2.

2.7K 371 76
                                    

Hana menghela napas lega. Setelah memakai google maps dan aplikasi lainnya yang mendukung agar tak tersesat, Hana sampai di kediaman Tante Yuni.

Sebenarnya, Hana udah pernah ke sini sama Bara abangnya karena Tante Yuni ini termasuk besties-nya si Mama. Cuma ya gitu, biasanya Hana tidur di mobil atau gangguin Bara yang lagi nyetir. Sesuatu hal yang tak disukainya adalah menghapal jalan, dan sampe sekarang masih seperti itu.

Hana masuk ke gerbang utama rumah Tante Yuni yang sedikit terbuka. Sempat mastiin ke Pak Satpam yang asik dangdutan kalau ini bener kediaman Tante Yuni. Dengan sumringah, Pak Satpam nyuruh masuk dan nyuruh markirin mobil Hana di halaman depan.  Hana jalan agak jauh sampe teras depan. Gila, dari halaman depan ke teras aja Hana agak ngos-ngosan. Maklum aja, holang kaya. Rumahnya aja udah kayak istana, gede banget.

"Eeeh itu dia anak gue," suara itu bikin Hana spontan menoleh. Tatapan ibu-ibu langsung menghujam dia. Hana berasa ditelanjangi saat itu. Hana nggak peduli, tapi masih sopan ngelempar senyum biar dikata mantu idaman.  Gini-gini kan mau juga dibilang cantik sama tante-tante sosialita.

"Ih Jeng, cantik banget anaknya ya sekarang," Tante Yuni menghampiri sambil cipika-cipiki sama Hana. Berasanya udah lama banget gak ketemu. Padahal sih, seminggu yang lalu juga baru ketemu, Hana nganterin oleh-oleh dari Lombok gitu ke Tante Yuni

"Ya gitu Jeng, tapi belom ada pacarnya nih. Ada rekomen gak?"

Aduh si Mama, rekomen? Yakali deh ah! batin Hana gemes.

"Duh Jeng, banyak banget sebenernya. Ponakan-ponakan eyke juga pada belom kewong. Nanti sounding dulu deh, ada ciwi cantik gini. Oh iya, sekalian selfie dulu yuk!"

Hana yang langsung dipepet abis sama Mama dan Tante Yuni hanya bisa nyengir maksa. Ya gimana enggak, kalo dia cemberut malah nggak sopan dan tentunya dapet empos dari Mamanya. Tau empos kan? Ituloh dicubit kecil gitu dan rasanya pedes bikin kesel.

Setelah satu jam di sana, Hana akhirnya pulang. Niatnya untuk nyalon dan ke toko buku gagal, karena dia ngantuk dan keburu bete kelamaan nunggu Mamanya.

"Sayangnya Mama, kok diem aja sih?" Mama membuka pembicaraan.

Hana manyun manja. "Mama, aku gak suka deh mama nanya-nanyain cowok ke Tante Yuni. Kan berasanya kayak aku gak laku banget. Malu tau, Ma."

Mamanya malah ketawa, bikin Hana gondok banget. "Ya kan bagus dong dipermudah aksesnya. Gak usah malu, lagian kamu kan gak dandan kayak badut atau keganjenan di depan laki-laki."

"Tapi tetep aja ma, percuma. Aku kan belom mau nikah."

Tampang mama Hana seketika berubah. Ibarat masak air, tadinya tenang, sekarang mulai gelembung-gelembung akibat reaksi panas. Ya gimana enggak pusing, anak gadisnya belum mau nikah katanya. Padahal umur udah 25 tahun, cantik, dan udah kerja juga.

Aduh, apa lagi sih yang ditunggu anak ini? Batin mamanya gemes.

"Nggak bisa! Kamu harus menikah tahun ini. Mama mau punya mantu!"

Hana menggantungkan bahunya lemas. Ini topik pembicaraan yang paling nggak enak sepanjang masa. Hana bukannya nggak mau cari pacar, tapi emang belom nemu aja yang pas sama kriteria dia. Biarin aja dibilang sok jual mahal atau gimana.Yang penting gue bukan tipe cewek yang seenaknya aja bisa dimiliki oleh orang lain, gitu kira-kira pemikiran Hana.

"Santai aja sih, Ma. Bang Bara aja yang udah kepala tiga belom nikah. Yah jangankan nikah deh, punya pacar aja belom."

"Kalau cowok beda urusan, Han. Pokoknya Mama gak mau denger penolakan dari kamu. Urusan jodoh, tenang aja. Temen mama banyak, nggak usah khawatir nggak dapet jodoh."

"Ma tapi kan –"

Mama Hana langsung dengerin musik yang kebetulan adalah lagu favoritnya. Dikencengin volumenya lalu si Mama nyanyi-nyanyi dengan suara fals yang bikin Hana menghela napas. Kalau udah begini, Hana cuma bisa diam dan ngebatin dalem hati.

Yaelahhhh, nikah sama siapa gue?

~

TBC

MAMA MINTA MANTUTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang