11-20

1.1K 65 0
                                    

11
“Terima kasih, gadis.” Guru perempuan itu dengan senang hati memberi Zhou Yan uang yang telah dia persiapkan sebelumnya, dan dia mengambil ikan kecil dan memasukkannya ke dalam tas kain yang dia bawa. Kemudian berpaling ke guru paruh baya yang berusia lima puluhan yang berkacamata dan dihentikan oleh Zhou Yan dan berkata, "Profesor Gao, saya akan mengirim ikan pulang dulu. Jika terlambat, tolong bantu saya menyebutkan nama siswa."

    Kebanyakan guru yang datang ke sini untuk membeli ikan memiliki rumah sendiri, walaupun terdapat akomodasi guru gratis di universitas, namun tidak senyaman tinggal di rumah sendiri. Apa yang harus dilakukan jika Anda memasak sesuatu untuk dimakan, jika seseorang menciumnya, Anda hanya bisa memakannya secara diam-diam.

    "Pergi, kembalilah lebih awal. Aku tidak ada kelas pagi ini, jadi aku bisa membantumu sebentar." Profesor Gao tahu bahwa rumah guru perempuan itu jauh dari universitas. Butuh setidaknya satu jam untuk bolak-balik, sementara rumahnya di pinggiran kota. Ketika saya masih muda, saya tidak bisa kembali untuk sementara waktu, jadi saya langsung menerimanya.

    Guru perempuan berterima kasih pada ikan itu dan pergi dengan senang hati.

    Profesor Gao menoleh dan melihat bahwa guru muda berusia awal tiga puluhan masih melakukan tawar-menawar dengan Zhou Yan, dan dia menghela napas. Xiao Wu ini memiliki latar belakang keluarga yang baik dan kepribadian yang sangat baik. Namun, ia memiliki menantu yang hilang yang menyukai keluarga kelahirannya. Hal baik apa pun akan mensubsidi saudara-saudaranya dan orang tuanya yang malas di rumah menunggu untuk makan dan minum. Hidup tidak terlalu ketat. , Uang dan makanan ekstra tidak bisa dikeluarkan.

    Awalnya, Profesor Gao memanggil orang untuk membeli ikan, tetapi dia memilih seorang guru yang dekat dengannya pada hari kerja, dan memiliki latar belakang keluarga yang baik, guru yang dapat diandalkan, tetapi dia tidak ingin memanggil ini Xiao Wu.

    Tetapi ketika dia berpikir bahwa Zhou Yan berjanji untuk memberinya ikan tambahan, itu baru pada awal Agustus, ketika panas, kedua ikan itu akan membusuk jika tidak bisa dimakan, jadi dia dipanggil.

    Namun, Xiao Wu ini sedikit sombong, dan dia jelas memberikannya kepadanya, dia pasti tidak akan menginginkannya, dan hanya bisa memberikannya kepadanya dengan cara lain.

    Dia mengeluarkan empat yuan dari tas dan memberi Zhou Yan tiket makan untuk enam-dua. Profesor Gao mendorong kacamatanya, menunjuk ke Guru Wu dan berkata, "Nak, kamu berjanji padaku untuk membantumu menemukan pembeli, dan kamu akan memberiku ikan tambahan. Memberi Anda tambahan yuan dan dua tiket makan. Bisakah Anda memilih yang lebih besar untuk saya? "

    " Tidak masalah, ajari Anda untuk memilih sendiri. "Itu adalah hal yang paling mendasar untuk berjanji pada orang lain. Integritas. Zhou Yan dengan sigap meletakkan karung itu di depan Profesor Gao dan membiarkannya memilih sendiri.

    Profesor Gao melihatnya dengan sok, dan memberi isyarat kepada Xiao Wu untuk datang: "Saya pikir keduanya besar, dan saya mengambil terlalu banyak tujuan sendirian. Anda membantu saya berpura-pura berada di asrama Anda, dan saya akan mendapatkannya dari Anda nanti. “

    Xiao Wu dan Profesor Gao sudah saling kenal selama lebih dari 20 tahun. Mereka adalah tetangga dan murid ketika mereka masih muda. Bagaimana mungkin mereka tidak mengerti apa yang dimaksud Profesor Gao. Matanya langsung merah, memegang ikan di pelukannya, menatapnya bingung dan berkata: "Profesor, Anda tidak harus seperti ini, keluarga saya biasanya berutang terlalu banyak kepada Anda ..."

    "Anda sopan dengan saya, dalam beberapa tahun itu Bukan di rumah, bibimu dan adikmu, tapi orang tuamu yang merawat mereka. "Berbicara tentang masa lalu, Profesor Gao sangat bersyukur, meskipun orang tua Xiao Wu lambat laun menjadi malas dan kejam serta sulit diajak bergaul, tetapi pada awalnya Jika bukan karena mereka, istri dan putrinya mungkin sudah pergi.

Kembali ke akhir tahun 1950-an EndWhere stories live. Discover now