unsaid

12.3K 1.9K 378
                                    

Major! Jacob













-------------------------------------

Selama Jacob ada di Jogja buat ngerantau dan kuliah di kampus negeri ternama, dia jadi belajar banyak tentang orang-orang.

Belajar jadi makin dewasa dan lebih menerima macem-macem kelakuan orang.

Dia tipikal orang yang selalu nyari sisi positif dari apapun. Jadi sebisa mungkin Jacob  berusaha untuk ga nge-judge orang yang jalan pikir dan jalan hidupnya beda sama dia.

Pas dia masuk FIB, orang-orang selalu bilang kalo dia religius. Jacob sendiri masih bingung soal itu.

Apa semua orang yang ke gereja setiap minggu tanpa absen otomatis bisa disebut religius?

Bukannya banyak orang-orang ke gereja bukan untuk cari Tuhan tapi cuma rutinitas belaka? Apa itu bisa disebut religius?

Kalo itu maksudnya, Jacob mending ga usah disebut religius sekalian.

Semua makin bikin bingung pas Ong nunjuk dia jadi ketua PMK selanjutnya. Beban tanggung jawab yang dilimpahkan ke dia lumayan gede.

Apa dia bisa jadi ketua yang baik?

Abis dipilih jadi ketua PMK selanjutnya, dia banyak ngobrol sama anak-anak PMK angkatan sebelumnya, nyari apa aja yang masih kurang dan bisa diperbaiki

Pas dia pindah kos. Ada dua anak lain di kosnya yang juga kristen. Hyunjae sama Hwall. Hyunjae bukan orang yang susah dideketin.

Dia kayak anak kecil. Berisik, banyak omong, suaranya keras dan lebih terbuka. Beda sama Hwall yang agak canggung dan lebih distant ke dia pas awal ketemu.

Jadi, Jacob ngobrol sama Hyunjae dulu soal PMK dan apa aja keluh kesahnya selama jadi anak PMK dan ikutan acara-acara keagamaan di kampus.

Hyunjae banyak ngasih kritik pedes soal PMK, tapi dia juga ngajuin solusi buat memperbaiki semua yang dirasa masih kurang. Jacob bersyukur ada orang kayak Hyunjae yang bisa ngasih solusi juga..

Biarpun awalnya Hyunjae rada takut ngomongin kritiknya, karena ga mau Jacob ngerasa sakit hati sama omongannya.

Beberapa hari abis ngobrol sama Hyunjae, Hwall udah mulai warm up ke dia. Entah kenapa, Jacob juga ga tau, tapi bersyukur aja anak itu udah mau ngobrol banyak dan dia juga nanya-nanya hal yang sama ke Hwall.

Dari sana, Jacob tau kenapa Hwall ngehindarin dia dulu. Dia takut pandangan Jacob ke dia jadi jelek, karena Jacob lebih religius dari dia.

Kata kata itu muncul lagi :)

Abis itu, Jacob ngobrol sama Kevin. Dia jarang banget liat Kevin ikut acara-acara PMK. Jadi dia pikir, dia orang yang tepat buat dimintain kritik dan saran :D

Kevin akhirnya ngajak Jacob ke kontrakannya buat ngomongin masalah ini. Mereka berdua ngobrol serius di ruang makan.

Kevin ngomong banyak hal. Apa aja yang ngebuat dia mulai ngejauhin hal-hal keagamaan. Dia nyeritain juga gimana dia sampe ga mau ke gereja saking ngerasa jenuh sama semua ini.

Pas Kevin udah berpikir kalo Jacob bakal ngomong "tapi kan ke gereja itu harus" ke dia, Jacob malah ngangguk doang dan malah bilang "Kamu selama ini hidup dalam iman kepercayaan orang tuamu. Wajar kamu jenuh"

Balesan itu yang ngebuat Kevin memutuskan buat ikut jadi pengurus, bantu Jacob. Dia bisa liat gimana tulusnya Jacob ngerespon semua keluh-kesah anak-anak PMK dan ga maksa atau nuntut dia ini itu.

Kevin ngomongin juga gimana pandangan dia terhadap seni, dan gimana seni selalu dipandang seksual terus jadi sering bertentangan dengan agama.

Kevin juga ngomong soal stressnya dia karena keluarga besarnya yang punya beda-beda kepercayaan jadi pemikirannya lebih liberal dan sering dianggap ga 'religius' sama orang-orang lain.

FIB - Fakultas Isinya Bacot (The Boyz)Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang