Kabar Kelanjutan

12.2K 1.8K 336
                                    

Besok paginya, anak-anak yang ikut retreat udah ngumpul di ruang tengah penginapan. Mereka bakal ngumpul bentar untuk doa pagi, sebelom siap-siap buat balik. Sebelom doa pagi, mereka buat lingkaran, dan ngomongin apa aja yang mereka suka dan engga selama retreat kali ini.

Kevin udah bilang dia bakal ngomong paling akhir. Jadi Jacob memutuskan untuk mulai dari kakak kakak tingkat dulu.

Ong, Sihyun sama Jihoon ngomongin gimana kegiatan retreat yang ini jauh lebih baik. Mereka suka gimana Jacob dan pengurus lain ngebawa organisasi ini jadi lebih terbuka.

Pas Daehwi angkat bicara, Sangyeon bener-bener merhatiin omongan kakak tingkatnya itu. "Selama aku disini, yang paling berkesan bagiku selain games dan api unggun, ya pas ngobrol berdua berdua itu"

Sangyeon inget banget Daehwi ngobrol sama New. Makanya dia bener-bener merhatiin semua kata-kata yang keluar dari mulut Daehwi.

"Kebetulan kemarin pas ngobrol berdua, aku bareng sama New. Kita bonding lumayan cepet disana. Aku bener-bener suka bagian itu. Kadang ada hal-hal yang ga bisa diceritakan ke orang yang ga pernah ngalamin hal yang sama." Daehwi ngomong

Sangyeon berusaha santai. Dia udah bisa nebak New cerita apa aja. Perlakuan dia selama ini ke New juga pasti diceritain ke Daehwi.

Entah Daehwi bakal ngeliat dia gimana abis ini. Pasti pandangan kakak tingkatnya ke dia berubah abis tau semuanya. Tapi emang pantes kan?

Emang balesannya gitu. Dia ga punya tempat buat kesel soal itu :)

Pas giliran Sangyeon ngomong, dia cuma ngomong singkat dan secara umum doang. Ga banyak detil detil berkesan yang dia omongin. Selesai gilirannya, dia sibuk lagi sama pikirannya.

Abis semua anak-anak PMK ngomongin soal kesan kesannya selama 3 hari 2 malem ini, Kevin akhirnya ngeluarin semua yang dia tahan-tahan.

"Aku bakal mulai dari kritik dulu." Dia ngomong serius, "Dari awal aku ngobrol sebelum memuuskan buat bantu Jacob jadi pengurus PMK, aku udah bilang sama dia kalo aku ga suka pembicara yang bisa 'nerawang' kita orangnya kayak gimana."

Kevin ga pernah marah. Ga ada yang pernah liat dia marah. Biasanya kalo dia badmood dia pasti ngejauh dari yang lain terus nyendiri, jadi ngeliat cowok Bekasi ini keliatan kesel, ngebuat yang lain jadi agak ciut?

Kevin ngeliatin Jacob, "..Tapi pembicara yang diundang kemarin, bisa 'nerawang' orang kan?" Jacob nunduk, di satu sisi dia ngerasa bersalah ngundang orang yang bikin Kevin jadi ga nyaman

"Aku tau, Jacob udah nyoba ngomong sama dia untuk tidak melakukan itu. Ga semua orang suka diingatkan akan kekurangannya kan? Ada orang yang diam-diam pengen memperbaiki dirinya, dan ga mau di-expose ke orang banyak" Kevin ngomong

"Kayak gimana dia ngeliat Sangyeon dan bilang ke yang lain kalo 'dia nyakitin orang lain'. Ato ngomong ke Jacob kalo 'keluarganya perlu diselamatkan dari dosa'." Yang lain kagum pas Kevin nginget detil-detil sekecil itu

"Like, c'mon.. We all do wrong things. We are humans, yang ngebedain kita ya cuma cara kita berdosa aja." Kevin ngelanjutin, "Dia itu pembicara, bukan hakim. He can't judge us just because he has the ability"

"Aku ga nyalahin siapa-siapa di sini. Aku juga sadar ini acara keagamaan, tapi ayo berpikir lebih jauh dan lebih terbuka, teman-teman yang dikasihi dalam Tuhan" Kevin senyum tipis

--^^--

Cklek!

"Kutuuu~ Ojaaaa~ Younghooon~" Jungwoo langsung manggilin tiga nama itu pas masuk ke kontrakan

"Younghoon belom bangun" Kyu ngejawab panggilannya Jungwoo dari ruang tengah. Dia lagi duduk di lantai ngeliatin peliharaan kontrakan lagi makan

"Untung Kyu disuruh nginep, kalo engga, udah kelaperan kali si Oja sama Kutu" Juyeon geleng-geleng kepala doang abis ngelepas sepatunya

FIB - Fakultas Isinya Bacot (The Boyz)Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang