#4 IQ tidak menentukan kesuksesan, jurusan tidak menentukan kesuksesan

589 28 4
                                    

Dalam bukunya Outliers, Malcolm Gladwell bilang kalau tingginya IQ seseorang tidak mempengaruhi tingkat kesuksesannya. Ia berkesimpulan bahwa yang paling penting dimiliki oleh seorang untuk meraih kesuksesannya adalah kecerdasan praktis. Kecerdasan ini mencakup pengetahuan terhadap apa yang harus dikatakan pada orang tertentu, mengetahui kapan mengatakannya, dan bagaimana mengatakannya untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Hal ini berkolerasi dengan pilihan jurusan yang dipilih seseorang.

Banyak banget artikel yang beredar dengan judul-judul menggiurkan seperti "7 Jurusan Terfavorit dengan Penghasilan Tertinggi", "10 Jurusan yang Bikin Kamu Cepat Kaya", disamping itu ada jugaartikel berbau kontradiktif seperti "5 Jurusan yang Jarang Diminati".

Dear, kalau baca apapun, dapat info apapun plis jangan langsung percaya ya, coba liat dari sudut pandang yang berbeda, dari berbagai sumber. Begitu juga saat kalian baca tulisanku, coba baca sumber-sumber lain, supaya pemikiran kalian semakin kaya dan beragam.

Balik lagi ke artikel-artikel tadi, judul-judul ini menciptakan mindset tersendiri di masyarakat. Berkat adanya artikel-artikel itu, kalian pasti berpikiran kalau mau sukses berpenghasilan banyak ya masuklah ke jurusan tekhnik, atau kedokteran, atau akuntansi, jurursan-jurusan dengan peminat terbanyak. Sementara, apa kabar jurusan-jurusan semacam desain, sastra, atau sains (jurusan gue:) hehe

Aku mau bilang sesuatu sama kalian, "Sukses kalian bukan tergantung pada jurusan apa yang kalian ambil, tapi apakah jurusan itu tepat buat kalian atau enggak".

Fakta-faktanya akan kujelaskan perlahan intinya kalian bisa sukses apapun jurusan kalian karena karir kalian tidak selalu sejalur dengan jurusan yang kalian ambil.

Jangan menggantungkan kesuksesan dari jurusan apa yang akan atau sedang kalian ambil ya:) Banyak jalan menuju Roma chuy !

________________________________________________________________________________

Makasih banyak kamu-kamu yang udah baca:)

Vote plus comment yaa:)


TAKUT SALAH JURUSANWhere stories live. Discover now